Hasil Survey Terupdate: Banyak Masyarakat Tertarik Pakai Paylater

Selasa, 01 November 2022 10:49 Penulis: Wuri Anggarini
Hasil Survey Terupdate: Banyak Masyarakat Tertarik Pakai Paylater
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Buat yang sering berbelanja, pasti sudah nggak asing lagi dong dengan metode pembayaran paylater. Biarpun masih banyak yang belum pernah menggunakan, tapi metode belanja ini jadi salah satu yang populer dan terus disebarluaskan di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengaku masih ragu jika menggunakan layanan yang satu ini. Namun, di sisi lain ternyata ada sekitar 71% masyarakat yang menyebutkan kalau mereka akan memakai paylater di masa depan.

Fakta ini terungkap lewat hasil survey terupdate yang dilakukan Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) pada Juni 2022 yang berjudul Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia 2022. Analisisnya diolah dengan data dari survey online yang sudah dilakukan pada Maret 2022 dengan total 2.033 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam hasil survey tersebut, sebanyak 71% responden yang belum menggunakan paylater berencana menggunakan metode pembayaran tersebut. Detailnya sendiri adalah 33% responden akan menggunakan paylater tapi belum tahu kapan. Ada juga sebanyak 22% responden yang akan menggunakan paylater jika ada kebutuhan mendesak dan 16% responden akan menggunakan paylater dalam waktu dekat.

Di Indonesia sendiri kini sudah ada berbagai penyedia layanan yang mengenalkan paylater dengan berbagai penawaran menarik. Misalnya saja proses pendaftaran dan verifikasi yang mudah hingga beragam promo dan cashback. Proses pembayaran dan pelunasannya juga gampang.

Penggunaan paylater juga diprediksi akan terus berkembang dengan berbagai kemudahan dan keuntungan tersebut. Apalagi sekarang beberapa layanan paylater juga sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti SPayLater, DANA PayLater, Indodana PayLater, dan Atome PayLater.

Penyedia layanan itu juga sudah memiliki proses pendaftaran dan verifikasi yang cepat. Misalnya, berikut cara menggunakan paylater yang ada di aplikasi e-commerce Shopee, yakni SPayLater.

1. Buka aplikasi Shopee.

2. Pada Halaman Utama, klik icon SPayLater.

3. Pilih Gunakan Sekarang.

4. Klik Aktifkan Sekarang.

5. Pilih metode aktivasi, baik itu melalui WhatsApp ataupun cara lainnya.

6. Masukkan kode OTP. Jangan berikan kode OTP ini kepada siapa pun.

7. Mulai proses aktivasi dengan upload KTP, mengisi informasi tambahan, dan verifikasi identitas. Pastikan informasi yang kamu masukkan sudah sesuai.

8. Setelah itu, SPayLater kamu sudah aktif dengan limit pinjaman tertentu.

9. Kini, kamu sudah bisa mulai menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran di Shopee.

10. Untuk menggunakan metode pembayaran SPayLater, pilih produk yang ingin kamu beli. Kemudian, klik Beli Sekarang.

11. Pada halaman Checkout, temukan bagian Metode Pembayaran. Lalu, pilih SPayLater.

12. Pilih tenor pembayaran SPayLater, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Klik Bayar Sekarang.

13. Masukkan PIN ShopeePay-mu untuk melanjutkan pembayaran.

14.Jika pembayaran sudah berhasil, artinya pesanan akan diproses. Pesanan akan ditambahkan ke tagihan SPayLater setelah kamu mengonfirmasi Pesanan Diterima. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.

Jika memutuskan menggunakan layanan ini, pastikan pilih paylater yang aman dan terpercaya. Jangan lupa untuk selalu membayarnya sebelum jatuh tempo biar nggak kena denda ya!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI