Hebat! Nenek Berusia 81 Tahun Berhasil Bikin Aplikasi iPhone

Agista Rully | Jum'at, 11 Agustus 2017 15:18
Hebat! Nenek Berusia 81 Tahun Berhasil Bikin Aplikasi iPhone
Newseed

Kapanlagi.com - Secara ilmiah, kemampuan belajar manusia akan semakin menurun di usia lanjut. Sebab semakin tua, efek kerusakan akan terakumulasi lebih banyak, reaksi menurun, dan kemampuan daya ingat pun berkurang. Meski demikian para orang tua punya kemampuan belajar yang istimewa yakni dengan memahami.

Untuk membuktikan bahwa usia bukanlah halangan untuk belajar, seorang warga Jepang bernama Masako Wakamiya membuat aplikasi iPhone. Padahal urusan pemrograman dan start up identik dengan para anak muda yang memiliki kecekatan dan daya ingat.

Nenek Masako yang berhasil membuat aplikasi hiburan di iPhone untuk para lansia  NewseedNenek Masako yang berhasil membuat aplikasi hiburan di iPhone untuk para lansia Newseed

"Kami mudah sekali kalah saat bermain game melawan anak muda. Karena kecepatan jari kami kalah dengan mereka," jelas Masako menjelaskan ide awalnya untuk membuat aplikasi di iPhone dilansir dari CNN.

"Aku ingin membuat aplikasi menyenangkan bagi para orang tua jadi mereka tertarik untuk menggunakan smartphone," lanjut wanita yang di masa muda jadi seorang Bankir ini.

Wakamiya mengakui bahwa dirinya baru belajar menggunakan komputer di usia 60 tahun. Itu pun terpaksa karena dia merasa kesulitan bersosialisasi atau memiliki teman baru di usia senja. Tapi justru di usia inilah dirinya puas karena bisa menggunakan komputer dengan belajar sendiri.

Hinadan, game berdasarkan festival Hanamatsuri yang dibuat oleh nenek Masako  CNNHinadan, game berdasarkan festival Hanamatsuri yang dibuat oleh nenek Masako CNN

Wakamiya membuat aplikasi Hinadan, game khusus iOS yang dibuat berdasarkan perayaan Jepang Hinamatsuri. Game ini diperuntukkan bagi lansia untuk menyusun dan mengurutkan boneka seperti yang biasa dilakukan di rumah pada festival yang jatuh di bulan Maret tersebut.

Selain menjadi hiburan bagi para lansia, game ini juga bisa dimainkan anak muda untuk melestarikan budaya Jepang lho KLovers. Keren banget kan Nenek Wakamiya ini ;)

(cnn/agt)




LATEST UPDATE




REKOMENDASI