Advertorial

Highlight IDEAFEST 2024 'i': Lebih dari 30ribu Pengunjung Jadi Enabler Kreativitas Anak Bangsa dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Indonesia

Penulis: Wuri Anggarini

Diperbarui: Diterbitkan:

Highlight IDEAFEST 2024 'i': Lebih dari 30ribu Pengunjung Jadi Enabler Kreativitas Anak Bangsa dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Indonesia (c) Instagram/ideafestid

Kapanlagi.com - Sederet event yang hadir untuk mendorong industri kreatif Indonesia memang sudah mulai sering bermunculan. Tapi kalau flashback ke belakang, IdeaFest jadi salah satu yang konsisten sebagai pendorong utama akselerasi industri kreatif selama 13 tahun terakhir ini. Dengan positioning sebagai platform inklusif dan transformatif, IdeaFest terus menjadi enabler bagi industri dan para pelaku kreatif untuk berdiskusi, mengembangkan ide, sekaligus melakukan kolaborasi.

Nah, tahun ini gebrakan pun ditunjukkan dengan kehadiran IdeaFest yang mengusung tema 'i'. Simpel, tapi penuh makna di baliknya. Huruf 'i' mencerminkan kalau setiap individu memiliki ide, inovasi, integritas, dan inspirasi. Nggak hanya itu, tapi juga menjadi penggerak pertumbuhan dan pemahaman kolektif.

Tahun ini, IdeaFest 2024 udah sukses digelar selama 3 hari, tepatnya mulai 27-29 September 2024 lalu. Event ini menampilkan lebih dari 160 sesi yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Dengan kehadiran lebih dari 500 pembicara nasional dan internasional, sekitar 67% pembicara adalah nama-nama baru dan pertama kali bergabung dalam IdeaFest buat memberikan insight yang fresh.

Survey British Council: IdeaFest Jadi bagian Kultural Masyarakat

(c) Instagram/ideafestid

Mengutip sebuah survey dari British Council tentang event di Indonesia, IdeaFest jadi salah satu dari 31,03% festival di tanah air yang udah hadir lebih dari 10 tahun dan jadi bagian kultural dalam masyarakat. Selama kurun waktu 1 dekade ini, IdeaFest menjelma sebagai katalisator yang konsisten hadir menjadi festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia.

Programnya sendiri terkurasi matang oleh Braintrust IdeaFest. Nggak heran kalau festival ini jadi wadah bagi para pelaku kreatif dalam menampilkan karya terbaik mereka sekaligus menginspirasi lahirnya ide segar yang mendobrak batasan kreativitas. Lewat berbagai programnya, IdeaFest aktif memberikan kontribusi dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif yang dinamis.

Kontribusi dalam Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

(c) IdeaFest 2024

Ben Soebiakto, Co-Chair IdeaFest 2024 menyampaikan, “Festival di Indonesia memainkan peran penting dalam menumbuhkan ekonomi kreatif yang beragam dan inklusif. Melihat peluang tersebut, IdeaFest ingin turut mendukung pengembangan kreativitas generasi muda, membangkitkan potensi para pelaku dan ekonomi kreatif. Ke depan, potensi ini masih dapat terus ditingkatkan melalui kolaborasi yang lebih erat antara pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat, sehingga ekonomi kreatif Indonesia dapat terus berinovasi, berdaya saing, dan berkontribusi lebih besar lagi bagi kesejahteraan bangsa.”

Dari data Kemenparekraf, tercatat realisasi nilai tambah ekonomi kreatif di tahun 2023 mengalami pertumbuhan sebesar Rp 1.414,77 Triliun atau setara 7,25% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 1.280,42 Triliun. Tentu saja pencapaian ini juga dipengaruhi dengan menguatnya produk perekonomian Indonesia yang disebabkan adanya stabilitas daya beli masyarakat terhadap produk subsektor fashion, art, culinary, game, film, music, video, animation, literature, technology dan masih banyak lagi. Hal ini juga yang selalu jadi bahan diskusi IdeaFest.

Dengan adanya berbagai inovasi dan kreativitas yang ada, subsektor ini dapat menyerap tenaga kerja besar, menciptakan peluang usaha baru dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Nazira C. Noer, CEO & Co-Founder of POPLICIST Publicist dan GM Jr Marketing Business Development ASRI Group sekaligus Braintrust IdeaFest 2024 mengungkapkan bahwa “Sebagai braintrust, kami sangat memperhatikan kurasi konten yang akan dibawakan sehingga dapat menciptakan hingga 160 sesi khususnya di bidang perfilman. Melalui tema 'i' banyak sekali hal yang bisa didefinisikan, seperti inovasi, imaginasi, ide sampai diri kita sendiri. Platform IdeaFest menjadi sangat penting untuk memberikan suatu kebaruan dalam industri kreatif dan hadir sebagai solusi kreatif.”

Deretan Program Menarik IdeaFest 2024

(c) IdeaFest 2024

Nggak kalah dari yang telah berlangsung sebelumnya, tahun ini IdeaFest 2024 juga menghadirkan berbagai program menarik seperti IdeaTalks, IdeaFest X, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, Creative Market & Food Market oleh Semasa, hingga IP & Content Expo.

Khusus dalam Creative & Food Market, IdeaFest menggandeng Semasa untuk menggelar bazar dengan lebih dari 225+ brand yang terdiri dari berbagai produk, mulai dari art, aksesori, fashion, kecantikan dan parfum, rumah & gaya hidup serta makanan dan minuman.

Yang nggak kalah menarik jelas deretan pembicara inspiratif yang dihadirkan oleh IdeaFest 2024. Mereka adalah para sosok yang sukses membangun jaringan global dengan tujuan memperkaya wawasan peserta, menginspirasi inovasi, dan mendorong pertumbuhan industri kreatif Indonesia di kancah internasional. Lewat berbagi pengetahuan dan pengalaman, para pembicara memfasilitasi kolaborasi lintas budaya dan membuka peluang baru bagi para pelaku industri kreatif.

(c) Instagram/ideafestid

“Pastinya kami sangat excited dengan kesempatan ini. IdeaFest merupakan platform penting untuk pengembangan bakat, memberikan kesempatan bagi para seniman dan pelaku kreatif untuk mengembangkan kemampuan mereka, menjangkau dan melibatkan audiens, serta melangkah ke tahap berikutnya dalam perjalanan industri kreatif dan karier mereka,” ujar Fellexandro Ruby, Creator & Host Thirty Days of Lunch sekaligus IdeaFest X Collaborator.

Nggak ketinggalan kejutan baru yang selalu dihadirkan oleh IdeaFest setiap tahunnya. Misalnya saja program kolaboratif IdeaFest X yang menghadirkan beragam kejutan menarik seperti workshop, live podcast, dan performance yang dikuratori secara khusus oleh Braintrust IdeaFest. Program ini tidak hanya memberikan pengalaman baru dan unik bagi setiap individu, tetapi juga menjadi wadah bagi mereka untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan mengasah keterampilan.

Selain itu, IdeaFest 2024 juga ikut berkolaborasi dengan Bank Saqu by PT Bank Jasa Jakarta sebagai Official Banking Partner dan Samsung Galaxy Tab S10 Series dan Samsung Z Flip6 serta Samsung Z Fold6 sebagai Official Tech Partner. IdeaFest juga melakukan kolaborasi dengan Pertamina dan Indofood melalui Indomie, Pop Mie, Indomilk, Chitato, dan Teh Celup Sosro sebagai Official Sponsor. Cek informasi selengkapnya tentang highlight keseluruhan acara IdeaFest 2024 dengan mengunjungi www.ideafest.id dan akun media sosial resmi @ideafestid.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending