Hindari 5 Kebiasaan Buruk ini, untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Minggu, 28 Juni 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
Hindari 5 Kebiasaan Buruk ini, untuk Jaga Kesehatan Ginjal
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ginjal merupakan organ penting selain jantung yang ada dalam tubuh manusia. Berbagai fungsi dilakukan organ ginjal, seperti menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air, mengatur sel darah merah, serta mengatur tekanan darah dan kadar garam. Ginjal sendiri terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang.

Mengingat pentingnya ginjal pada tubuh manusia, oleh sebabnya kalian juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga ginjal dengan baik. Namun, sebelum itu, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan dapat merusak fungsi ginjal itu sendiri. Apabila ginjal sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan muncul masalah kesehatan yang kronis seperti gagal ginjal.

Untuk menghindari masalah tersebut ada baiknya kalian mengetahui hal apa saja yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Sering Menahan Kencing

Apakah kalian salah satu orang yang mempunyai kebiasaan buruk menahan kencing? Jika kebiasaan buruk tersebut masih terus dilakukan, makan akan memiliki dampak yang serius pada kesehatan ginjal. Pada dasarnya, kebutuhan buang air kecil merupakan suatu hal yang alami.

Namun, apabila sering menahan kencing bisa berdampak pada infeksi saluran kemih yang berat. Hal tersebut juga berdampak pada kesehatan ginjal. Jika muncul keinginan untuk buang air kecil, itu berarti kantung kemih telah penuh. Apabila kalian tetap menahannya, maka dapat membuat tekanan pada ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

2. Kurang Minum Air Putih

Bagi sebagian orang, ada yang tidak menyukai atau kurang minum air putih. Padahal mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai sangat dibutuhkan bagi tubuh. Jika kebiasaan buruk kurang minum air putih masih sering dilakukan, maka berpeluang besar timbulnya masalah kesehatan pada ginjal. Perlu kalian ketahui, kurang minum air putih dapat membuat darah menjadi kental, oleh sebab itu mineral mudah mengendap di ginjal. Hal itulah yang kemudian dapat mengganggu fungsi ginjal.

Ada baiknya mulai sekarang membiasakan diri minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya, menyesuaikannya dengan aktivitas yang kalian jalani. Salah satu gejala yang bisa kalian tau jika tubuh kurang air minum yaitu dilihat dari warna urin. Jika urin kalian berwarna gelap, maka itu menunjukkan bahwa kalian kurang mengonsumsi air putih.

3. Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Kebiasaan makan makanan cepat saji seringkali ada pada mereka yang memiliki aktivitas super padat. Oleh sebabnya, mereka sering menerapkan pola hidup tidak sehat, lantaran mereka tidak memiliki pilihan lain. Meskipun makanan cepat memiliki rasa yang enak dan praktis, tapi tahukah kalian hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Sebagian besar makanan cepat saji tinggi akan kandungan natrium, yang tentunya buruk bagi jantung dan ginjal. Selain itu, makanan cepat saji tinggi akan lemak dan gula yang berdampak buruk ke ginjal orang yang memakannya. Oleh sebab itu, jika kalian masih peduli terhadap kesehatan ginjal, mulailah untuk menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji.

4. Begadang

Kebiasaan begadang atau susah tidur biasanya terjadi karena stres atau banyaknya suatu pekerjaan. Namun, tahukah kalian jika kurang tidur tidak saja menyebabkan mata ngantuk dan tubuh lemas, namun kurang tidur dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal. 

Seorang ahli menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 5 jam sehari semalam akan berisiko mengalami gagal ginjal sampai 65 persen. Padahal, umumnya lama tidur yang ideal seseorang semestinya selama 8 jam. Dengan demikian, mulailah untuk menjaga kesehatan ginjal dengan meninggalkan kebiasaan buruk begadang.

 

5. Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit Terlalu Sering

Beberapa obat memang dapat menghilangkan rasa sakit pada tubuh. Oleh sebabnya, cara inilah sering digunakan sebanyak orang untuk mengurangi rasa sakit yang di derita. Meskipun menghilangkan rasa sakit, namun, jika sering mengonsumsinya terlalu sering, maka akan menimbulkan efek negatif pada ginjal. Oleh sebab itu, jangan sering mengonsumsi obat pereda rasa sakit karena dapat berakibat fatal.

Itulah sederet kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Oleh sebabnya, hindari diri dari berbagai ancaman buruk terhadap kesehatan ginjal seperti anjuran diatas. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI