7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, Melindungi Ginjal - Pil KB alami

Minggu, 31 Mei 2020 18:22 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, Melindungi Ginjal - Pil KB alami
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Buah pepaya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalori, serat, protein, vitamin A, kalsium, magnesium, dan vitamin B1. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, tetapi biji yang ada di dalam buah pepaya pun juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat biji pepaya ini dapat memberikan kita kesehatan secara alami di dalam tubuh dengan mudah.

Biji pepaya memiliki ukuran yang kecil dan rasa sedikit pedas. Biji pepaya dapat dikonsumsi secara langsung, cara dikeringkan, atau dihaluskan. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat biji pepaya bagi kesehatan adalah tubuh.

1. Mendetoks Hati

Manfaat biji Pepaya yang pertama yaitu diketahui dapat melindungi hati dari kerusakan dan induksi kimiawi. Di dalam biji pepaya terdapat kandungan nutrisi vital yang dapat menyembuhkan sirosis atau kerusakan pada hati. Itulah mengapa biji pepaya dapat menjadi salah satu bahan untuk membersihkan hati di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya kalian dapat menghaluskan 5-6 biji pepaya, lalu campurkan pada makanan atau jus. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari, dalam kurun waktu 1 bulan agar hati kembali sehat.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah, dapat memberikan kesehatan pada saluran pencernaan. Biji pepaya mampu membunuh bakteri dan parasit berbahaya yang ada di saluran pencernaan. Biji pepaya mampu melancarkan buang air besar bagi kalian yang sering sembelit, melindungi dari radang usus, serta meredakan wasir.

Cara mengonsumsi biji pepaya yaitu, kalian dapat menjadikan biji pepaya sebagai minuman pengganti kopi. Cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan selama 2-3 hari, setelah kering tumbuk biji pepaya hingga halus. Setelah itu seduh bubuk biji pepaya seperti layaknya menyeduh kopi, tambahkan madu atau gula jika menginginkan rasa manis.

3. Anti Radang

Selain dapat menyehatkan saluran pencernaan, ternyata manfaat biji pepaya yang lainnya yaitu dapat menjadi anti radang. Mengandung papain dan chymopapan enzim yang mampu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan radang. Selain itu biji pepaya juga memiliki kandungan anti inflamasi yang membuat biji pepaya mampu meredakan radang sendi, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat biji pepaya bagi kesehatan, kalian dapat mengunyah langsung biji pepaya atau dapat ditumbuk halus. Kemudian beri tambahan madu untuk mengurangi rasa pedas dari biji pepaya. Selain itu kalian juga bisa menambahkan biji pepaya yang telah dihaluskan sebagai bumbu pelengkap masakan.

4. Melindungi Ginjal

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah melindungi ginjal. Biji pepaya dipercaya mampu melindungi ginjal dari gagal ginjal akibat racun. Biji pepaya dapat berperan layaknya parasetamol, yang dapat melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal kalian.

Kalian dapat membuat smoothies dengan mencampur biji pepaya dan beberapa buah-buahan sesuai selera. Selain itu kalian juga dapat menggunakan biji pepaya sebagai bahan pengganti lada hitam. Caranya yaitu, kalian cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan atau masukan ke dalam oven dan panggang selama 2-4 jam. Setelah dingin tumbuh biji hingga halus. Selesai, biji pepaya siap digunakan.

5. Menurunkan Darah Tinggi

Buah dan Biji Pepaya memiliki kandungan potasium yang mampu menurunkan tekanan darah. Satu buah pepaya beserta bijinya mengandung kurang lebih 16 persen kebutuhan tubuh akan potasium. Bahkan dibandingkan dengan buah melon dan tomat, buah pepaya mengandung potasium yang paling tinggi, yaitu 781mg per buahnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya, kalian bisa menambahkan buah pepaya dan bijinya ke dalam salad. Selain itu jika kalian pecinta steak, kalian bisa memanfaatkan biji pepaya yang telah di haluskan sebagai taburan di atas steak kalian.

6. Mencegah Kanker

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Penyakit berbahaya yang satu ini dapat kalian hindari dengan rajin mengonsumsi biji pepaya loh. Kandungan Flavonoid dalam biji pepaya dapat mencegah risiko tumbuhnya sel-sel kanker melalui mekanisme antioksidan dan anti radang.

Kandungan antioksidan dan nutrisi yang sangat banyak, membuat biji pepaya memiliki sifat anti kanker. Kalian bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau madu yang dicampurkan dengan biji pepaya yang sudah di haluskan. Minuman ini dapat diminum secara langsung atau direbus terlebih dahulu disesuaikan dengan selera masing-masing.

7. KB Alami

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan yang terakhir adalah, sebagai KB alami. Untuk menekan peningkatan penduduk di Negara kita, pemerintah mengeluarkan kebijakan 2 anak lebih baik dan menekankan para pasangan untuk melakukan KB. Namun sayangnya, efek samping dari pil KB kadang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang memiliki efek berjerawat, kulit menjadi hitam, dan berat badan yang naik secara drastis.

Oleh sebab itu memanfaatkan biji pepaya adalah solusi untuk kalian yang ingin KB secara alami dan aman. Biji buah pepaya mampu mengurangi jumlah sperma pada pria. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa ekstrak biji pepaya dapat menurunkan vitabilitas (usia hidup sperma) dan motilitas (gerak sperma) pada pria.

Itulah 7 manfaat biji pepaya bagi kesehatan yang dapat kalian pergunakan. Bahan alami akan lebih aman dan tak memberikan efek samping berlebihan bila dikonsumsi, tetapi untuk tetap dikonsumsi secara normal atau anjuran dari para dokter.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI