Hindari Asal-Asalan Pilih Produk Kecantikan, Sesuaikan dengan Kondisi dan Kebutuhan Kulit

Selasa, 05 Juli 2022 16:31 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Hindari Asal-Asalan Pilih Produk Kecantikan, Sesuaikan dengan Kondisi dan Kebutuhan Kulit
Hindari Asal-Asalan Pilih Produk Kecantikan © Shutterstock.com


Kapanlagi Plus - Beberapa waktu terakhir, banyak beauty influencer yang berhasil membuat netizen jadi semakin sadar akan kesehatan kulit. Tak heran jika produk kecantikan pun banyak diburu. Memiliki kulit sehat dan terawat merupakan impian semua orang.

Untuk itu, penting untuk mengetahui kondisi kulit dan kebutuhan kulit agar dapat memilih produk yang sesuai dan efektif. Pahami bahwa sebenarnya kondisi dan kebutuhan kulit dapat berubah sewaktu-waktu karena menyesuaikan beberapa faktor.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kulit yaitu internal seperti genetik dan penyakit, atau eksternal seperti perubahan cuaca dan keadaan udara. Sejumlah kondisi kulit yang wajib jadi perhatian adalah kulit dehidrasi, sensitif, kusam dan hiperpigmentasi, serta kulit yang alami penuaan.

Dilansir dari Alodokter, kulit dehidrasi merupakan kulit yang kekurangan kadar air di dalamnya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal di antaranya kekurangan kadar air dalam tubuh, cuaca yang panas dan kering, serta rusaknya skin barrier.

1. Kulit Sensitif dan Kusam

Kulit sensitif adalah keadaan kulit di mana kondisi kulit mudah berubah-ubah seperti mudah muncul jerawat, kemerah-merahan, reaksi alergi dan mudah iritasi. Dilansir dari Alodokter, kulit yang sensitif ini disebabkan juga oleh berbagai faktor, antara lain polusi udara, cuaca yang berubah-ubah, reaksi terhadap suatu kandungan makanan/obat tertentu hingga perubahan hormon.

Kulit kusam dan hiperpigmentasi merupakan ciri-ciri kulit yang tidak sehat dikarenakan kulit tersebut tidak terlihat lembab dan cerah, melainkan terlihat gelap tidak merata, dan tidak kenyal serta lembut.

Selain itu, kulit kusam sering kali disertai dengan tekstur kulit yang tidak merata. Ditambah lagi, noda hitam yang muncul dan bekas jerawat yang tak kunjung hilang juga membuat kulit terlihat tidak cerah.

2. Produk Sesuai Kebutuhan

Dilansir dari Hellosehat, penuaan kulit merupakan ciri kulit seperti berkerut, menipis, dipenuhi flek hitam dan terdapat perubahan warna, serta tampak kendur yang dialami oleh orang seiring bertambahnya usia. Namun, remaja atau dewasa muda juga dapat mengalami kondisi kulit seperti itu yang disebut dengan penuaan dini.

Setelah mengenal kebutuhan kulit saat ini, penting untuk memilih produk skincare yang tepat untuk dapat bisa merawat kulit secara efektif agar dapat memiliki kulit yang sehat dan berkelanjutan. Kini hadir produk dalam bentuk kit yang berasal dari brand SNP asal Korea Selatan yang dikemas menyesuaikan kebutuhan kulit di atas.

Beberapa kandungan yang cocok untuk merawat masing-masing kebutuhan kulit adalah Hyaluronic Acid, Peptides, BHA, Centella Asiatica (Cica), Ceramide, hingga Vitamin C. SNP menghadirkan 4 kit dengan fungsi yang berbeda-beda untuk membantu merawat kondisi kulit yang sedang dialami. Kit ini juga dilengkapi face cleansing brush dan cermin kecil.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI