Hindari Jebakan Kebiasaan Pagi yang Bikin Nggak Produktif, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Jum'at, 18 November 2022 14:55 Penulis: Wuri Anggarini
Hindari Jebakan Kebiasaan Pagi yang Bikin Nggak Produktif, Ada yang Sering Kamu Lakukan?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Tahun 2022 sudah hampir berakhir, masih saja gagal menjadi morning person? Tahu nggak sih kalau ternyata hal ini juga bisa disebabkan oleh berbagai kebiasaan pagi nggak produktif? Biarpun terkesan sepele, tapi kebiasaan pagi yang salah bisa mempengaruhi kualitas hidup juga.

Meskipun sekilas terlihat membawa kenyamanan, tapi ternyata beberapa kebiasaan pagi ini bisa bikin kamu nggak produktif seharian. Coba cek dulu, kamu lebih sering terjebak yang mana?

Selalu Bangun Telat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Siang kerja rodi, malam nggak pernah melewatkan party. Waktu tidur yang kurang bikin kamu nggak pernah bangun lebih awal di pagi hari. Sekilas, terlambat bangun di pagi hari adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa memenuhi jatah waktu tidur malam. Tapi, hal ini ternyata bisa jadi salah satu kebiasaan pagi yang nggak produktif.

Bangun terlambat selalu bikin kamu terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Mandi dikejar waktu, memilih pakaian dan berdandan pun hanya bisa dilakukan seadanya. Waktu yang mepet juga bikin kamu nggak bisa menyiapkan diri menghadapi pekerjaan.

Segera singkirkan kebiasaan nggak produktif ini deh. Bangun lebih awal agar kamu bisa menyiapkan diri dengan lebih maksimal, mulai dari berdandan, memilih pakaian, hingga catch up dengan berbagai informasi yang terkait pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif.

Sudah Bangun, Tapi Masih Saja Rebahan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Ada lagi nih tipe orang seperti ini. Sebenarnya sudah bangun lebih awal. Tapi, bukannya memanfaatkan waktu untuk melakukan persiapan, malah tetap rebahan sambil memantau media sosial. Ternyata, hal yang satu ini bukan kebiasaan yang baik!

Scrolling media sosial hanya bikin kamu 'tenggelam' di dalamnya. Tanpa terasa banyak waktu yang terbuang hingga nggak sempat menyiapkan diri untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Akhirnya berbagai persiapan pun dilakukan terburu-buru yang bikin nggak maksimal.

Jadi, daripada menghabiskan waktu dengan rebahan dan scrolling media sosial saja, coba deh segera bangun dan lakukan hal bermanfaat lainnya. Misalnya saja merapikan tempat tidur dan membereskan rumah.

Kopi Jadi Minuman Pertama di Pagi Hari

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Minum kopi di pagi hari memang bisa jadi asupan semangat dan mood booster dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kandungan kafein di dalamnya juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Tapi, bukan berarti kopi jadi minuman pertama yang diminum saat baru bangun tidur, lho.

Disarankan untuk minum air hangat yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan saat baru bangun tidur. Minum air putih di pagi hari dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan sisa kotoran dan racun di dalam tubuh, meningkatkan kerja ginjal dan membantu membuat tubuh lebih terhidrasi setelah semalaman nggak meminum apapun.

Nggak Pernah Olahraga di Pagi Hari

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Daripada rebahan saja di sofa atau tempat tidur, lebih baik langsung bangun dan siapkan diri untuk olahraga. Kegiatan yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, mulai dari menjaga kerja jantung, meningkatkan kerja sistem pernapasan, hingga melancarkan metabolisme tubuh.

Olahraga ringan di luar rumah seperti jogging atau berjalan kaki juga bisa membuat kamu mendapatkan asupan sinar matahari pagi dan udara segar yang sangat baik untuk tubuh. Dengan menggerakkan badan, tubuh akan memproduksi hormon yang meringankan gejala stres yang dirasakan, bikin kamu lebih semangat dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Coba cek kembali, apakah kamu masih sering terjebak dalam beberapa kebiasaan pagi yang bikin nggak produktif ini, KLovers? Yuk, saatnya lebih perhatikan morning routine agar bisa meningkatkan produktivitas!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI