Hitungan Primbon Jodoh Menurut Weton dan Cara Menentukan Hari Pernikahan

Diterbitkan:

Hitungan Primbon Jodoh Menurut Weton dan Cara Menentukan Hari Pernikahan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Membicarakan hubungan asmara menjadi hal menarik bagi banyak orang. Ada pula yang tertarik dan penasaran tentang ramalan jodohnya. Bagi masyarakat Jawa, ramalan tersebut bisa dicari melalui hitungan primbon jodoh.

Selain untuk menghitung kecocokan mempelai, hitungan primbon jodoh juga bisa digunakan untuk menentukan hari pernikahan. Seperti yang diketahui, menentukan hari baik merupakan hal yang penting untuk menghindari musibah yang mungkin terjadi.

Nah, jika kalian penasaran dengan hitungan primbon jodoh menurut weton dan cara menentukan hari pernikahan, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

 

 

1. Hitungan Primbon Jodoh Menurut Weton

Tak hanya berisi tentang ramalan watak, perhitungan hari baik, hari nahas, dan lain sebagainya, primbon juga berisi ramalan tentang kecocokan pasangan yang akan melaju ke jenjang pernikahan. Untuk mengetahuinya, kalian perlu memahami sistem perhitungan yang cukup rumit.

Meski begitu, hitungan primbon jodoh tetap bisa dipelajari. Pertama, kalian perlu mengetahui weton pasangan terlebih dahulu. Weton adalah hari lahir seseorang dengan hari pasarannya. Selanjutnya, kalian bisa melihat masing-masing nilai atau neptu hari lahir tersebut pada penjelasan di bawah ini.

1. Hari lahir:

- Hari Minggu: 5

- Hari Senin: 4

- Hari Selasa: 3

- Hari Rabu: 7

- Hari Kamis: 8

- Hari Jumat: 6

- Hari Sabtu: 9

2. Hari Pasaran

- Pasaran Legi: 5

- Pasaran Pahing: 9

- Pasaran Pon: 7

- Pasaran Wage: 4

- Pasaran Kliwon: 8

Untuk menghitung weton masing-masing pasangan, kalian bisa menjumlahkan nilai hari dan nilai pasaran. Misalnya, untuk hari Rabu Legi, berarti rumusnya adalah 7+5=12.

Sementara rumus untuk mengetahui kecocokan bisa kalian lakukan dengan menjumlahkan weton masing-masing pasangan. Misalnya, pihak perempuan Rabu Legi (7+5=12) dan pihak laki-laki Minggu Pahing (5+9=14). Hasil 12+14=26 yang artinya adalah pesthi. Pasangan pesthi diramalkan akan rukun, tenteram, damai sampai tua.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Hitungan Primbon Jodoh

Kombinasi dari masing-masing pasangan akan menghasilkan angka yang beragam. Oleh karena itu, ada beragam pula arti hitungan primbon jodoh yang perlu kalian ketahui. Berikut ini informasi lengkap hasil hitungan di penjelasan sebelumnya yang bisa kalian simak.

1. PEGAT (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Pasangan PEGAT akan sering menemui masalah. Sumber masalahnya pun beragam, seperti ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan.

2. RATU (2, 11, 20, 29)

Pasangan RATU bisa disebut sebagai pasangan yang memang sudah menemukan jodohnya. Oleh karena itu, mereka terlihat begitu serasi hingga dihargai dan disegani lingkungan sekitar. Saking harmonisnya, bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH (3, 12, 21, 30)

Pasangan JODOH sudah jelas memiliki kecocokan tinggi. Pasangan ini diramalkan bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rumah tangga pasangan JODOH ini bisa rukun sampai tua.

4. TOPO (4, 13, 22, 31)

Pasangan TOPO diramalkan akan mengalami kesusahan di awal pernikahan karena masih harus saling memahami. Namun, mereka akan bahagia pada akhirnya. Masalah yang dihadapi bisa saja soal ekonomi dan lainnya. Nah, saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

5. TINARI (5, 14, 23, 32)

Pasangan TINARI akan menemukan kebahagiaan dalam mencari rezeki dan tidak akan hidup kekurangan. Selain itu, hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU (6, 15, 24, 33)

Seperti namanya, pasangan PADU akan sering mengalami pertengkaran. Meski begitu, hubungan mereka tak akan sampai berujung ke perceraian. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.

7. SUJANAN (7, 16, 25, 34)

Pasangan SUJANAN akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Masalah itu bisa berasal dari pihak laki-laki maupun perempuan.

8. PESTHI (8, 17, 26, 35)

Seperti yang sudah disinggung pada contoh di atas, pasangan PESTHI akan rukun, tenteram, damai sampai tua. Meskipun ada masalah, rumah tangga mereka tak akan rusak.

 

 

3. Cara Menentukan Hari Pernikahan

Hitungan primbon jodoh tak hanya untuk menentukan kecocokan pasangan, tapi juga untuk pemilihan hari baik dalam menggelar pernikahan. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan bahwa perhitungan weton bisa meminimalisir bencana atau hal yang buruk.

Jika hasil dari perhitungan kedua mempelai menunjukkan ketidakcocokan, ada ritual berupa ruwatan atau pemilihan hari khusus untuk menangkal kesialan. Nah, jika kalian ingin mengetahui tata cara menentukan hari pernikahan, silakan simak penjelasan di bawah ini.

- Rumus: (Jumlah neptu + Hari Baik) / 5.

- Hasil dari perhitungan tersebut harus sisa tiga.

Jika total neptu kalian dan pasangan adalah 30, maka perhitungannya menjadi seperti berikut ini:

(30 + 13) / 5 = 6 sisa 3

(30 + 17) / 5 = 9 sisa 3

Melalui perhitungan di atas, diketahui bahwa sebaiknya kalian menikah di hari yang neptunya adalah 13 dan 17 yaitu Jumat Pon, Sabtu Wage, Minggu Kliwon, Kamis Legi, Senin Pahing dan Kamis Pahing. Rumus di atas bisa kalian terapkan di neptu-neptu lain hingga menemukan hari baik untuk pernikahan.

Nah, KLovers, itulah penjelasan tentang hitungan primbon jodoh yang perlu kalian ketahui.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending