Idul Fitri di Masa Pandemi, Bikin Seru Maksimal dengan Lebaran Sambil Staycation

Selasa, 12 Mei 2020 14:11 Penulis: Iwan Tantomi
Idul Fitri di Masa Pandemi, Bikin Seru Maksimal dengan Lebaran Sambil Staycation
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Nggak ada yang pernah berharap merayakan Idul Fitri di tengah pandemi seperti sekarang ini. Namun, apa boleh buat, pandemi Corona yang belum juga berakhir, membuat Ramadan bahkan Lebaran mau nggak mau harus dilalui di rumah saja. Meski mungkin akan terasa membosankan, tetapi bagaimanapun menjalankan imbauan pemerintah adalah hal terbaik saat ini yang bisa dilakukan.

Meski begitu, bukan artinya nggak ada cara untuk bikin Idul Fitri tahun ini tetap seru maksimal lho. Memang sih nggak boleh jalan-jalan ke luar rumah, tetapi kamu bisa mengakalinya dengan lebaran sambil staycation. Begini cara paling tepat yang bisa kamu coba.

Rencanakan Secara Matang Bersama Keluarga

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Sebelum memutuskan untuk staycation ada baiknya untuk merencanakan secara matang lebih dulu bersama keluarga. Ini mengingat di masa seperti ini biasanya, kebutuhan cukup banyak, apalagi pandemi tengah berlangsung bersamaan dengan Ramadan. Dengan merencanakan lebih awal, paling nggak persiapan dana untuk staycation sudah tersedia, sehingga nggak sampai menganggu perekonomian keluarga.

Ikuti Pedoman Menginap di Hotel Selama Pandemi COVID-19

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Sebelum kamu memilih hotel, ada baiknya untuk memahami bersama keluarga juga tentang pedoman menginap di hotel selama pandemi COVID-19 ini. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan sekaligus kenyamanan selama staycation di masa seperti sekarang ini. Beberapa pedoman yang perlu diperhatikan, mulai dari check-in untuk memastikan kondisi pengunjung hotel benar-benar sehat dan bebas COVID-19.

Pedoman kedua, tentang menjaga kebersihan diri yang perlu dilakukan selama menginap di hotel, termasuk mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan sabun di bawah air mengalir sebagaimana yang biasa dilakukan di rumah setiap hari. Kemudian, pedoman restoran yang perlu dipatuhi sesuai protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi COVID-19, seperti takeaway. Sampai pedoman penggunaan transportasi yang perlu tetap memperhatikan aturan physical distancing.

Pilih Hotel di Dalam Kota

credit via Shutterstockcredit via Shutterstock

Oleh karena selama pandemi ini, pergi keluar kota nggak dianjurkan, maka untuk hotel yang akan digunakan untuk staycation pilihlah yang nggak jauh dari rumah atau masih di dalam kota. Biar lebih hemat juga, kamu bisa memanfaatkan promo hotel yang tersedia. Jangan salah, sekalipun sedang terjadi pandemi, tetapi nggak sedikit hotel yang membagikan banyak promo lebaran buat keluarga yang ingin merayakan Idul Fitri bersama.

Dengan cara-cara tersebut, kamu pun nggak sekadar bisa menikmati lebaran spesial kali ini dengan staycation. Lebih dari itu, juga bikin Idul Fitri jadi lebih seru maksimal, karena nggak hanya di rumah aja di tengah pandemi Corona. Gimana, tertarik mencobanya? Yuk, segera susun rencana bareng keluarga!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI