Ijabah Artinya dalam Berdoa, Ketahui Adab dan Cara Agar Cepat Terkabul

Minggu, 24 April 2022 11:33
Ijabah Artinya dalam Berdoa, Ketahui Adab dan Cara Agar Cepat Terkabul
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Pada saat berdoa, kalian mungkin sudah sangat familiar mendengar kata ijabah. Kata ijabah dalam berdoa memiliki arti dan harapan doa tersebut bisa terkabul.

Ijabah artinya dalam berdoa menunjukkan bahwa doa yang dipanjatkan dapat diterima Allah SWT, dikabulkan ataupun terjawab. Di mana saat berdoa tentunya setiap orang mengharapkan bisa segera terkabul. Nah, kata lain untuk menyebut doa yang dikabulkan Allah SWT adalah ijabah.

Namun selain ijabah, ada pula beberapa istilah lainnya untuk menyatakan mengenai harapan doa agar dikabulkan. Karena itulah di bawah ini ada penjelasan mengenai arti ijabah dan adab-adab dalam berdoa. Yuk simak penjelasan mengenai ijabah artinya yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Ijabah Artinya dalam Berdoa

Ijabah merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam sebuah doa terutama bagi umat muslim. Karena itulah umat muslim sangat familiar dengan kata-kata ijabah dalam berdoa. Ya, seperti diketahui sebelumnya bahwa doa adalah sebuah permohonan, harapan, permintaan dan pujian kepada Tuhan.

Sebab itulah ketika berdoa, seorang hamba perlu memperhatikan adab dan tata cara yang benar agar doa bisa terkabul. Kata terkabul inilah yang sering diganti dengan istilah ijabah. Karenanya ijabah artinya adalah pengabulan.

Apabila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ijabah artinya adalah hal meluluskan yang dimaksudkan dalam berdoa. Ada juga ijabah artinya adalah berkenan menerima. Dengan kata lain dapat disebut bahwa ijabah artinya adalah doa yang dipanjatkan diharapkan dapat terkabul. Itulah arti ijabah yang sering disebutkan pada saat berdoa.

 

2. Ijabah Artinya dan Sinonimnya

Setelah tahu penjelasan mengenai ijabah artinya adalah terjawab, terkabul, diterima maka ada beberapa sinonim yang memiliki makna serupa dengan ijabah. Tentunya dengan tahu apa saja sinonim kata ijabah memudahkan kalian memahami istilah lainnya selain kata ijabah artinya adalah doa yang terkabul.

Nah, di antara sinonim dari ijabah salah satunya seperti makbul. Makbul artinya adalah diluluskan, berhasil, ataupun tercapai. Dengan kata lain makbul dapat berarti juga dengan terkabul. Tentunya melihat apa arti makbul juga sama dengan ijabah artinya adalah terkabul.

Selain itu terdapat juga kata mustajab yang memiliki arti hampir serupa dengan ijabah dan makbul. Mustajab artinya adalah manjur, mujarab ataupun menyembuhkan. Kata mustajab ini juga kerap digunakan dalam doa yang tidak lain agar permohonan dan harapan cepat terkabul.

 

3. Cara Agar Doa Diijabah

Berdoa dan memohon apapun kepada Tuhan tentunya sangatlah penting. Apalagi dalam Islam doa termasuk ibadah yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya dalam ayat Alquran yang menjelaskan mengenai pentingnya berdoa sebab segala doa pasti akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun ayat Alquran yang menjelaskan bahwa segala doa akan terkabul sebagai berikut,

Wa qala rabbukumud'uni astajib lakum, innallazina yastakbiruna 'an ibadati sayadkhuluna jahannama dakhirin.

Artinya:

"Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Gafir: 60)

Ketahui juga bahwa dalam berdoa agar cepat terkabul maka terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Nah,cara agar doa cepat dikabulkan oleh Allah SWT dapat dilakukan dengan mengungkapkan menggunakan hati ikhlas, pasrah dan memanjatkan berulang kali.

Karenanya terkadang apa yang diminta oleh seorang hamba mungkin tidak terkabul pada saat itu juga. Ada juga doa yang terkabul dengan cara dan bentuk lain yang mungkin tidak sesuai keinginan kita. Namun Allah SWT sudah menyatakan bahwa setiap hambanya yang berdoa, maka akan dikabulkan.

Dengan begitu bukan berarti bahwa doa yang kita panjatkan sekarang bisa terkabul saat ini juga. Melainkan dengan selalu istiqomah, berdoa khusyuk, memuji asma Allah, menghadap kiblat dan berdoa di waktu-waktu mustajab bisa kalian lakukan. Sementara itu beberapa waktu mustajab untuk berdoa di antaranya yakni,

- Ketika berpuasa dan saat berbuka puasa.

- Ketika bersujud hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa saat sujud seorang hamba amat dekat dengan Allah SWT.

- Setelah sholat fardhu bisa berdoa dengan mengiringinya menggunakan bacaan dzikir dan wirid.

- Waktu di saat adzan dan iqamah.

- Ketika minum air zam-zam.

- Pada hari Jumat.

- Ketika turunnya hujan.

- Pada malam lailatul qadar.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam berdoa agar cepat dikabulkan Allah SWT. Sehingga dapat membantumu mengetahui waktu mana saja yang mustajab untuk berdoa.

 

4. Adab dalam Berdoa

Setelah tahu penjelasan mengenai ijabah artinya adalah pengabulan, ketahui juga beberapa adab dalam berdoa. Karena adab dalam berdoa ini juga sangat penting diperhatikan agar permohonan yang dipanjatkan dapat diterima dan segera dikabulkan Allah SWT. Adapun adab-adab dalam berdoa dapat kalian simak sebagai berikut.

- Bisa berwudhu terlebih dahulu agar suci dari najis.

- Memuji asma-asma Allah SWT.

- Memanjatkan doa di waktu yang mustajab sebagaimana sebuah riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, 'Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni." (HR. Muslim)

- Dapat menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

- Berdoa dengan suara lembut dan pelan-pelan.

- Penuh keyakinan dan harapan dengan kata lain berdoa secara khusyuk.

- Bersungguh-sungguh dalam berdoa.

- Tidak berputus asa dalam berdoa meskipun doa yang dipanjatkan belum dikabulkan.

- Menjauhi larangan Allah SWT baik itu harta ataupun makanan haram.

- Bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ijabah artinya dalam berdoa serta beberapa ulasan mengenai cara berdoa dan adabnya. Semoga bisa dijadikan tambahan pengetahuan dan pembelajaran bersama.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI