Indonesia Berjaya di Ajang Travel Weekly Asia 2019 Readers Choice Awards

Jum'at, 18 Oktober 2019 11:27 Penulis: Wuri Anggarini
Indonesia Berjaya di Ajang Travel Weekly Asia 2019 Readers Choice Awards
©Kemenpar

Kapanlagi Plus - Ngobrolin soal destinasi wisata di Indonesia memang nggak ada habisnya. Banyak tempat menarik yang nggak boleh ketinggalan buat dikunjungi. Bahkan, beberapa waktu belakangan ini juga sering bermunculan spot baru yang menjadi primadona. Nggak heran jika Indonesia selalu memikat di mata traveler mancanegara.

Keindahan pariwisata Indonesia yang tak terbantahkan ini membuatnya berjaya dalam ajang Travel Weekly Asia 2019 Readers Choice Awards. Nggak cuma satu, tapi ada 3 penghargaan yang berhasil diboyong Indonesia dalam event yang digelar di Grand Mandarin Ballroom I & II Level 6 Mandarin Orchard, Singapura pada Selasa (15/10) malam. 

“Tahun ini Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Asia Destination Marketing,” kata Ratna Harjana, Ketua Fungsi Pensosbud, KBRI Singapura, didampingi Sulaeman Shedhek, VITO Singapura, mewakili Kementerian Pariwisata, setelah menerima penghargaan di Singapura.

Selain penghargaan itu, Indonesia juga mendapatkan dua penghargaan di kategori lain, yakni Best Hotel (service excellence) yakni InterContinental Jakarta Pondok Indah dan Best Travel Agency (South East Asia (Inbond) yakni Panorama Destination.

Kategori ini dinilai berdasarkan voting pembaca Travel Weekly Asia 2019 selama periode dari 12 Juni sampai dengan 5 Agustus 2019.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih Indonesia. Tahin 2016 lalu Indonesia juga menyabet penghargaan dari ajang ini. namun dari kategori Organisasi Pariwisata Nasional.

“Penghargaan ini menandakan bahwa Indonesia dinilai telah menunjukan campaign yang luar biasa dalam mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia,” kata Ratna.

Penghargaan sebanyak 55 award tersebut terdiri atas 10 kategori yakni Hotel, Resort, Serviced Residence, Airline, Cruise, Destination,Travel Agency, Technology, Tourism Experience, dan Car Rental berdasarkan pilihan pembaca Travel Weekly Asia.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 160 orang yang terdiri dari para pimpinan Industri/Organisasi Bidang Pariwisata yang berasal dari negara Asia Pasifik.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani menyambut baik dan bersyukur atas penghargaan tersebut.

“Dari 10 kategori award itu, Indonesia mendapat penghargaan untuk kategori Pemasaran Destinasi Terbaik Asia versi pembaca Travel Weekly Asia 2019,” kata wanita yang akrab disapa Kiki itu.

Ia menyatakan, penghargaan tersebut memberi tiga makna penting seperti disebutkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, sebagai 3C.

Penghargaan akan menaikkan “confidence” sebagai bangsa, mengangkat “credibility” sebagai negara, dan berfungsi sebagai “calibration” untuk memotret seberapa optimal upaya pemasaran destinasi pariwisata sehingga menjadi pilihan terbaik di Asia versi pembaca Travel Weekly.

Menpar Arief Yahya juga mengapresiasi  perolehan penghargaan ‘Best Asia Destination Marketing' dari Travel Weekly Asia 2019 Readers Choice'. Karena, menambah kepercayaan diri seluruh jajaran Kemenpar bersama stakeholder pariwisata khususnya para pelaku bisnis pariwisata Indonesia.

Sepanjang 2018, Kemenpar memperoleh 66 penghargaan dari lembaga-lembaga yang kredibel.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, World Travel & Tourism Council (WTTC) menempatkan Indonesia di posisi sembilan, negara dengan pertumbuhan wisman tercepat di dunia nomor tiga di Asia dan nomor satu di Asia Tenggara.

Kunjungan wisman ke Indonesia tumbuh 22 persen atau tiga kali lipat dibandingkan rata-rata pertumbuhan di kawasan regional Asia Tenggara sebesar 7 persen bahkan pertumbuhan pariwisata dunia sebesar 6 persen,” kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menegaskan, banyaknya penghargaan yang diraih pariwisata Indonesia di tingkat regional maupun internasional tersebut menunjukkan bahwa daya saing pariwisata Indonesia semakin diperhitungkan di level global.

"Perolehan penghargaan ini menjadi momentum untuk memacu kinerja kita dalam mencapai target 20 juta wisman tahun ini,” kata Arief Yahya.

Seperti diketahui pada semester pertama 2019 beberapa penghargaan telah diperoleh Indonesia dalam berbagai ajang antara lain; ASEAN Tourism Award 2019, Reisgaarg Award, on Vakantiebeurs, Netherlands Documentations 2019, dan Outbound Travel Mart (OTM) 2019.

Selain itu penghargaan diperoleh dari ajang East Mediterranean International Tourism & Travel Exhibition (EMITT) 2019, Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) Award 2019, Asia Dive Expo 2019, Tour Film Fest Bulgaria 2019, WTTC Award 2019, ASEANTA AWARD 2019, dan China Traveler's Top Spot Award.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI