Ini Arti Nolep, Ketahui Pula Ciri-Cirinya dan Cara Mengatasi Sikap Hingga Pola Pikir Tersebut

Rabu, 27 Oktober 2021 20:55 Penulis: Dhia Amira
Ini Arti Nolep, Ketahui Pula Ciri-Cirinya dan Cara Mengatasi Sikap Hingga Pola Pikir Tersebut
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali bahasa gaul atau slang biasa digunakan oleh anak muda, salah satunya nolep. Sebenarnya nolep sendiri apa sih? Apakah nolep merupakan singkatan? Tentu kalian harus mengetahuinya, agar tidak salah menempatkan kata nolep saat berbicara pada seseorang.

Bahasa gaul sendiri merupakan sebuah bahasa kekinian yang dibuat para anak-anak muda. Biasanya bahasa gaul dibuat dari kata-kata sehari-hari ataupun diambil dari bahasa Inggris dan dislang lagi dengan gaya Indonesia. Bahasa gaul terus ada dan terus berkembang dari zaman ke zaman, hingga tidak heran ada saja bahasa gaul yang tidak digunakan lagi selama perkembangan zaman.

Nah, untuk KLovers yang sedang mencari tahu apa sih arti nolep? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti nolep beserta dengan ciri-ciri dan cara mengatasi seseorang yang nolep. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti Nolep Adalah

Apa sih sebenarnya arti nolep itu? Kata nolep berasal dari No Life yang diplesetkan oleh kaum muda. Secara harfiah nolep atau no life artinya tidak memiliki kehidupan atau tidak punya kehidupan. Bahasa slang ini kerap digunakan untuk menyindir orang yang hanya menghabiskan waktunya sendiri, dan membatasi interaksi dengan dunia luar.

Mereka seperti asyik dengan dunia mereka sendiri dan merasa tidak perlu orang lain di sekelilingnya. Bahkan nolep juga terkesan seperti tidak memiliki keinginan untuk punya masa depan. Padahal seperti yang diketahui jika manusia adalah makhluk sosial, sehingga apapun pekerjaan kita tentu membutuhkan dorongan dan support dari orang lain.

2. Ciri-Ciri Orang yang Nolep

Nah, setelah mengetahui arti nolep, tentu kalian juga perlu mengetahui ciri-ciri nolep. Mungkin saja seseorang yang dekat dengan kalian, atau bahkan kalian sendiri memiliki ciri sebagai nolep. Berikut beberapa ciri-ciri orang yang nolep:

1. Ciri-ciri nolep yang pertama yaitu, ia tidak mementingkan masa depan.

2. Suka begadang untuk melakukan hal yang disukai seperti main game, maraton anime, dan lain-lain. Bahkan melakukan hal yang sebenarnya tidak memiliki manfaat dalam hidupnya.

3. Takut atau malas berhubungan dengan orang lain atau dunia luar. Mereka membatasi diri dari orang dan dunia luar.

4. Tak punya rasa empati atau simpati pada orang lain. Terkesan cuek dan bodo amat dengan sekelilingnya.

5. Gak bisa jauh-jauh dari gadget dan internet. Mulai dari HP, PC, atau konsol game.

6. Lebih suka sendiri, mengurung diri di kamar, tak banyak teman di dunia nyata.

7. Walaupun begitu mereka memiliki teman, namun hanya beberapa saja, Dan biasanya teman tersebut yang hanya satu frekuensi dengan dia. Bila sudah berbeda sedikit saja, maka mereka terkesan tidak peduli.

8. Terkadang ada pula mereka yang nolep sulit mengatur emosi dan terkadang memiliki kepribadian labil.

3. Perbedaan Nolep dan Introvert

Nah, bagaimana ya dengan introvert? Apakah nolep sama dengan introvert? Jawabannya tidak. Ya, introvert adalah tipe kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Akan tetapi, sebenarnya, setiap orang memiliki elemen introvert dan ekstrovert di dalam diri masing-masing.

Jadi introvert tidak membatasi diri dengan sosial, bahkan mereka memiliki kegiatan sosial. Introvert hanya akan merasa lelah ketika berinteraksi dengan kegiatan sosial. Mereka akan beristirahat setelah berinteraksi dan berkumpul untuk memulihkan semangat mereka kembali. Introvert juga memiliki teman yang sedikit, namun berkualitas.

Ia akan mencari teman yang bisa memberikan ia sebuah manfaat dan sebaliknya. Jadi Introvert bisa berteman dengan siapa saja, selama itu berdampak positif dan menambah ilmu baru bagi kehidupannya. Dari dua hal ini saja sudah terlihat bagaimana introvert dan nolep sangat bertolak belakang. Jadi tidak bisa disamakan nolep dan introvert ya KLovers.

4. Cara Mengatasi Nolep

Bila sudah mengetahui apa arti nolep dan bagaimana ciri-cirinya, kalian juga bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi nolep. Ya, mungkin saja ini bisa membantu kalian yang merasa nolep dan tidak memiliki tujuan dalam hidup, namun ingin berubah. Berikut beberapa caar mengatasi nolep yang tepat:

1. Cara pertama yaitu dengan memperbaiki diri. Kalian bisa bercermin dan berkata bagaimana sebenarnya diri kalian. Apakah semua kegiatan yang kalian lakukan mendapatkan hasil positif atau tidak.

2. Lalu yang kedua yaitu, membuat planning masa depan. Kalian harus punya tekad dan ketegasan untuk diri kalian. Kalian harus konsisten melakukan hal-hal yang membuat kalian sukses di masa depan.

3. Habiskan waktu dengan hal yang positif dan bermanfaat. Bergaul dengan banyak teman agar mendapatkan pencerahan ataupun ide baru yang positif. Dengan melihat dunia luar dan bertemu orang, maka kalian akan banyak mendapatkan pengalaman.

4. Lakukan hal sesuai dengan passion kalian. Yup! Kunci agar kita bisa bangkit dan tidak menjadi nolep lagi adalah, mencari tahu passion kalian. Cari tahu apa yang kalian ketahui dan bisa. Sehingga kalian tidak merasa berat dalam menjalani hari.

5. Mulailah mencintai diri sendiri. Dengan kita mencintai diri maka kita akan nampak percaya diri, sehingga dengan begitu orang lain juga mulai percaya dengan kita. Orang lain juga mulai suka dengan kita, karena kita menikmati hidup dan mencintai diri sendiri.

6. Dan yang terakhir yaitu terbuka dengan keluarga. Ya, keluarga merupakan support penting dalam hidup kalian. Support keluarga menjadi nomor satu untuk menjadikan kita merasa lebih percaya diri dan tetap di jalan positif.

Itulah arti nolep beserta dengan ciri-ciri dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan ini bisa membuat kalian mengerti apa itu nolep dan bagaimana kata ini digunakan dengan tepat.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI