Ini Bacaan Ayat Kursi Beserta dengan Arti dan Keutamaannya

Kamis, 05 Agustus 2021 13:11 Penulis: Dhia Amira
Ini Bacaan Ayat Kursi Beserta dengan Arti dan Keutamaannya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ayat kursi menjadi sebuah ayat yang paling agung dalam Al Quran. Sehingga ayat kursi memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi mereka yang membacanya. Ayat kursi bahkan menjadi sebuah ayat yang sering digunakan oleh seorang muslim dalam melindungi diri dari bahaya dunia maupun bahaya yang dapat berakibat pada akhirat kita kelak. Tentu bacaan surat Ayat Kursi menjadi salah satu bacaan yang wajib diketahui bagi seorang muslim.

Ayat kursi merupakan potongan dalam Surat Al Baqarah ayat 255 yang memiliki keutamaan luar biasa. Berpangkal dari kandungan maknanya, ayat ini berisi penjelasan kalimat tauhid yang terumus pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup. Sehingga Ayat Kursi bisa dibilang sebagai salah satu pegangan seorang muslim untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dalam hal apapun.

Kira-kira apa saja ya keutamaan luar biasa ketika seseorang rutin membaca ayat kursi? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah bacaan surat ayat kursi beserta dengan arti dan keutamaannya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Surat Ayat Kursi dan Artinya

Sebelum kalian mengetahui apa saja keutamaan yang baik dalam surat Ayat Kursi, tentu kalian harus mengetahui isi surat ayat kursi tersebut, Berikut ini ada bacaan dan arti dari surat Ayat Kursi beserta dengan artinya:

"Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'm min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim."

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

 

 

2. Jadi Pemimpin ayat Al Quran

Keutamaan dari surat Ayat Kursi yang pertama yaitu, menjadi pemimpin ayat dalam kitab suci Al Quran. Dari sebuah hadist yang dirawatkan oleh Tirmidzi mengungkapkan bahwa,

"Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al Quran ialah surat Al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al Quran yaitu Ayat Kursi." (HR. Tirmidzi)

Selain itu, dalam sebuah hadist lainnya mengemukakan bahwa, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda, "Ayat Kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi." (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali)

 

 

3. Doa yang Mustajabah

Selain menjadi sebuah pemimpin dalam Al Quran, ternyata Ayat Kursi juga menjadi salah satu doa yang mustajab. Bagi kalian yang ingin meminta perlindungan pada Allah SWT atau memohon sesuatu, maka ada baiknya dimulai dengan menggunakan Ayat Kursi. Hal itu karena di dalam Ayat Kursi ada asma Allah SWT yang paling agung, yakni al hayyu al qayyuum.

Hal ini terdapat dalam sebuah hadist yang berbunyi: "Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha." (HR. Ibnu Majah)

Tiga ayat yang dimaksud dalam hadits di atas adalah Surat Al Baqarah ayat 255 atau Ayat Kursi, kemudian Surat Ali Imran ayat 1-2, dan Surat Thaha ayat 111. Semua menjadi surat dalam Al Quran yang begitu luar biasa bila sering kita baca dengan niat tulus.

 

 

4. Kunci Masuk Surga

Selain itu, keutamaan membaca Ayat Kursi yang lainnya yaitu dapat menjadi sebuah pahala kunci masuk surga. Hal ini sudah banyak di nyatakan dalam beberapa hadist seperti, hadist Thabrani yang berbunyi:

"Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati." (HR. Thabrani)

Selain itu ada pula terjemahan dalam kitab Al-Faidh Al-Qudsi menyebutkan bahwa, "Barang siapa yang melanggengkan Ayat Kursi maka dia akan menjadi manusia yang terpilih, diutamakan dan dimuliakan oleh masyarakat, juga disisi Allah SWT, di dunia dan akhirat."

Dalam semua hadist di atas dapat di ketahui bahwa, bagaimana luar biasanya Ayat Kursi. Bahkan dapat menjadi sebuah kunci seseorang masuk surga Allah SWT hanya dengan membaca ayat ini dengan niat tulus dan karena Allah Ta'ala.

 

 

5. Pelindung Diri dari Jin, Setan, dan Sihir

Bagi seorang muslim, bukan hal yang asing lagi bila Ayat Kursi bisa menjadi tempat seseorang memohon perlindungan Allah SWT dari jin, setan, hingga sihir-sihir yang berbahaya. Sebagaimana sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bahwasannya Allah SWT telah berfirman,

"'Laa ilaaha illallah adalah benteng-Ku. Barangsiapa yang membacanya, dia masuk kedalam benteng-Ku. Dan barangsiapa yang masuk dalam benteng-Ku maka dia akan aman dari siksa-Ku."

Dalam firman di atas di artikan bahwa, dengan kita meminta perlindungan pada Allah SWT maka kita akan masuk dalam benteng Allah SWT. Kita akan aman, bahkan dari siksaan Allah SWT sekalipun. Sehingga jin, setan, ataupun sihir tak ada apa-apanya.

 

 

6. Kunci Rezeki

Nyatanya membaca ayat kursi menjadi sebuah kunci rezeki bagi mereka yang rutin membacanya. Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa, ketika seorang sahabat mengatakan belum menikah karena alasan tidak memiliki biaya, Rasulullah menyuruhnya membaca surat Al Ikhlas, surat Al Kafirun, surat Al Zalzalah, surat An Nashr dan Ayat Kursi.

Siapa yang banyak membaca ayat kursi, insya Allah dimudahkan mendapatkan rezeki dan mendapatkan jodoh. Itulah mengapa, mereka yang merasa sulit dalam mendapatkan rezeki ataupun jodoh, maka bisa membaca Ayat Kursi dengan rutin karena Allah Ta'ala.

 

 

7. Pahala Mati Syahid

Dan yang terakhir yaitu menjadi sebuah pahala dalam mati syahid. Hal ini tercantum dalam sebuah hadist yang berbunyi,

"Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid." (HR. Hakim)

Bahkan dalam sebuah cerita dimana ketika Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tidak pernah berhenti berdzikir dengan ayat kursi, maka banyak kemenangan yang telah dicapai dalam peperangan serta telah banyak sekali pintu-pintu kemudahan telah dibukakan oleh Allah SWT bagi Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam. Rasulullah pernah bersabda

"barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan."

Itulah bacaan Ayat Kursi dan Arti, beserta dengan keutamaannya. Semoga dengan rutin, tulus, dan ikhlas karena Allah Ta'ala, bacaan Ayat Kursi yang kita baca menjadi sebuah pahala yang luar biasa di sisi Allah SWT.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI