Perbedaan Gejala Covid-19 Sebelum dan Setelah Vaksin, Ketahui Juga Efek Samping Vaksinasi

Rabu, 04 Agustus 2021 17:11 Penulis: Puput Saputro
Perbedaan Gejala Covid-19 Sebelum dan Setelah Vaksin, Ketahui Juga Efek Samping Vaksinasi
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pandemi corona covid-19 belum juga usai. Malahan, jumlah kasus penularan terus meningkat. Kini, masyarakat dianjurkan untuk mengikuti program vaksinasi. Pasalnya, vaksinasi menjadi salah satu upaya paling efektif untuk mengatasi pandemi. Meski demikian, vaksinasi tak serta merta membuat seseorang terhindar dari virus corona. Namun, terdapat perbedaan gejala covid-19 setelah dan sebelum vaksin.

Pemberian vaksin terbukti bisa mengurangi efek atau gejala dari penularan virus corona covid-19. Fakta di lapangan menunjukkan, orang yang telah menerima vaksin cenderung menunjukkan gejala yang lebih ringan, dibandingkan yang belum divaksin. Artinya secara tak langsung, vaksinasi juga dapat menekan angka kematian akibat covid-19.

Lantas, apa sajakah perbedaan gejala covid-19 setelah dan sebelum vaksin? Dirangkum dari halodoc.com dan sumber lain, simak ulasannya berikut ini.

 

1. Gejala Covid-19 Pada Umumnya Sebelum Vaksin

Seperti yang kita tahu, virus corona covid-19 bisa menginfeksi siapa saja, khususnya orang dengan imunitas yang lemah. Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, virus corona terus bermutasi. Hasil mutasi tersebut membuat virus corona semakin mudah menular. Selain itu, mutasi virus juga menimbulkan munculnya beragam gejala pada penderitanya.

Sampai saat ini virus corona covid-19 masih dimungkinkan terus bermutasi. Sehingga, bermunculannya gejala-gejala baru bagi penderitanya juga masih sangat memungkinkan. Meski demikian, tetap ada sejumlah gejala umum yang dialami oleh kebanyakan penderita. Adapun gejala-gejala tersebut meliputi gejala ringan dan berat.

Berikut beberapa gejala ringan yang biasa dialami oleh penderita virus corona covid-19 sebelum vaksin:

1) Sakit kepala;

2) Demam;

3) Batuk dan pilek;

4) Sakit tenggorokan;

5) Mudah lelah;

6) Anosmia (hilangnya kemampuan indra perasa dan indra penciuman)

Lebih lanjut, berikut gejala berat yang biasa dialami oleh penderita virus corona covid-19 sebelum vaksin:

1) Diare;

2) Ruam kulit;

3) Mata kemerahan (konjungtivitis);

4) Rasa nyeri dan tidak nyaman di sekujur tubuh.

5) Perubahan warna pada jari tangan atau kaki;

6) Sesak napas dan nyeri di bagian dada

7) Kesulitan berkomunikasi dan bergerak.

 

2. Gejala Covid-19 Setelah Vaksin Dosis Pertama

Melakukan vaksin diyakini bisa jadi satu cara ampuh untuk menekan kasus penularan serta meringankan gejala terinfeksi virus covid-19. Secara umum, vaksin diberikan dalam dua dosis. Maka dari itu, penting untuk memastikan diri memperoleh vaksin sesuai dengan dosis yang ditentukan, agar tubuh mendapatkan perlindungan maksimal.

Vaksin yang telah dilakukan dipercaya bakal meringankan gejala-gejala berat yang dijelaskan sebelumnya. Meski begitu, orang yang terinfeksi virus corona covid-19 setelah vaksin tetap harus ditangani secara tepat. Untuk itu, penting mengetahui apa saja gejala covid-19 setelah vaksin.

Adapun gejala covid-19 setelah vaksin dosis pertama, antara lain sebagai berikut:

1) Sakit kepala;

2) Bersin-bersin;

3) Batuk dan pilek;

4) Sakit tenggorokan.

 

3. Gejala Covid-19 Setelah Vaksin Dosis Kedua

Dilansir dari halodoc.com, ternyata terdapat perbedaan gejala tertular covid-19, antara orang yang baru menerima vaksin satu dosis dan orang yang telah mendapat dua dosis. Tentunya, orang yang telah mendapatkan dua dosis vaksin relatif lebih aman dan merasakan gejala lebih ringan.

Sementara, gejala covid-19 setelah vaksin dosis kedua, secara umum meliputi:

1) Sakit kepala;

2) Bersin-bersin;

3) Pilek;

4) Sakit tenggorokan;

5) Anosmia.

 

4. Efek Samping Vaksinasi

Vaksin menjadi satu cara efektif untuk melindungi diri dari ancaman virus covid-19. Bahkan tak hanya demi keselamatan pribadi, melakukan vaksin juga berguna untuk menjauhkan orang terdekat dari ancaman virus mematikan ini. Sebab, dengan menerima vaksin kita akan lebih terjaga dari ancaman virus corona covid-19. Sehingga, risiko kita untuk menularkan ke orang lain juga akan semakin kecil.

Sayangnya, tak sedikit orang yang masih enggan melakukan vaksinasi lantaran dihantui berbagai gejala yang dirasa menakutkan. Padahal, munculnya beberapa efek atau gejala setelah vaksin merupakan hal yang wajar. Efek tersebut muncul sebagai reaksi dari terbentuknya antibodi baru yang nantinya akan melawan virus corona covid-19 dalam tubuh.

Adapun gejala-gejala dari efek vaksin di alami setiap orang bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing. Untuk pengetahuan tambahan, berikut beberapa gejala yang umum dirasakan setelah melakukan vaksinasi, agar kalian tidak panik dan tidak lagi enggan melakukan vaksin.

1) Sakit kepala;

2) Demam;

3) Pegal atau nyeri dan bengkak, khususnya di bagian tangan;

4) Meningkatnya nafsu makan;

5) Mudah merasa lelah dan mengantuk;

6) Mual;

Itulah di antaranya ulasan mengenai perbedaan gejala covid-19 sebelum dan setelah vaksin, serta sedikit penjelasan tentang efek samping vaksinasi. Semoga bermanfaat sebagai bekal menjaga kesehatan di masa pandemi ini!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI