Inspiratifnya Perjuangan Kartini, Anak Tukang Becak yang Sukses Jadi Tulang Punggung Keluarga Berkat Jadi Content Creator

Rabu, 09 November 2022 08:00 Penulis: Iwan Tantomi
Inspiratifnya Perjuangan Kartini, Anak Tukang Becak yang Sukses Jadi Tulang Punggung Keluarga Berkat Jadi Content Creator
Sumber: dokumentasi pribadi Kartini

Kapanlagi Plus - Tak ada yang mustahil diwujudkan dengan perjuangan dan kerja keras. Hal inilah yang dibuktikan sendiri oleh Kartini, seorang wanita muda asal Banjarnegara berusia 20 tahun. Ia bertekad untuk meringankan beban ekonomi keluarganya di kampung halaman.

Ayahnya bekerja sebagai penarik becak, sedangkan ibunya menjahit untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Banjarnegara, Jawa Tengah. Usai menyelesaikan pendidikan SMK di kampung halamannya, Kartini sudah mencari pekerjaan. Ia merantau dari Banjarnegara ke Jakarta demi bisa menghidupi keluarganya. Berikut kisah inspiratifnya dalam meraih kesuksesan!

Sempat Mengalami Banyak Hambatan dan Tantangan dalam Bekerja

Hanya saja, mencari pekerjaan yang sesuai di Jakarta tidaklah mudah. Kartini mengalami banyak hambatan dan tantangan selama melakukan pekerjaan pertamanya sebagai buruh pabrik.

Sumber: dokumentasi pribadi KartiniSumber: dokumentasi pribadi Kartini

Beban kerja yang tinggi, harus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru di ibukota, situasi kerja yang kurang nyaman, hingga upah yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-harinya kerap menghantui Kartini. Ia pun jadi tidak bisa meringankan beban finansial keluarganya di kampung halaman.

Kartini sempat berjualan skincare untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, meski sudah merelakan waktu istirahatnya, penghasilan yang didapatnya pun masih belum cukup untuk membiayai kehidupan keluarganya.

Putar Otak Demi Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Akhirnya, ia memutar otak untuk mencari cara lain demi mendapatkan penghasilan tambahan, yakni dengan mencoba mendaftar sebagai Shopee affiliate. Ia berkarya di media sosial dengan membuat video-video rekomendasi produk fashion. Bukan video biasa, ia juga menautkan link produk yang direkomendasikannya sehingga orang-orang bisa langsung mengklik dan membeli produk itu. Lalu, ia akan mendapat komisi untuk setiap pembelian produk yang telah direkomendasikannya.

Siapa sangka, usahanya kali ini membuahkan hasil yang manis. Berbagai impiannya mulai terwujud, mulai dari upgrade gadget untuk meningkatkan kualitas konten, membeli Vespa yang jadi motor impiannya, hingga membiayai renovasi rumah orang tuanya di kampung halaman.

Pada bulan pertama dirinya bergabung dengan Shopee Affiliates Program, penghasilannya setara dengan upah bulanannya sebagai pegawai pabrik. Lalu, sekarang penghasilan bulanannya bisa mencapai puluhan kali lipat upahnya sebagai pegawai pabrik.

Kiat Sukses Kartini Menjadi Seorang Content Creator

Lantas, apa saja usaha yang dilakukan Kartini untuk bisa sukses menjadi seorang content creator? Ternyata, salah satu kunci keberhasilan Kartini adalah konsistensi. Ketika awal terjun sebagai affiliate, Kartini hanya membuat konten saat ada waktu luang. Jadwal upload-nya pun tidak menentu. Namun, setelah membulatkan tekad untuk menjadi seorang content creator, ia memutuskan untuk konsisten mengunggah setidaknya satu konten dalam seminggu.

Konsistensi Kartini tak hanya menambah jumlah konten di akun media sosialnya. Lebih dari itu, dengan menjadi konsisten, ia terus berpikir kreatif untuk dijadikan ide konten. Sekarang, konten-kontennya beragam dan dapat dinikmati oleh banyak pengikutnya.

Sumber: dokumentasi pribadi KartiniSumber: dokumentasi pribadi Kartini

Selain konsistensi, Kartini juga mencurahkan passion-nya secara maksimal dalam setiap videonya. Kecintaannya pada dunia fashion membuat Kartini benar-benar mampu merekomendasikan produk yang paling sesuai dengan para pengikutnya. Tentu saja, ia juga perlu mengikuti tren fashion terkini agar produk rekomendasinya tidak ketinggalan zaman.

Nyatanya, konsistensi dan passion mampu mengantarkan Kartini hingga ada di titik saat ini. Kesuksesannya sebagai content creator di Shopee Affiliates Program tidak membuatnya merasa puas begitu saja. Justru, beragam dampak positif yang didapatnya membuat Kartini semakin semangat membuat konten. Kiat sukses Kartini ini pun juga bisa kamu tiru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Siapa tahu kamu bisa menjadi Kartini-Kartini berikutnya.

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI