Jadi Simbol Cinta yang Bertahan Hingga Sekarang, Cincin Lamaran Ternyata Punya Sejarah Panjang

Sabtu, 17 Juli 2021 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
Jadi Simbol Cinta yang Bertahan Hingga Sekarang, Cincin Lamaran Ternyata Punya Sejarah Panjang
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Setiap kali nonton film atau serial romantis, pasti sukses dibuat baper dengan adegan lamaran yang dibuat super manis. Nggak hanya kata-kata indah yang sukses bikin melting dari sang karakter pria, cincin berlian di jemari juga jadi momen yang bikin baper maksimal.

Yup, sampai sekarang kehadiran cincin lamaran memang jadi penyempurna momen saat ikatan cinta di antara sepasang kekasih. Biarpun sudah jadi hal yang nggak asing lagi, tapi tahu nggak sih kalau tradisi cincin tunangan ini ternyata punya sejarah yang panjang?

Bangsa Romawi Kuno Menggunakan Cincin Lamaran yang Terbuat dari Besi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menurut penelusuran, belum ada catatan pasti kapan cincin tunangan mulai digunakan. Dari cerita yang beredar banyak yang menyebut bangsa Mesir jadi yang pertama kali menerapkan tradisi cincin lamaran yang kemudian diadopsi oleh masyarakat Yunani kuno. 

Namun, catatan cincin tunangan baru ditemukan di zaman Romawi kuno. Sekitar abad kedua sebelum masehi, disebutkan bangsa Romawi kuno sering mengenakan cincin yang terbuat dari besi. Kebiasaan ini akhirnya mempengaruhi calon pengantin yang akan menikah.

Zaman Renaissance, Cincin Berlian Pertama Kali Digunakan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Memasuki zaman Renaissance, yaitu sekitar abad 14-17, penggunaan cincin berlian tercatat pertama kali digunakan di kalangan bangsawan dari Austria. Hal ini kemudian menjadi tradisi, di mana orang yang berasal dari kelas sosial yang lebih tinggi ingin memberikan cincin kepada orang yang mereka cintai.

Kampanye 4C pada Berlian Mulai Populer

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Setelah terjadi Perang Dunia I, popularitas cincin berlian sempat menurun bahkan mengalami penurunan harga yang cukup parah. Kabarnya, generasi muda sudah nggak lagi tertarik buat memiliki cincin tunangan.

Namun, popularitas berlian kembali meningkat di tahun 1938 sejak adanya kampanye 4C pada berlian yang meliputi Cut (model), Carat (karat), Color (warna) dan Clarity (kejernihan) yang digaungkan sebuah organisasi besar. Kampanye cincin berlian ini juga berusaha meyakinkan banyak orang bahwa cincin lamaran menjadi benda yang wajib sebelum menikah.

Di Abad Ke-21, Cincin Lamaran Jadi Tradisi Tersendiri

Memasuki abad ke-21, cincin lamaran sudah menjadi tradisi terutama di negara-negara barat. Benda tersebut menjadi simbol komitmen dan ikatan cinta yang suci. Berlian sendiri menjadi batu mulia yang banyak dipilih karena dianggap sebagai batu paling berharga yang bisa bertahan selamanya, sehingga menjadi makna tersendiri dalam ikatan cinta seseorang. 

Tradisi cincin lamaran pun menyebar ke berbagai negara di dunia, nggak terkecuali di Indonesia. Kini kehadiran cincin berlian dalam momen pertunangan atau seserahan pernikahan jadi hal yang banyak ditemui karena berlian dianggap sebagai simbol cinta tertinggi. 

Ingin mencari inspirasi cincin berlian wanita dengan desain elegan yang bisa menjadi simbol keabadian cintamu? Miss Mondial baru saja merilis koleksi terbarunya yaitu, Brilliant Rose yang sangat dikenal di seluruh dunia dan cocok diberikan buat si dia tercinta.

(c) Instagram/miss_mondial (c) Instagram/miss_mondial

Brilliant Rose memiliki desain yang menawan karena adanya irisan kesempurnaan, yaitu 66 facet di setiap butirnya. Facet berlian adalah bidang cermin datar yang membentuk tubuh berlian sehingga jika ada setiap cahaya yang mengenai berlian, facet ini akan memantulkannya. Facet yang lebih banyak pada Brilliant Rose bisa mengoptimalkan cahaya hingga setiap warna berlian terlihat satu tingkat lebih tinggi dari warna aslinya.

Modelnya yang simpel dan elegan terinspirasi dari gambar bunga mawar (Rosace) yang terukir di kaca patri jendela Gereja Katedral Notre Dame di Paris. Yang nggak kalah bikin terpukau, desain Brilliant Rose sangat unik dan ikonik karena dilengkapi dengan Precious Stone Ruby dan warna cincin white gold atau kombinasi white rose gold 18 karat. 

Koleksi Brilliant Rose dari Miss Mondial ini hadir dengan ukuran berlian mulai dari 0,3 carat dan memiliki 5 seri cincin tunangan berlian cantik yang bisa menyempurnakan momen spesialmu. Mulai dari Cellestial, Seraphine, Divina, Infini, hingga Elysia.

Jadi, siap menyempurnakan momen lamaran dengan Brilliant Rose dari Miss Mondial? Temukan inspirasi diamond engagement ring lainnya dengan follow Instagram @miss_mondial sekarang juga.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI