Jalani Prosesi Adat, Kahiyang Ayu Dapat Marga Batak 'Siregar'

Selasa, 21 November 2017 09:50 Penulis: Rahmi Safitri
Jalani Prosesi Adat, Kahiyang Ayu Dapat Marga Batak 'Siregar'
Bobby dan Kahiyang © allseasons-photo.com

Kapanlagi Plus - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, menikah dengan Muhammad Bobby Afif Nasution pada tanggal 8 November lalu di Solo. Selain mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia, pernikahan antara Kahiyang dan Bobby ini dianggap juga mempersatukan dua adat yang berbeda yaitu Jawa dan Batak. Seperti yang kita ketahui, Bobby berasal dari Medan.

Sesuai adat istiadat, jika seseorang dari suku Batak menikah dengan orang di luar suku tersebut, maka istri/suaminya akan mendapatkan marga dengan menjalani beberapa prosesi. Oleh karena itu, Kahiyang pun juga telah mendapatkan marga setelah resmi dinikahi Bobby yang berdarah Batak.

Dilansir dari Merdeka.com, Kahiyang menerima marga Siregar pada tanggal 21 November. Marga yang diberikan tersebut sesuai marga mertua perempuan Kahiyang, Ade Hanifah Siregar. Menurut paman Bobby, Erwan Nasution, prosesi pemberian marga kepada Kahiyang ini dilakukan di kediaman paman atau adik Kandung ibunda Bobby, di Medan, Sumatera Utara.

Bobby dan Kahiyang pose cute di InstaStory © instagram.com/ayanggkahiyangBobby dan Kahiyang pose cute di InstaStory © instagram.com/ayanggkahiyang

"Prosesnya kami keluarga Nasution, akan memintakan pada pamannya Bobby, Doddy Siregar, agar Kahiyang Ayu diberikan marga Siregar sesuai adat Mandailing. Pemberian marga dilakukan di rumah tulangnya," ujar Erwan Nasution, di Solo, beberapa waktu lalu.

Sesuai Adat Mandailing, setelah pemberian marga untuk Kahiyang akan dilakukan penyembelihan kerbau pada 23 November 2017. Keesokan harinya dilanjutkan prosesi adat Mangalo Alo dan lainnya. Untuk jumlah kerbau yang akan dipotong, Erwan belum tahu pastinya,  karena masih menunggu jumlah etnis yang akan menyumbang. Yang sudah pasti memberi bantuan kerbau adalah marga Nasution, Lubis dan Hasibuan. Erwan lalu menambahkan, prosesi adat akan dilakukan pada 24, 25 dan 26 November.

"Ini untuk menyambut kedatangan Bapak Jokowi dan menantu. Semua etnis akan kita undang untuk memeriahkan acara ini," pungkas Erwan.

Sementara itu pesta adat pada rangkaian acara ngunduh mantu Bobby-Kahiyang akan digelar di kediaman mempelai pria di Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah, Medan pada 24 dan 25 November 2017. Resepsi umum akan digelar di lokasi yang sama pada 26 November 2017.

(mdk/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI