Jangan Mudah Tersulut Hoax, Pastikan Konsumsi Berita dari Sumber Terpercaya!

Rabu, 22 Mei 2019 17:47 Penulis: Rezka Aulia
Jangan Mudah Tersulut Hoax, Pastikan Konsumsi Berita dari Sumber Terpercaya!
Tangkal persebaran hoax dengan konsumsi berita terpercaya. © Shutterstock


Kapanlagi Plus - Lini masa media sosial kini dipenuhi kabar tentang kondisi terakhir demonstrasi di Jakarta. Sejak Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2014 kondisi menjadi memanas. Berbagai informasi pun mengalir deras, hingga cukup sulit membedakan mana yang hoax dan nyata.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wens Manggut mengimbau agar masyarakat hanya mengonsumsi informasi dari sumber yang terpercaya. Dengan begitu kebenaran berita yang diakses pasti terjamin.

 

1. Media Professional

"Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoaks atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang dipercaya yaitu media massa," ujarnya dilansir dari Liputan6.

Menurut Wens Manggut, media massa memiliki wartawan yang profesional dalam menulis berita. Tak hanya itu saja, media massa memiliki sandar dan prosedur baku yang harus diikuit dalam menelusuri sebuah informasi sebelum mengabarkan pada masyarakat.

 

2. Selalu Verifikasi

"AMSI juga menghimbau kepada media massa, agar disiplin dalam melakukan verifikasi sebelum mempublikasi informasi yang beredar," ungkapnya.

Tak hanya masyarakat, AMSI juga menghimbau agar media massa tidak ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya, hoaks, dan bersama publik ikut menjaga keadaban bersama.

Reporter: Fairuz Fildzah/Asnida Riani

 

(kpl/lip/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI