Jarang Diketahui, Ternyata Setiap Isi dan Kulit Mooncake Ada Namanya

Jum'at, 10 September 2021 16:30 Penulis: Iwan Tantomi
Jarang Diketahui, Ternyata Setiap Isi dan Kulit Mooncake Ada Namanya
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Beberapa orang mungkin pernah makan atau mencicipi mooncake alias kue bulan. Kue yang jadi ikon perayaan Tiongciu atau Mid Autumn Festival ini selalu jadi buruan untuk disantap, terutama bagi masyarakat Tionghoa yang merayakannya.

Berbeda dengan kue pada umumnya, mooncake dibuat dengan amat spesial. Kue berbentuk bundar atau persegi ini punya bagian kulit yang dicetak dengan huruf-huruf Mandarin sarat makna, seperti umur panjang atau kesejahteraan.

Selain itu, mooncake juga punya isian yang padat dan liat, sehingga cukup bikin kenyang saat dimakan. Uniknya lagi, setiap isi mooncake ini ternyata ada namanya. 

Lotus Seed Paste

Pertama ada Lotus Seed Paste yang dikenal sebagai isian mooncake paling mahal. Ini karena bahan-bahan yang digunakan untuk isian pasta mooncake sangat mahal, bahkan kadang amat langka. Bahan-bahan tersebut biasanya dicampur dengan white kidney bean, yang menjadikan Lotus Seed Paste ini mewah dan super lezat.

Sweet Bean Paste

Selanjutnya ada Sweet Bean Paste yang sering dibuat dari Azuki Beans. Oleh karena tak semua daerah bisa ditemukan bahan untuk pasta tersebut, kadang digantikan dengan mung bean atau black bean. Sweet Bean Paste umumnya punya pasta berwarna hitam, sehingga sering juga disebut dou sha atau tau sa di Indonesia.

Jujube Paste

Ada pula Jujube Paste yang memiliki cita rasa manis. Seperti namanya, pasta mooncake ini dibuat dari buah matang dari tanaman Jujube. Warna pasta ini merah gelap, sedikit asam, serta ada aroma asapnya. Hanya saja, Jujube Paste kurang begitu terkenal di Indonesia, sehingga lebih jarang dijumpai.

Five Kernel

Keunikan dari isi pasta mooncake ini adalah penggunaan bahan sebanyak lima macam, baik berupa kacang-kacangan maupun biji-bijian. Bahan-bahan tersebut dicincang kasar, kemudian direkatkan di dalam mooncake menggunakan sirup maltose.

Sementara untuk bagian kulitnya, mooncake juga punya beberapa istilah penamaan. Mulai Cantonese-style yang paling banyak dijumpai di seluruh dunia; Suzhou-style yang berusia ribuan tahun; Beijing-style, Chaoshan-style, Ningbo-style, serta Yunnan-style yang punya rasa lebih manis.

Menariknya, di masa sekarang, menikmati mooncake tak harus menunggu Tiongciu tiba. Kamu bisa memesannya secara mudah dari rumah, lewat manisdansedap.com. Platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, menghadirkan banyak sekali pilihan mooncake lezat, seperti:

Mooncake Homemade

Credit: Manis dan Sedap/HomepatisserieCredit: Manis dan Sedap/Homepatisserie

Snowskin Mooncake

Credit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee BatamCredit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee Batam

Traditional Mooncake

Credit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee BatamCredit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee Batam

Teochew Mooncake

Credit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee BatamCredit: Manis dan Sedap/BISCOTTI Cakery & Coffee Batam

Gimana sudah tak sabar memesan mooncake favorit yang menggugah selera? Selain mooncake, manisdansedap.com juga menghadirkan beragam makanan lezat lainnya, baik yang bercita rasa manis maupun gurih.

Hal ini karena platform ini juga menjadi 'etalase' bagi para seller. Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI