Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara, Pahami Maknanya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara, Pahami Maknanya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Pertanyaan jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara mungkin saja pernah terbesit di pikiran kalian. Namun ternyata, perdamaian dunia memang memiliki andil besar dalam terwujudnya kemajuan sebuah bangsa.

Perdamaian dunia bisa jadi salah satu faktor terwujudnya kemajuan sebuah negara. Pasalnya perdamaian dunia bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kepentingan negara di dunia. Di antara peran penting jika perdamaian dunia tetap dilaksanakan dan dijaga seperti kestabilan ekonomi, kestabilan politik, hubungan internasional yang baik, ataupun keamanan yang terjaga.

Indonesia sendiri juga memiliki peran penting dalam mendorong perdamaian dunia salah satunya ikut tergabung dalam organisasi PBB. Sedangkan arti penting perdamaian dunia memang perlu diketahui. Karena itulah di bawah ini akan dibahas mengenai penjelasan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara. Berikut ulasannya tentang jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Seberapa Penting Perdamaian Dunia Bagi Sebuah Negara?

Perdamaian dunia memberi sumbangsih penting bagi kemajuan sebuah negara. Pasalnya dengan adanya perdamaian dunia, maka kemajuan negara bisa diwujudkan. Karena itulah perdamaian dunia bagi sebuah negara hakikatnya bisa memberikan kesejahteraan dan kestabilan ekonomi ataupun sosial. Lalu apa arti perdamaian dunia?

Arti penting perdamaian dunia adalah gagasan kebebasan, perdamaian, kebahagiaan seluruh negara ataupun bangsa. Perdamaian dunia menjadi cita-cita, harapan dan impian setiap negara untuk mewujudkan kehidupan dunia yang damai, aman dan tentram. Karena itulah, di Indonesia perdamaian dunia juga tercantum dalam Pembukaan Undang-Udang Dasar 1945 (UUD 45).

Adapun bunyi pembukaan UUD 45 terkait peran Indonesia dalam perdamaian dunia yakni, "....Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,"

Perdamaian dunia dimaksudkan untuk mencegah dan menyelesaikan konflik perang yang terjadi secara global serta mengancam perdamaian dan keamanan negara di dunia. Seperti diketahui, dunia pernah menghadapi kejadian luar biasa terkait dengan perang dunia I dan perang dunia II. Perang dunia II terjadi pada tahun 1939 hingga 1945. Dalam perang dunia II tersebut terbagi dalam dua kubu yakni blok barat dan blok Timur.

Dampak perang dunia I ataupun perang dunia II begitu luar biasa di berbagai bidang baik budaya, ekonomi, ataupun sosial. Hal tersebut tak hanya merugikan negara yang terlibat konflik namun juga mengancam keamanan dan perdamaian dunia. Sebab itulah pentingnya perdamaian dunia bagi sebuah negara.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Negara

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara memang memberi dampak besar. Pasalnya dengan adanya perdamaian dunia, maka kestabilan dan keamanan negara di dunia akan terjaga. Karena itulah dengan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara bisa berdampak besar terhadap berbagai bidang baik ekonomi, sosial, ataupun politik. Lalu jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara?

Pertanyaan tentang jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara mungkin saja pernah kalian jumpai. Sedangkan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara dapat berdampak pada beberapa hal. Adapun arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Hubungan internasional antar negara dapat terjalin dengan baik dan stabil.

2. Berperan penting dalam pembangunan dan kemajuan sebuah negara.

3. Menjaga kestabilan politik sebuah negara.

4. Menjaga kestabilan ekonomi sebuah negara.

5. Menjaga keamanan sebuah negara.

Itulah sekiranya jawaban dari pertanyaan jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara. Di mana pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan sebuah negara perlu selalu dijaga bahkan diwujudkan.

3. Makna dan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Negara

Setelah tahu beberapa poin penting dari pertanyaan jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara, maka penjelasan lengkapnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Adapun makna dan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara sebagaiĀ  berikut.

1. Hubungan Internasional Antar Negara Dapat Terjalin Dengan Baik Dan Stabil

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara yang pertama adalah terjalinnya hubungan internasional antar negara yang baik serta stabil. Hubungan internasional antar negara memungkinkan setiap negara dapat melakukan hubungan baik dan Kerjasama di berbagai bidang yakni ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan seterusnya. Sehingga dapat mendukung pembangunan dan kemajuan sebuah negara dari adanya hubungan internasional tersebut.

2. Perang Penting dalam Pembangunan dan Kemajuan Sebuah Negara

Perdamaian dunia juga berdampak penting bagi pembangunan dan kemajuan sebuah negara. Sebab dengan adanya perdamaian dunia maka sebuah negara bisa mewujudkan dan melaksanakan program ataupun pembangunan untuk kepentingan negaranya tanpa adanya ancaman konflik ataupun perang. Karena itulah ini menjadi salah satu jawaban dari jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

3. Menjaga Kestabilan Politik Sebuah Negara

Salah satu faktor penyebab terancamnya perdamaian dunia bisa terjadi karena persoalan politik. Nah, karena itulah apabila perdamaian dunia dapat dilaksanakan dengan baik maka bisa menjaga kestabilan politik sebuah negara. Dengan adanya perdamaian dunia tersebut tidak memicu ketegangan politik antar negara serta politik luar negeri. Di Indonesia sendiri menerapkan politik bebas aktif sebagai bentuk peran dalam perdamaian dunia.

4. Menjaga Kestabilan Ekonomi Sebuah Negara

Tak hanya politik, bidang ekonomi dengan adanya perdamaian dunia juga bisa stabil. Karena itulah kemajuan sebuah negara bisa diwujudkan jika kestabilan ekonomi berjalan dengan baik. Sebab itulah pentingnya perdamaian dunia untuk menjaga kestabilan ekonomi sebuah negara dalam mendukung peningkatan atau laju ekonomi.

5. Menjaga Keamanan Sebuah Negara

Arti penting perdamaian dunia berikutnya adalah dapat menjaga keamanan sebuah negara. Ya, adanya perdamaian dunia bisa menciptakan keamanan negara yang baik. Selain itu dengan terjaganya keamanan tersebut, maka sebuah negara akan terhindar dari persoalan konflik ataupun peperangan.

4. Fungsi dan Tujuan PBB dalam Perdamaian Dunia

Beberapa penjelasan tentang arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara di atas penting kalian ketahui. Nah, beberapa negara di dunia juga tergabung dalam sebuah organisasi yang memiliki tujuan dan fungsi dalam perdamaian dunia. Organisasi tersebut Bernama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dibentuk setelah Perang Dunia Kedua. Ada 51 negara yang tergabung dalam organisasi PBB termasuk Indonesia. Tujuan dan fungsi PBB pada dasarnya berperan dan memiliki komitmen dalam menjaga perdamaian dunia serta keamanan dunia. Berikut ini fungsi dan tujuan PBB dalam perdamaian dunia.

Fungsi PBB dalam Perdamaian Dunia

- Memberikan perlindungan kepada anggota (negara-negara) yang tergabung.

- Wadah atau forum menjalin persahabatan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

- Sarana menyampaikan nilai serta norma kepada anggota (negara-negara) yang tergabung.

- Mengendalikan konflik yang terjadi di antara anggota (negara-negara) yang tergabung untuk mencegah ketegangan bahkan peperangan antar anggota PBB.

- Membina dan mendorong Kerjasama di segala bidang antar bangsa dunia.

- Memfasilitasi perundingan antar negara untuk membentuk hukum (sifatnya khusus atau umum)

- Menyelesaikan masalah secara hukum apabila terjadi pada anggota (negara-negara) yang tergabung agar tak berlarut-larut untuk kestabilan perdamaian dan keamanan dunia.

Tujuan PBB

- Menjaga perdamaian dunia.

- Mengembangkan hubungan persahabatan dengan bangsa-bangsa lainnya.

- Memecahkan berbagai persoalan yang terjadi secara global atau internasional di berbagai bidang.

- Pusat penyelarasan bangsa-bangsa di dunia.

5. Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Selain itu ada peran Indonesia dalam perdamaian dunia yang juga memberikan sumbangsih penting bagi kestabilan dan keamanan negara. Nah, berikut ini peran Indonesia dalam perdamaian dunia yang juga menjadi cita-cita, harapan dan keinginan bersama tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

- Indonesia telah bergabung dengan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

- Indonesia memiliki peran dalam diadakannya Konferensi Colombo tahun 1954 dan Konferensi Bogor di tahun yang sama.

- Indonesia memiliki peran dalam Konferensi Asia-Afrika (KAA).

- Indonesia juga tergabung dalam UNEF (United Nations Emergency Forces) serta membentuk Misi Garuda.

- Indonesia memiliki peran dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)

- Indonesia tergabung dan berperan dalam organisasi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

- Indonesia juga terlibat dalam Gerakan Non Blok (GNB)

Itulah beberapa peran Indonesia dalam perdamaian dunia. Selain itu semoga dengan ulasan di atas dapat membantu kalian memahami arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

Sumber: Liputan6.com dan sumber lainnya

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending