Kebugaran Jasmani Adalah Kemampuan Tubuh Mengatasi Beban Fisik, Pahami Manfaat Menjaganya

Selasa, 12 Januari 2021 16:22 Penulis: Puput Saputro
Kebugaran Jasmani Adalah Kemampuan Tubuh Mengatasi Beban Fisik, Pahami Manfaat Menjaganya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani adalah suatu keharusan. Pasalnya, tubuh yang tidak sehat bugar akan lebih mudah terjangkit penyakit. Untuk itu, kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, berbagai jenis aktivitas fisik seperti olahraga dan latihan fisik perlu dilakukan demi kebugaran jasmani yang terjaga.

Bukan saja demi kesehatan, kebugaran jasmani juga erat kaitannya dengan daya atau kekuatan. Artinya ketika kebugaran jasmani terjaga, tubuh kita juga akan terasa lebih segar dan kuat. Namun sayangnya, menjaga kebugaran jasmani adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Kita harus bisa konsisten dalam menjalani pola hidup sehat di keseharian.

Menjaga kebugaran jasmani adalah hal yang penting. Untuk itu kita perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang apa itu kebugaran jasmani. Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Kebugaran Jasmani Adalah

Kebugaran jasmani menjadi hal yang tentu sudah tidak asing lagi. Meski demikian, nyatanya masih banyak yang belum paham apa itu yang dimaksud dengan kebugaran jasmani. Secara umum, kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap beban fisik yang ditanggung saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Perlu dipahami bahwa setiap orang mempunyai tingkat kebugaran jasmani yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada kondisi serta kekuatan fisik yang merupakan hasil dari aktivitas fisik dan latihan. Seseorang dengan kebugaran rendah akan cenderung lebih cepat merasa kelelahan dan tidak bertenaga. Itulah sebabnya penting untuk melatih kekuatan fisik dengan berolahraga.

2. Komponen Kebugaran Jasmani

Untuk memahami kebugaran adalah hal penting dalam menjaga kesehatan, tidak cukup dengan mengerti pengertiannya saja. Pasalnya, dalam menjaga kebugaran jasmani ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa hal ini merupakan komponen-komponen penting dalam kebugaran jasmani. Adapun beberapa komponen kebugaran jasmani adalah sebagai berikut.

1. Kekuatan
Kekuatan otot merupakan salah satu komponen dalam kebugaran jasmani. Seperti yang kita tahu kekuatan otot di tubuh kita digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk melatih otot bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas fisik seperti angkat beban, squat jump, sit up, push up, dan sebagainya.

2. Kelenturan
Kelenturan juga jadi salah satu komponen kebugaran jasmani. Tubuh yang lentur akan mengurangi risiko cedera. Untuk melatih kelenturan tubuh salah satunya bisa dengan melakukan yoga.

3. Kecepatan
Komponen kebugaran jasmani berikutnya yaitu kecepatan. Komponen ini meliputi kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan secara berkelanjutan dalam kurun waktu yang singkat. Latihan kecepatan bisa dilakukan dengan lari.

4. Kelincahan
Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan atau mengubah posisi tubuh dalam tempo yang cepat. Salah satu jenis olahraga yang melatih kelincahan adalah bulu tangkis.

5. Keseimbangan
Keseimbangan juga menjadi komponen kebugaran jasmani yang harus selalu dilatih. Caranya bisa dengan melakukan senam atau yoga.

6. Ketepatan
Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan suatu gerakan pada suatu sasaran. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih ketepatan, misalnya memanah, bowling, sepak bola, dan basket.

7. Koordinasi
Komponen koordinasi dalam kebugaran jasmani adalah kemampuan mengkoordinasi anggota tubuh dengan baik. Kemampuan koordinasi ini bisa dilatih dengan melakukan latihan menggunakan bola tenis. Caranya mudah, pantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan lalu tangkap pantulan bola dengan tangan kiri. Lakukan berulang dengan tangan berkebalikan.

8. Reaksi
Pengertian komponen reaksi adalah kemampuan seseorang dalam melakukan tindakan secepat mungkin sebagai reaksi atas rangsangan indera. Reaksi bisa dilatih dengan latihan lempar tangkap bola.

3. Cara Menjaga Kebugaran Jasmani

Seperti yang disinggung sebelumnya, menjaga kebugaran jasmani adalah hal yang susah-susah gampang. Meski begitu, hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Ada beberapa cara menjaga kebugaran jasmani, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mengonsumsi makanan bergizi dan memastikan asupan nutrisi dalam tubuh seimbang.

2. Melakukan olahraga secara rutin.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

4. Istirahat yang cukup.

5. Konsumsi air putih yang cukup.

6. Menghindari rokok, junk food. dan alkohol.

7. Menghindari stress.

4. Manfaat Kebugaran Jasmani

Selain melatih kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan komponen-komponen kebugaran lainnya, menjaga kebugaran jasmani akan membawa sejumlah manfaat bagi tubuh. Adapun manfaat kebugaran jasmani adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Obesitas
Latihan kebugaran jasmani bisa jadi kegiatan yang efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, selain untuk tujuan kesehatan, banyak orang melakukan latihan kebugaran jasmani demi mendapatkan bentuk tubuh ideal. Jangka panjang, latihan kebugaran jasmani juga akan mencegah obesitas yang dapat mengancam kesehatan.

2. Terhindar dari Penyakit
Secara umum, latihan kebugaran jasmani memang dapat menjaga kesehatan. Apabila dilakukan secara rutin, latihan kebugaran jasmani akan melatih jantung bekerja secara efisien, sehingga peredaran darah berjalan lancar. Tanpa disadari hal ini akan berdampak baik pada kesehatan tubuh, serta menjauhkan kita dari ancaman penyakit mematikan seperti jantung, stroke, hipertensi, dan sejenisnya.

3. Mencegah Kanker
Sama halnya jantung, kanker juga jadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Untungnya, risiko terkena kanker juga bisa diminimalisir dengan melakukan latihan kebugaran jasmani. Tentunya, disertai dengan konsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat.

4. Menjaga Suasana Hati
Bagi sebagian orang, olahraga menjadi hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, olahraga memang bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Tak heran berolahraga bisa membuat seseorang merasa lebih tenang dan bahagia.

5. Sebagai Latihan Mengatur Energi
Berolahraga juga bisa jadi cara bagi seseorang untuk berlatih mengendalikan sumber tenaga atau energi dalam dirinya. Sebab, saat melakukan olahraga atau latihan kebugaran, kita diajarkan untuk mengetahui kapasitas dan kemampuan. Tidak dianjurkan untuk memaksakan diri, sebab justru bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan.

Itulah di antaranya ulasan mengapa kebugaran jasmani adalah hal yang wajib dijaga. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI