Pengertian Kebugaran Jasmani dan 10 Komponennya, Ketahui Cara Menjaga dan Manfaatnya bagi Tubuh

Senin, 16 November 2020 16:13 Penulis: Puput Saputro
Pengertian Kebugaran Jasmani dan 10 Komponennya, Ketahui Cara Menjaga dan Manfaatnya bagi Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kebugaran jasmani jadi hal yang penting untuk selalu dijaga. Oleh karena itu, beberapa orang rutin melakukan berbagai latihan dan kegiatan fisik, seperti berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih fit dan tidak mudah terjangkit penyakit. Selain kondisi kesehatan yang stabil, latihan kebugaran jasmani juga akan membuat tubuh terasa lebih segar.

Selain latihan fisik, kebugaran jasmani seseorang juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya makanan yang dikonsumsi. Tentu, sudah jadi rahasia umum bahwa jika makanan bernutrisi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebaliknya, ada beberapa jenis makanan yang bisa mengganggu kesehatan tubuh karena mengandung zat-zat berbahaya.

Meski penting, nyatanya masih ada banyak orang yang belum mengerti apa itu kebugaran jasmani dan bagaimana cara menjaganya. Agar lebih paham, simak ulasan berikut mengenai kebugaran jasmani, yang dirangkum dari bola.com.

1. Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap beban fisik yang ditanggung saat melakukan kegiatan sehari-hari. Kebugaran jasmani setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan kekuatan fisik masing-masing. Itulah sebabnya, orang rajin berolah raga atau melakukan latihan fisik cenderung lebih kuat dan tidak mudah kelelahan. Jika dibandingkan dengan yang jarang berolahraga.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebugaran jasmani bisa dijaga salah satunya dengan rutin melakukan latihan. Selain bermanfaat melatih kekuatan, latihan kebugaran jasmani juga akan berdampak baik untuk kesehatan. Terbukti, orang dengan kebugaran jasmani yang terjaga relatif lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

2. Komponen Kebugaran Jasmani

Untuk mendapatkan jasmani atau tubuh yang bugar, ternyata ada beberapa komponen yang harus terpenuhi. Komponen ini ini bisa dilatih dengan beberapa gerakan atau bentuk latihan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Kekuatan

Kekuatan otot jadi salah satu hal yang penting dalam kebugaran jasmani. Sebab, otot-otot tubuh khususnya bagian tangan dan kaki selalu digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Kekuatan otot tangan dan kaki bisa dilatih dengan latihan angkat beban, squat jump, sit up, push up, dan sebagainya.

3. Komponen Kecepatan
Selain kekuatan, kecepatan juga jadi komponen kebugaran jasmani. Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan secara berkelanjutan dalam kurun waktu yang singkat. Kecepatan juga diperlukan dalam berbagai kegiatan sehari-hari maupun olaharaga, seperti jalan cepat atau lari jarak pendek.

4. Kelenturan
Komponen kebugaran jasmani berikutnya yaitu kelenturan. Tubuh yang lentur akan menjauhkan seseorang dari risiko cedera, baik saat olahraga maupun saat melakukan aktivitas harian. Oleh karena itu, latihan-latihan kelenturan seperti yoga dan senam juga tak kalah penting untuk dilakukan.

5. Keseimbangan
Untuk mendapatkan jasmani yang bugar, keseimbangan juga perlu dilatih. Keseimbangan meliputi kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan-gerakan yang dia lakukan, sehingga bisa berjalan dengan baik dan benar. Salah satu cara untuk melatih keseimbangan juga bisa dilakukan dengan senam atau yoga.

6. Kelincahan
Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan atau mengubah posisi tubuh dalam tempo yang cepat. Beberapa kegiatan olahraga memerlukan kelincahan tinggi, di antaranya bulu tangkis.

7. Koordinasi
Komponen kebugaran jasmani berikutnya yaitu kemampuan mengkoordinasi anggota tubuh dengan baik. Kemampuan koordinasi ini bisa dilatih dengan melakukan bola tenis. Pantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kiri begitu juga sebaliknya.

8. Reaksi
Reaksi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan tindakansecepat mungkin sebagai bentuk menanggapi suatu rangsangan indera. Satu di antara latihan yang dapat meningkatkan reaksi adalah olahraga tangkap bola.

9. Ketepatan
Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan suatu gerakan pada suatu sasaran. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketepatan, antara lain memanah, bowling, sepak bola, dan basket.

10. Kekuatan Otot
Kekuatan otot merupakan kemampuan seseorang dalam memakai kekuatan maksimal dalam waktu singkat. Hal ini sangat berkaitan dengan proses pemenuhan energi. Ada beberapa jenis latihan yang bisa digunakan untuk melatih kekuatan otot, seperti vertical jump, front jump, dan side jump.

3. Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kebugaran jasmani ialah dengan melakukan berbagai latihan. Dengan latihan-latihan tersebut, komponen-komponen kebugaran jasmani akan terpenuhi. Namun, ternyata masih ada beberapa manfaat lain dari latihan kebugaran jasmani, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Terhindar dari Penyakit
Latihan kebugaran yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat bugar. Latihan kebugaran atau olahraga membuat jantung bekerja secara efisien, sehingga peredaran darah berjalan lancar. Hal ini akan sangat menyehatkan tubuh, menjauhkan seseorang dari risiko penyakit mematikan seperti jantung, stroke, hipertensi, dan sebagainya.

2. Mencegah Kanker
Selain jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya, kanker juga jadi salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti. Namun tak perlu khawatir, risiko terkena kanker juga bisa dihindari dengan rutin melakukan latihan kebugaran atau berolahraga.

3. Menjaga Suasana Hati dan Sumber Energi
Bagi sebagian orang, olahraga menjadi hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, olahraga memang bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Alhasil, mood atau suasana hati juga cenderung meningkat setelah berolahraga. Selain itu, olahraga juga bisa jadi cara seseorang melatih diri dalam mengendalikan sumber tenaga atau energi dalam dirinya.

4. Mencegah Obesitas
Latihan kebugaran jasmani bisa jadi kegiatan yang efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Tak heran, selain untuk sehat banyak orang melakukannya demi mendapatkan bentuk tubuh ideal. Jangka panjang, latihan kebugaran jasmani juga akan mencegah obesitas.

Itulah di antaranya ulasan mengenai kebugaran jasmani, mulai dari pengertian, komponen, hingga manfaat latihannya. Semoga bermanfaat dan menambah motivasi kalian untuk menjaga kesehatan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI