Kehidupan Guru Ini Berubah Setelah Sulap Rajungan Jadi Kerupuk dan Pempek

Kamis, 21 Januari 2021 08:30 Penulis: Iwan Tantomi
Kehidupan Guru Ini Berubah Setelah Sulap Rajungan Jadi Kerupuk dan Pempek
credit: Adira Finance

Kapanlagi Plus - Tak sedikit contoh, kesuksesan bisa mengubah hidup seseorang. Hal inilah yang dirasakan oleh Dewi Fatimah. Namanya banyak menjadi sorotan, setelah menjadi pemenang Kreatif Lokal Award 2020 kategori kuliner. Dewi merupakan pemilik sekaligus pendiri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dewi Home Crab.

UMKM tersebut dipilih sebagai juara oleh para juri di ajang tersebut, karena unik. Betapa tidak, Dewi mampu meningkatkan nilai jual ekonomi dari daging rajungan, dengan menyulapnya menjadi kerupuk hingga pempek rajungan. Bahkan, juri menilai jika Dewi Home Crab masih belum memiliki kompetitor, sehingga inovasi yang dihadirkannya benar-benar patut diacungi jempol.

Selain Pebisnis, Dewi Fatimah Juga Seorang Guru

Menariknya, dalam sesi bincang-bincang di acara Konser Amal Kreatif Lokal yang diadakan pada 16 Januari 2021, Dewi menyebutkan selain menjalankan usaha UMKM, ia juga seorang guru.

"Sebenarnya saya juga seorang guru, jadi saya berbagi tugas dengan suami. Ketika saya mengajar, suami yang mengawasi proses produksi Dewi Home Crab di rumah. Baru nanti sepulang dari sekolah, saya yang melanjutkan peran untuk quality control, karena kita kan usaha rumahan," jelasnya.

Awali Usaha dengan Modal Awal Rp5 Juta

credit via instagram.com/dewihomecrab_25credit via instagram.com/dewihomecrab_25

Jauh sebelum meraup kesukesan seperti sekarang, Dewi mengalami usahanya pada 2010 dengan modal pas-pasan. Jatuh bangun merintis usaha pun pernah ia rasakan. Sampai akhirnya usaha tersebut berjalan, bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

"Pada 2010 lalu, kami mengawali usaha ini dengan modal Rp5 juta. Dengan modal seadanya, jatuh bangun merintis bisnis kami rasakan. Namun, kami tak berputus asa. Pelan tapi pasti, Dewi Home Crab berkembang, hingga dapat mempekerjakan masyarakat di Desa Kramat," kata Dewi mengungkapkan dampak usahanya bagi penduduk sekitar di Banten.

Kini total jumlah karyawan Dewi Home Crab sebanyak 150 orang. Menurut Dewi di rumah produksi ada 40 karyawan, lalu ada supplier 20 karyawan. Menariknya, mayoritas yang bekerja usia remaja sampai ibu-ibu. Langkah yang diambil Dewi Home Crab pun setidaknya sudah berkembang, dan meringankan beban ekonomi juga. Bahkan, Dewi juga menyediakan ruang bermain untuk anak-anak, yang ikut orangtuanya bekerja di Dewi Home Crab.

Masih Berharap Bisa Buka Lapangan Kerja Lebih Banyak

credit via instagram.com/dewihomecrab_25credit via instagram.com/dewihomecrab_25

Meski sudah sesukses sekarang, tetapi harapan Dewi Fatimah untuk membantu lebih banyak orang di sekitar tempat usahanya, masih sangat besar. Terlebih ia mengakui, jika dampak kemenangan dari Kreatif Lokal Award 2020 yang diadakan oleh Adira Finance begitu luar biasa.

"Dampaknya luar biasa, banyak yang order, ekspor jadi banyak permintaan, meningkat tambah reseller. Bahkan limbahnya pun bisa dimanfaatkan, menemukan buyers langsung, pakainya skala ton, kini sudah dapat 3 pabrik yang mengolah limbah rajungan. Selama ini sebagai umpan pakan bebek saja, tapi sekarang semuanya bermanfaat untuk mereka. Kita sudah bisa menambah karyawan juga," ungkap Dewi.

Dewi pun mengungkapkan jika ia ingin membuka lapangan pekerjaan lebih banyak, terutama di wilayah Tangerang. "Kalau ditanya harapan ke depan, sebenarnya kita ingin bisa membuka lapangan kerja terus, khususnya di wilayah Tangerang. Jadi, memperkecil pengangguran, khususnya bagi mereka yang tingkat pendidikannya rendah, karena kita tak memperioritaskan harus punya ijazah," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewi juga mengungkapkan jika usahanya kini juga sudah menjangkau pasar ekspor. "Sementara kita kirim ke pabrik, karena kita tak punya sistem pengalengan, harapannya tetap ke Eropa dan ASEAN tetap berjalan terutama di masa pandemi," pungkasnya.

Acara Konser Amal Kreatif Lokal menghadirkan rangkaian keseruan, berupa bincang-bincang bersama para pemenang Kreatif Lokal Award 2020. Selain itu, puncak acara Festival Kreatif Lokal 2020 tersebut juga mengadakan workshop bersama para ikon kreatif, seperti Chef Yuda Bustara, Leka Putra dan Nonita Respati. Ada pula hiburan dari artis ternama, seperti Enda dan Oncy UNGU, Denny Caknan serta Siti Badriah.

Sesuai namanya, acara tersebut juga melakukan aktivitas amal dengan menghimpun donasi secara online lewat scan QRIS Code yang muncul pada layar sepanjang acara Konser Amal Kreatif Lokal berlangsung. Dana yang terkumpul digunakan untuk membantu para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI