Keistimewaan Kelahiran Jumat Wage, Ketahui Juga Keberuntungannya dalam Hal Rezeki - Asmara

Diterbitkan:

Keistimewaan Kelahiran Jumat Wage, Ketahui Juga Keberuntungannya dalam Hal Rezeki - Asmara
Ilustrasi Kelahiran Jumat Wage (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Menurut Primbon Jawa, waktu kelahiran atau yang biasa disebut weton seseorang diyakini akan mempengaruhi jalan hidupnya. Dalam budaya Jawa, Jumat Wage menjadi salah satu hari yang penuh berkah. Seorang yang lahir pada hari Jumat Wage sering kali dianggap mempunyai berbagai keistimewaan yang berguna dalam hidup.

Ya, dalam budaya Jawa tradisional, weton memang diyakini punya peran penting di kehidupan seseorang. Weton dipercaya bisa menunjukkan karakter hingga prediksi peruntungan seseorang selama hidup. Lantas, bagaimana dengan seseorang dengan kelahiran Jumat Wage, kira-kira seperti apa watak, peruntungan, dan nasibnya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Neptu Jumat Wage

Dalam ranah Primbon Jawa, keberuntungan dan keistimewaan yang dibawa suatu hari kelahiran atau weton berkaitan erat dengan neptu. Adapun neptu merupakan hasil penjumlahan dari nilai hari kelahiran dan pasaran Jawa. Ya, setiap hari lahir dan Pasaran Jawa dalam Primbon diyakini memiliki nilai-nilai masing-masing.

Neptu nantinya juga bisa dipergunakan untuk melakukan sejumlah ramalan atau prediksi Primbon Jawa. Melalui berbagai metode hitungan, seseorang bisa meramal atau memprediksi nasib semasa hidup mulai dari watak, rezeki, sampai jodoh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui neptu kelahiran Jumat Wage.

Untuk mengetahui neptu dari Jumat Wage, simak uraian berikut.

Nilai-nilai dari hari lahir menurut Primbon Jawa:

- Hari Minggu bernilai 5

- Hari Senin bernilai 4

- Hari Selasa bernilai 3

- Hari Rabu bernilai 7

- Hari Kamis bernilai 8

- Hari Jumat bernilai 6

- Hari Sabtu bernilai 9.

Sementara itu, setiap pasaran Jawa juga memiliki nilai-nilai tersendiri yang unik. Berikut nilai dari setiap pasaran dalam kalender Jawa:

- Pasaran Legi bernilai 5

- Pasaran Pahing bernilai 9

- Pasaran Pon bernilai 7

- Pasaran Wage bernilai 4

- Pasaran Kliwon bernilai 8.

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa diketahui bahwa weton Kamis Pahing mempunyai neptu berjumlah 10. Neptu tersebut merupakan hasil dari:

6 (nilai hari lahir Jumat) + 4 (nilai pasaran Jawa Wage) = 10.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Keistimewaan Kelahiran Jumat Wage

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, setiap weton dalam kalender Jawa mempunyai keistimewaannya masing-masing. Adapun di antara keistimewaan itu bisa dilihat dari sifat dan bagaimana cara seseorang hidup.

Untuk kelahiran Jumat Wage menurut Primbon Jawa, terlahir dengan sifat "Laku Pandita". Sifat tersebut yang menggambarkan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Orang-orang yang lahir pada hari ini sering kali mendapatkan penghargaan dan penghormatan dari orang lain karena kecerdasan mereka yang luar biasa.

Selain itu, kelahiran Jumat Wage juga punya keistimewaan karena memiliki sifat baik. Pemilik weton Jumat Wage sering digambarkan sebagai individu yang penuh kasih, suka membantu sesama dengan tulus, dan selalu berpegang pada prinsip kejujuran. Kombinasi sifat-sifat positif ini memberikan kesan tenang dan bijaksana, sehingga membuat mereka tampak bersinar di mata orang lain.

3. Sifat Negatif Kelahiran Jumat Wage

Namun sebagaimana orang biasa, seseorang dengan kelahiran Jumat Wage juga memiliki beberapa sifat kurang baik. Salah satunya, weton Jumat Wage cenderung bersifat sombong. Sifat sombong weton Jumat Wage dipicu karena terlalu tingginya rasa percaya diri, sehingga kadang memandang remeh orang lain.

Sifat buruk, weton Jumat Wage lainnya adalah hati mereka yang sensitif. Pemilik weton Jumat Wage akan cenderung sulit untuk memaafkan orang lain yang menyakiti dirinya. Tak berhenti di situ, pemilik weton Jumat Wage menyimpan dendam, terlebih saat dikhianati.

4. Rezeki Kelahiran Jumat Wage

Dalam ajaran Primbon Jawa, peruntungan setiap weton dihubungkan dengan jumlah neptunya. Sayangnya berdasarkan hitungan, weton Jumat Wage terkenal dengan neptu yang relatif rendah, yaitu 10. Hasil itu didapat dari menjumlahkan nilai Jumat sebesar 6 dan nilai pasaran Wage sebesar 4.

Neptu yang rendah membuat pemilik weton Jumat Wage mungkin menghadapi tantangan finansial yang berarti. Menurut Primbon Jawa seorang dengan kelahiran Jumat Wage diprediksi akan mengalami masalah finansial di usia 30 hingga 35 tahun. Namun, penting untuk diingat bahwa kesulitan finansial dianggap sebagai ujian dalam hidup yang bersifat sementara dan dapat diatasi dengan kerja keras.

Alih-alih meratapi kemalangan dalam hal rezeki, Seorang dengan kelahiran Jumat Wage sebaiknya tetap berfokus pada karier yang dibangun. Pasalnya, sifat-sifat positif mereka seperti kerja keras, kejujuran, dan kedisiplinan merupakan kunci untuk mengatasi masalah finansial dan meningkatkan rezeki yang terhambat.

Sejumlah pekerjaan dipercaya cocok untuk mereka yang lahir Jumat Wage. Menurut Primbon, mereka akan cocok dengan pekerjaan yang memerlukan ketekunan, seperti menjadi guru, petani, peternak, dan berbagai pekerjaan rutin lainnya.

5. Asmara Jumat Wage

Dalam hal percintaan dan asmara, seseorang dengan kelahiran Jumat Wage yang memiliki neptu 10 diyakini cocok dengan mereka yang memiliki neptu antara 14 atau 9. Weton-weton yang memiliki neptu 14 dan 19 meliputi orang-orang yang lahir pada hari Sabtu Legi, Minggu Wage, Rabu Pon, Senin Legi, Jumat Kliwon, atau Minggu Pahing.

Apabila seseorang dengan weton Jumat Wage menjalin hubungan dengan individu yang memiliki weton-weton tersebut, diyakini bahwa pernikahan mereka akan berjalan dengan harmonis dan langgeng. Keduanya dipercaya bisa saling melengkapi dan membahagiakan satu sama lain. Sehingga rumah tangga berjalan harmonis dan adem ayem.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan terkait keistimewaan kelahiran Jumat Wage. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending