Kenapa Sih Anak Muda Perlu Banget Bikin Target Finansial?

Selasa, 24 Agustus 2021 18:00 Penulis: Iwan Tantomi
Kenapa Sih Anak Muda Perlu Banget Bikin Target Finansial?
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Seiring bertambahnya usia, target hidup setiap orang berbeda-beda. Misalnya saja, dari yang sekadar ingin beli mainan mobil-mobilan saat masih kecil, ketika beranjak dewasa mulai tertarik ingin punya mobil sendiri. Atau dari yang semasa anak-anak suka banget bikin baju bagus buat boneka Barbie favorit, saat sudah dewasa ingin pakai gaun mewah sungguhan.

Apapun keinginannya, perlu dibikin target yang jelas, terutama jika sudah berpenghasilan sendiri, agar tak sekadar jadi mimpi. Jangan sampai malah merepotkan orang tua untuk mewujudkannya. Meski begitu, untuk mewujudkan target finansial ini tak harus menunggu mapan dulu. Selama ada kemauan dan komitmen, bisa banget diwujudkan pelan-pelan dari sekarang.

Lantas, kenapa sih anak muda perlu banget bikin target finansial?

Latihan Hidup Mandiri

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Cepat atau lambat, hidup mandiri ini harus disadari dan dijalani oleh anak-anak muda. Ini karena tak bisa terus-terusan menggantungkan hidup kepada orang tua. Makanya sejak menerima penghasilan pertama, jangan dihabiskan sekadar menuruti sifat impulsif untuk belanja atau senang-senang saja.

Ingat, kamu harus hidup hingga sebulan ke depan atau sampai gajian berikutnya datang. Dengan bikin target finansial yang pasti, kamu bisa mulai latihan hidup mandiri. Jadi, gaji yang diterima benar-benar bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri, tanpa lagi minta saku dari orang tua atau terpaksa utang ke teman karena gaji habis duluan di tengah bulan.

Wujudin Mimpi-Mimpi Lama Tanpa Harus Merepotkan Orang Tua

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Selain itu, dengan membuat target finansial, kamu juga bisa mewujudkan mimpi-mimpi lama yang mungkin tak bisa kamu minta ke orang tua, karena kondisi finansial keluarga yang pas-pasan. Misalnya, ingin membeli motor baru agar mobilitas kerja jadi lebih lancar, membeli laptop atau smartphone yang dapat menunjang produktivitas kerja, atau hal-hal bermanfaat lainnya.

Prioritaskan mana mimpi yang ingin kamu wujudkan lebih dulu. Kemudian, tentukan berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. Setelah terkumpul sesuai target, barulah beli barang yang kamu idam-idamkan tersebut.

Modal untuk Menyongsong Masa Depan

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Manfaat lainnya dari bikin target finansial sejak muda adalah menyiapkan masa depan yang lebih cerah. Suatu hari kamu akan menikah, dan tentu saja menikah ini butuh modal. Paling tidak, kamu mulai menyisihkan dana sedikit demi sedikit untuk membeli cincin tunangan.

Lagi-lagi rencana ini bisa kamu wujudkan dengan lebih pasti, jika sudah menyiapkan target finansial yang jelas. Dengan begitu, hasil kerjamu selama bertahun-tahun nantinya benar-benar ada wujudnya. Kerja pun biasanya jadi lebih semangat, karena ada tujuan dan target finansial yang harus dicapai.

Biar target finansial yang ingin kamu capai bisa lebih mudah dicapai, manfaatkan fitur DANA Goals. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat beberapa target finansial sekaligus. Menariknya, kamu bisa menulis target apa saja yang kamu capai. Kemudian, tentukan jumlah targetnya.

Cara Top-Up-nya juga praktis dan #BebasDrama. Kamu bisa top-up dari Saldo DANA yang bisa diisi sewaktu-waktu dari rekening bank manapun dengan Gratis Biaya Admin. Jadi, benar-benar mudah dan bebas bokek. Selain itu, kamu juga bisa top-up Saldo DANA lewat Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN maupun Pegadaian.

Sekarang sudah tahu kan, pentingnya bikin target finansial bagi anak muda? Jangan tunda-tunda, yuk mulai wujudkan impian dengan bikin target finansial sedari dini.

 

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI