Khatam Artinya Tamat Beserta dengan Doa dan Tata Caranya

Jum'at, 22 April 2022 13:44 Penulis: Dhia Amira
Khatam Artinya Tamat Beserta dengan Doa dan Tata Caranya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Dalam membaca Alquran, kita pasti mengenal istilah khatam. Ya, ungkapan khatam ini diberikan pada mereka yang menyelesaikan bacaan Alquran. Namun, apa sih sebenarnya arti khatam itu? Khatam artinya adalah tamat, dan ini merupakan kata dalam bahasa Arab dan menjadi salah satu ungkapan yang juga digunakan di Indonesia.

Selain mengetahui khatam artinya adalah tamat, KLovers juga bisa mengetahui doa setelah kalian khatam beserta dengan hadist-nya. Lalu bagaimana sih tata cara khatam yang baik agar KLovers yang ingin sekali melakukan khatam bisa melakukan hal tersebut. Sehingga, kalian bisa khatam dan tidak menunda-nunda.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang khatam artinya tamat, beserta dengan doa saat kalian khatam Alquran dan tata cara khatam Alquran.

 

1. Pengertian Khatam

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, khatam artinya adalah tamat. Kata khatam ini diambil dari bahasa Arab dan biasanya digunakan untuk seseorang yang telah menyelesaikan bacaannya di dalam Alquran. Membaca Alquran memang mendapatkan pahala yang luar biasa, apalagi bisa mengamalkan.

Waktu yang bisa kalian pilih untuk melakukan khatam ada dua, pertama kalian bisa khatam secara individu atau sendiri. Dan yang kedua, kalian bisa melakukan khatam Alquran secara berjamaah. Dan ini dapat dilakukan pada pagi hari atau awal malam. Akan tetapi, menurut sebagian ulama, lebih utama dilakukan pada pagi hari.

Ada banyak sekali keutamaan bagi mereka yang melakukan khatam Alquran. Misalnya saja, KLovers yang melakukan khatam Alquran akan mendapatkan banyak rahmat dari Allah SWT. "Apabila dikhatamkan Alquran, maka turunlah rahmat Allah." (HR. at-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid).

Selain itu, dikatakan bahwa malaikat akan turun dan membacakan istigfar kepada fulan yang sedang khataman Alquran. Hal ini sesuai dengan penjelasan hadist riwayat Ad-Dailamy yaitu, "Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Alquran, maka akan hadir 60.000 malaikat yang membaca istigfar untuknya saat khatam Alquran tersebut." (HR. ad-Dailamy)

 

2. Doa Khatam

Bagi KLovers yang sudah melangsungkan khatam artinya tamat dalam membaca Alquran, maka ada pula doa yang bisa dipanjatkan bila kalian ingin membaca Alquran hingga Khatam ataupun setelah selesai khatam Alquran. Dan berikut ini beberapa doa yang bisa kalian bacakan:

1. "Allhummarhamni bilqur'an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa 'allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin."

Artinya: Ya Allah rahmatilah kami dengan Alquran. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.

2. "Allahumma inna 'abiduka banu 'abidika banu imaika nawashina biyadika madhin fina hukmuka 'adlun fina qodhouka nasaluka bi kullismin huwa laka sammaita bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitabika aw 'allamtahu ahadan min kholqika awista'tsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an tak'alal qurana robi'a qolbi wa nuro shudurona wa jala a ahzanina wa dzahaba ghumuminaa wa saiqina wa qo-idina ilaika wa ila jannatika jannatin na'im wa darika daris salam ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina was shiddiqqina wasy syuhadaai was shalihina birahmatika ya arhamar rahimina."

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, kami semua hamba-Mu putra hamba-Mu laki laki dan hamba-Mu perempuan. Ya Allah kami memohon kepada-Mu, bertawasul dengan semua nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau gunakan untuk menyebut diri-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu. Engkau ajarkan kepada seorang dari hamba-Mu atau Engkau simpan dalam ilmu ghaib-Mu, jadikanlah Alquran sebagai taman hati kami, cahaya dada kami, pengusir kesusahan dan kegundahan kami, penuntun kami pada-Mu dan pada surga-Mu, surga kenikmatan, pada rumah-Mu rumah keselamatan, beserta orang-orang yang Engkau berikan nikmat dari kalangan para nabi, orang-orang jujur, para syuhada, para orang shaleh dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih.

3. "Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til qur aan."

Artinya: Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Alquran.

 

3. Hadist Tentang Doa Khatam

Namun, apakah ada hadist yang menjelaskan tentang doa khatam seperti di atas? Untuk perlu KLovers ketahui bahwa, Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan doa khusus untuk kita baca setelah mengkhatamkan Alquran. Dilansir dari Rumaysho.com, bahkan para sahabat Nabi Muhammad SAW atau pula para imam yang terkemuka tidak mengajarkan doa khusus kala itu.

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al 'Utsaimin rahimahullah ketika ditanya tentang hukum membaca doa khatam Alq pada sholat malam di bulan Ramadan, beliau menjawab,

"Saya tidak mengetahui adanya tuntunan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengenai doa khatam Alq ketika shalat malam di bulan Ramadan. Aku pun tidak mengetahui dari para sahabat akan hal ini. Yang ada adalah riwayat dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, di mana Anas ketika mengkhatamkan Alquran, beliau mengumpulkan keluarganya, lalu mendoakan kebaikan bagi mereka. Dan ingat ini dilakukan karena mengkhatamkan Alquran di luar sholat (bukan di dalam sholat)." (Fatawa Arkanil Islam).

Namun doa khatam ini terjadi pada sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu. Diriwayatkan oleh Tsabit Al Banani, Qotadah, Ibnu 'Athiyah dan selainnya, "Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu pernah ketika khatam Alquran mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu Anas berdoa untuk kebaikan mereka." (HR. Ibnul Mubarok, Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Nashr, Ibnu 'Ubaid, Ibnu Adh Dhurais, Ibnu Abi Daud, Al Faryabi, Ad Darimi, Sa'id bin Manshur, Ath Thobroni, Al Anbari).

 

4. Tata Cara Khatam

Setelah mengetahui khatam artinya adalah tamat, beserta dengan doa dan hadist-nya. Maka kali ini ada tata cara dari khatam. Ya, bagi KLovers yang ingin melakukan khatam Alquran, maka bisa melakukan beberapa tata cara berikut ini:

1. Melakukan sholat sunnah Fajar. Boleh dilakukan dalam sholat sunnah yang lain seperti, sholat sunnah Hajat ataupun sholat sunnah Tahajud.

2. Membaca 22 surat terakhir dalam Alquran pada rakaatnya. Apabila merasa kebanyakan, bisa dibagi dalam beberapa rakaat. Misalnya, apabila hanya melaksanakan 2 rakaat berarti 11 surat dalam setiap rakaatnya setelah membaca surah Al-Fatihah.

3. Setelah selesai sholat dapat membaca doa khatam Alquran. Hal ini dapat didahului dengan tawasul maupun wirid kemudian dilanjutkan berdoa. Kemudian, apabila merasa keberatan dalam pelaksanaan khatam Alquran menggunakan sholat sunnah Fajar, dapat dilakukan tanpa sholat.

Itulah penjelasan tentang khatam artinya adalah tamat yang bisa KLovers pelajari dan pahami. Selain itu, KLovers juga bisa mengetahui hal lainnya seperti, doa saat kalian khatam Alquran dan tata cara khatam Alquran.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI