Kisah Viral Audrey Yu Jia Hui Si Jenius Asal Surabaya, Kerja di NASA Hoax Belaka?

Senin, 08 Juli 2019 13:00 Penulis: Rahmi Safitri
Kisah Viral Audrey Yu Jia Hui Si Jenius Asal Surabaya, Kerja di NASA Hoax Belaka?
Audrey Yu © liputan6.com/Agustinus M Damar


Kapanlagi Plus - Nama Audrey Yu Jia Hui mendadak menjadi bahan perbincangan netizens Twitter. Berawal dari sebuah utas atau thread di Twitter yang dibuat oleh pemilik akun @nithasist pada hari Minggu (7/7/2019). Thread itu menjelaskan tentang prestasi Audrey dan sampai berita ini ditulis sudah mendapat lebih dari sembilan ribu retweet.

Di utas tersebut, Audrey diceritakan lulus SMA di usia 13 tahun lalu kuliah S1 dan S2 di Virginia, Amerika Serikat. Dua gelar tersebut didapatnya saat masih 16 tahun. Gara-gara itu pula Audrey disebut ditolak oleh TNI untuk kerja karena dianggap terlalu muda. Penolakannya itu membuatnya mengambil S3 di Paris dan lulus di usia kurang dari 25 tahun. Audrey lalu menulis sebuah buku dengan judul 'Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku' yang katanya jadi best-seller di seluruh dunia.

Akun tersebut juga menjelaskan Audrey langsung diterima NASA dengan gaji Rp 200 juta per bulan. Ia bertemu dengan Jokowi pada acara KTT G-20 di Jepang beberapa waktu lalu yang membuat kagum sang presiden. Ia lalu ditawari masuk ke BPPT dan langsung mengiyakan tanpa berpikir gaji.

Dari sini kekaguman netizens pun makin menjadi-jadi. Sampai-sampai ada yang berharap Audrey jadi menteri termuda di kabinet Jokowi mendatang.

1. Bukunya Salah Judul

Namun setelah kisah penuh inspirasi ini viral, beberapa netizens menganggap ada yang janggal dengan cerita Audrey. Hilman Miladi menulis di Kompasiana tentang sosok Audrey ini. Ia pertama kali merasa ada yang aneh dengan judul buku yang ditulis Audrey yaitu 'Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku', kalau memang best-seller kenapa tak ada orang membahas tentang itu? Bahkan di situs Goodreads pun diketahui tak ada judul buku tersebut.

Kemudian tentang Jokowi yang bertemu Audrey di KTT G20. Acara tersebut dihadiri oleh presiden dan perdana menteri dari beberapa negara. Aneh rasanya, Audrey yang warga sipil bisa ikut acara tersebut. Kalaupun bertemu saat di Jepang, harusnya ada warga Indonesia lainnya yang berkesempatan menemui Jokowi.

2. Memang Jenius

Sosok Audrey Yu ini pernah menjadi pemberitaan oleh liputan6.com pada 2017 lalu. Saat itu ia masuk 72 Ikon Berprestasi Indonesia di Festival Prestasi Indonesia yang digelar Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi-Pancasila (UKP-P). Ia memang cerita kalau menulis buku berjudul Mencari Sila Kelima dan masyarakat Indonesia untuk mencintai Pancasila.

Soal pendidikan memang tak sepenuhnya salah. Pada umur 13 tahun, ia berhasil masuk ke The College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat dengan jurusan fisika. Selang tiga tahun kemudian, ia pun berhasil menyandang gelar sarjana dengan predikat Summa Cum Laude.

3. Tidak Kerja di NASA

Soal mendapat pekerjaan dari NASA dengan gaji 200 juta perbulan setelah lulus S3 dari Prancis, ini masih tanda tanya besar. Karena saat diwawancarai oleh liputan6.com di 2017, Audrey mengaku berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di Shanghai, China. Ia mengajar bahasa Inggris dan membantu mempersiapkan siswa untuk menempuh ujian SAT.

4. Ortu Membantah?

Sementara itu akun @MurtadhaOne membuat tweet kalau berita tentang Audrey yang kerja di NASA dan bertemu Jokowi di G-20 seprti caption hanyalah hoax alias tidak benar. Sepertinya Audrey Yu, perlu bikin thread untuk menjelaskan tentang kejeniusan dan fakta dirinya nih :)

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI