Kunci Sukses Nagih Utang Temen: Pepet Terus Jangan Sampai Lolos!

Kamis, 10 Desember 2020 09:13 Penulis: Wuri Anggarini
Kunci Sukses Nagih Utang Temen: Pepet Terus Jangan Sampai Lolos!
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Akhir tahun sudah datang lagi dan baru sadar kalau uang yang dipinjam teman masih belum balik juga? Sudah berkali-kali berusaha nagih, tapi ternyata nggak semudah itu Ferguso. Ada kalanya yang punya utang lebih galak daripada yang minjemin uang. Nggak jarang juga mereka pura-pura nggak baca chat yang kita kirimkan dengan alasan sibuk.

Ternyata nagih utang juga butuh skill yang mumpuni. Kunci sukses nagih utang ternyata cuma satu, pepet terus jangan sampai lolos!

Rajin Chat Pagi Siang Sore Malam

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Selalu berlagak amnesia saat ditagih utang, bahkan sampai menghindar setiap kali diajak bertemu, membuatmu harus mengeluarkan jurus ala pedekate ke gebetan. Caranya, rajin kirim chat mulai dari pagi, siang, sore hingga malam hari.

Jangan hanya sekadar menulis kata-kata untuk mengingatkan utangnya, tapi gunakan aplikasi pesan instan atau kirim DM setiap hari untuk mengirimkan sindiran halus. Kalau belum juga menyadari kesalahannya, nggak ada salahnya meningkatkan aksimu dengan mengutip ayat suci dengan harapan ia segera bertobat dan melunasi utangnya.

Bikin Lagu atau Puisi Khusus Buat Nagih Utang, Kalau Perlu Upload di Medsos

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Biasanya, mereka yang berkelit dari tagihan utang itu paling kreatif memikirkan alasan-alasan yang terkadang nggak logis. Jangan kalah, bikin lagu atau puisi khusus demi menyukseskan misimu menagih utang.

Kalau perlu, upload di medsos dan bagikan ke orang-orang yang juga berada dalam lingkungan pergaulannya si empunya utang. Nggak menutup kemungkinan kalau kamu bakal dapat teman-teman sepenanggungan, yang sama-sama kerepotan menagih utang pada temanmu.

Kirimin Cerita Hidayah Tentang Utang, Siapa Tahu Langsung Dibayar

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sudah mengirim kutipan ayat suci tapi tetap nggak mempan? Coba kirim cerita hidayah tentang orang-orang yang mangkir dari membayar utang. Mulai dari beban akhirat yang jadi lebih ringan hingga menceritakan azab orang yang menghindari bayar utang dengan dibalut bumbu ala sinetron lokal.

Kalau perlu kirimkan potongan video sinetron hidayah lokal yang banyak bertebaran di media sosial. Nggak perlu menyampaikannya sambil marah-marah. Cukup kirimkan tanpa caption atau pilih caption yang clickbait supaya dia mau nonton videonya sampai selesai. Siapa tahu setelah itu hati nuraninya langsung tergerak buat segera menyelesaikan utang-utang sama kamu.

Tagih Utang dengan Manfaatkan Fitur Minta Uang yang Dimiliki Aplikasi DANA

Teman yang punya utang ternyata sama-sama menggunakan aplikasi dompet digital, DANA? Bisa juga nih manfaatkan DANA buat nagih utangnya, manfaatkan saja fitur Minta Uang yang ada di aplikasi DANA.

Cara menggunakan fitur ini juga gampang banget kok. Tinggal buka aplikasi DANA, masuk menu Minta/Request. Nantinya akan muncul QR Code aplikasi DANA kamu. Setelah itu, set berapa jumlah uang yang kamu tagihkan kepada teman. QR Code yang muncul ini bisa di-scan secara langsung jika sedang berada di dekat teman yang ingin kamu tagih, atau bisa juga kirim link permintaan uang lewat chat di WhatsApp, Telegram, Line, atau aplikasi lainnya.   

Credit: Instagram/dana.idCredit: Instagram/dana.id

Meminjamkan uang untuk teman memang sah-sah saja, tapi sebaiknya pertimbangkan juga kondisi keuanganmu dan kenali dulu track record teman yang bakal jadi calon peminjam. Kalau sudah dikenal hobi pinjem tapi nggak pernah bayar, mending jauh-jauh aja deh dan cari 1001 alasan buat menghindar.

Selain itu, kenali juga berbagai kebiasaan teman yang secara nggak disadari bisa berujung pada utang. Sesederhana kalimat “pakai uang kamu dulu nanti aku ganti” saat lagi makan bareng, ternyata kalau dibiarkan begitu saja bisa jadi utang menumpuk. Duh, rugi bandar dong kalau tiap hari begini terus tapi nggak pernah dibayar!

Buat menghindari utang nggak diinginkan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Split Bill yang juga tersedia di aplikasi DANA. Cara memanfaatkannya gampang banget, tinggal buka aplikasi DANA dan masuk menu Split Bill. Masukkan jumlah total tagihan yang harus dibayar, lalu tambahkan siapa saja teman yang ingin kamu bagi tagihannya. Begitu sudah terisi lengkap, tinggal klik aja Split Bill Now. Beres! Nggak ada lagi kata-kata horror “pakai uang kamu dulu nanti aku ganti”.

Ternyata seru banget kan jadi pengguna aplikasi DANA. Info lebih lengkap klik di sini.  

(adv/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI