Level Lanjutan dari Spesies Kuda Mitologi, Ada Decacorn yang Lebih Tinggi

Kamis, 28 Februari 2019 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Level Lanjutan dari Spesies Kuda Mitologi, Ada Decacorn yang Lebih Tinggi
┬ęGrab

Kapanlagi Plus - Bicara soal level perusahaan dalam dunia startup, pastinya kamu sedang santer mendengar istilah decacorn. Yup, munculnya decacorn pertama di Asia Tenggara menjadikan istilah ini makin viral. Lalu, apasih decacorn itu?

Decacorn adalah status atau sebutan bagi perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi 10 miliar dolar AS. Ini nilai valuasi perusahaan ya, bukan investasi yang disuntik oleh investor. Beberapa waktu yang lalu sempat viral istilah spesies kuda mitologi atau unicorn untuk startup dengan valuasi 1 miliar dolar AS. Spesies kuda mitologi ini ternyata hanya level awal. Decacorn 10 kali lipat lebih tinggi levelnya. Nggak heran sih jika kemunculan decacorn pertama di Asia Tenggara ini begitu menyita perhatian.

Decacorn punya level yang lebih tinggi, jadi bikin penasaran siapa sih decacorn pertama Asia Tenggara? Ternyata teman jalan kamu setiap hari, Grab adalah decacorn (super unicorn) pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Menurut situs Business Insider Singapore, dalam empat tahun terakhir ini ekonomi internet di Asia Tenggara mengalami lonjakan dramatis dalam penggalangan dana dengan total investasi US$24 miliar. Menariknya, Grab menjadi startup yang mencetak valuasi terbesar yakni lebih dari US$ 11 miliar, yang menjadikannya startup pertama berstatus decacorn di Asia Tenggara.

Grab telah diakui tumbuh jadi startup yang punya kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Tidak hanya mengantarmu ke tempat tujuan, tapi juga menjamin keamanan dan keselamatan dalam perjalanan. Hadir juga layanan lainnya yang melengkapi gaya hidupmu yakni memberikan jasa pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, pembayaran, kerjasama dengan merchant-merchant yang memudahkan aktivitas hingga memberikan hiburan.

Berawal dari sebuah layanan transportasi online berupa GrabTaxi pada tahun 2012, Grab terus tumbuh dengan membuat banyak inovasi terbaik untuk user. Grab menjadi Everyday SuperApp terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik.

Kini Grab telah menjangkau 336 kota dari 8 negara yang ada di Asia Tenggara. Mulai dari Vietnam, Myanmar, Thailand, Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Beragam inovasi yang diciptakan Grab menjadi sebuah pembuktian kalau Grab layak menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara.

 

 

 

 

(kpl/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI