Masih Mikir Sakit Hati Bikin Dunia Berakhir? Coba Bandingin Sama yang Satu Ini

Jum'at, 30 Agustus 2019 08:31 Penulis: Wuri Anggarini
Masih Mikir Sakit Hati Bikin Dunia Berakhir? Coba Bandingin Sama yang Satu Ini
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Masa depan memang nggak ada yang tahu, tapi seringnya jadi hal yang bikin cemas dan was-was. Apalagi yang menyangkut soal masa depan percintaan. Menyandang status jomblo perak yang sering mengalami sakit hati gara-gara gebetan ditikung teman sendiri saja sudah bikin dunia serasa berakhir.

Tapi, masih yakin kalau sakit hati adalah sumber dari segala derita? Coba sekarang waktunya buka mata dan sadarkan diri. Faktanya, kalau terjebak dalam sakit yang satu ini bisa bikin masa depanmu terancam suram, nggak cuma masalah jodoh tapi juga menyangkut kerjaan. Sakit apa sih yang dimaksud?

Tahu Nggak, Sakit Gigi Gara-Gara Berlubang Itu Deritanya Tiada Akhir?

© Shutterstock© Shutterstock

Masih merasa kalau sakit hati bisa bikin hidupmu jadi nggak berarti? Tunggu dulu. Level sakit gigi bisa lebih dari itu! Jarang merawat gigi, seperti malas menyikat gigi sebelum tidur, ternyata bisa memicu pembusukan sisa makanan yang menempel. Inilah yang kemudian bikin gigi dan mulut jadi sarang pertumbuhan bakteri dan kuman yang memicu masalah gigi lainnya, seperti gigi berlubang yang bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa. Level sakitnya dijamin lebih tinggi daripada sakit hati!

Kalau Dialami Sejak Anak-Anak Bisa Bikin Absen Berkali-kali

© Shutterstock© Shutterstock

Kalau sakit hati bisa ditutupi dengan pura-pura bahagia sambil menjalani hari, lain lagi dengan sakit gigi. Gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit luar biasa ini bisa bikin kamu nggak bisa beraktivitas dengan maksimal. Bahkan, kalau sudah mengalami sakit gigi sejak usia anak-anak bisa bikin absen sekolah berkali-kali!

Hal ini didukung oleh fakta yang diperoleh dari hasil survei global sebuah brand pasta gigi pada 2018 membuktikan jika sakit gigi hampir dialami anak-anak dan remaja. Bahkan, Drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, mengungkapkan jika anak-anak maupun remaja yang sering mengalami sakit gigi, kerap menemukan banyak kesulitan di sekolah, baik dalam hal prestasi akademis maupun sosialisasi.

Kondisi tersebut diketahui setelah dilakukan survei yang melibatkan 506 anak berusia 6-17 tahun di Indonesia. Akibat sakit gigi tersebut, setidaknya 37% anak-anak dan remaja mengaku harus absen di sekolah dengan durasi rata-rata 2 hari per anak, selama setahun. Bisa kebayang nggak kalau bolos sekolah berkali-kali, apa kabarnya masa depanmu nanti? Jangankan karier, jodoh pun mungkin bakal susah didapatkan.

Tidur Nggak Nyenyak

© Shutterstock© Shutterstock

Sakit gigi gara-gara gigi berlubang ini nggak kenal waktu dan tempat. Ia bakal terasa terus-menerus bahkan saat malam hari waktu kamu butuh istirahat. Bahkan, menurut Drg Mirah 29% dari 506 anak-anak yang disurvei, mengaku mengalami gangguan tidur akibat sakit gigi. Mereka pun harus ke sekolah dengan kondisi mengantuk. Sama halnya dengan orang dewasa, sakit gigi sepanjang malam, juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Akibatnya, kerja jadi ngaret karena sepanjang hari jadi menguap terus lantaran kurang cukup istirahat.

Konsentrasi Jadi Kabur 

© Shutterstock© Shutterstock

Bukan hanya mengantuk, bahkan rasa sakit karena gigi berlubang juga berimbas pada konsentrasi. Bagi anak-anak, hal ini bisa menyebabkan mereka jadi sulit fokus menerima mata pelajaran. Begitu juga dengan orang dewasa, alih-alih bisa membereskan pekerjaan secara tepat waktu, seharian pikiran tak bisa fokus, karena sakit gigi masih terasa hebat.

Sakit Gigi Bikin Sulit Bersosialisasi

© Shutterstock© Shutterstock

Gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit di area gigi dan gusi ternyata bisa mempengaruhi kemampuan sosialisasi. Kok bisa? Yup, gimana kamu bisa asyik ngobrol dan hangout dengan teman kalau yang dirasakan adalah gigi yang sakit tiada henti? Nggak cuma bikin kamu jadi kuper, tapi skill nyepik gebetan juga bakal minim banget. Apa kabar masa depan percintaan kalau kemampuan sosialisasi saja terganggu?

Sekarang masih percaya kalau dunia bakal berakhir hanya gara-gara sakit hati? Kalau mengalami masalah gigi berlubang yang bikin sakit gigi, masa depanmu juga terancam suram. Saatnya cegah hal tersebut dengan memulai kebiasaan merawat gigi secara rutin, yuk! Caranya sederhana kok, awali dengan sikat gigi dua kali sehari, terutama saat malam hari menjelang tidur untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan langkah perawatan gigi lain seperti konsumsi makanan yang menutrisi gigi dan memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan gigi yang sehat, yuk sambut masa depan yang lebih cerah!

 

 

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI