Senyum Sehat Ternyata Bisa Bahagiakan Keluarga, Kok Bisa?

Jum'at, 19 Maret 2021 12:37 Penulis: Wuri Anggarini
Senyum Sehat Ternyata Bisa Bahagiakan Keluarga, Kok Bisa?
Credit: Vidio

Kapanlagi Plus - Siapa sih yang nggak ingin memiliki gigi yang sehat? Selain bisa menunjukkan senyum yang sehat, juga menghindarkanmu dari nggak nyamannya saat sakit gigi mendera. Apalagi jika yang mengalami adalah anak-anak maupun orang terdekat, rasanya kebahagiaan keluarga ikut sirna lantaran nggak tega melihat orang tersayang menderita gara-gara sakit gigi.

Itulah kenapa sampai ada istilah senyum sehat bisa bahagiakan keluarga. Alasannya makin jelas usai mengikuti serunya acara talkshow menarik yang diadakan oleh Pepsodent pada 17 Maret 2021 secara live streaming di Vidio.com. Bertajuk ‘Lindungi Senyum Sehatmu, Bahagiakan Keluargamu by Pepsodent', acara itu pun menghadirkan pembicara menarik dan pastinya berkompeten. Seperti apa sih?

Fakta Unik: Anak Ternyata Peniru Ulung Lho

Tantri Namirah, seorang content creator dan entrepreneur yang menjadi salah satu pembicara tersebut, mengungkapkan sebuah fakta unik jika anak adalah peniru ulung. Hal inilah yang dijumpainya pada sang buah hati, Haula.

Mengetahui hal ini, Tantri pun lebih berhati-hati dalam bersikap maupun bertindak. Ia pun banyak mengajak Haula melakukan banyak kegiatan positif, agar bisa ditirunya sedari dini. Salah satunya adalah kebiasaan sikat gigi sedari kecil.

“Di fase anak suka meniru, ternyata anak kecil peniru ulung sekali, sering kali meniru kebiasaan kita. Kalau malam sebelum tidur, aku terbiasa sikat gigi, terus Haula ikutan meniru, bahkan dia bisa sikat gigi 4 kali sehari. Karena aku ajakin dia sejak kecil, supaya dia ikut terlibat dan menjadi sebuah kebiasaan sampai sekarang,” ungkap Tantri.

Menurut Tantri, ada banyak menarik yang bisa dilakukan untuk membuat anak-anak lebih semangat sikat gigi, tanpa harus membuatnya merasa terpaksa. Salah satunya dengan mengajaknya sikat gigi sambil bernyanyi langkah-langkah menyikat gigi yang benar.

“Jangan lupa sikat gigi, sikat bagian bawah, sikat bagian atas, sikat bagian samping kiri dan kanan, gitu saja, cuma kalau dinyanyikan bikin anak lebih semangat sikat gigi,” imbuh Tantri.

Masalah Gigi dan Mulut Ternyata Bisa Diatasi dengan Simple

Menariknya Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc. yang juga hadir sebagai pembicara mengungkapkan jika masalah gigi dan mulut ternyata bisa diatasi secara simple lho. “Masalah rongga mulut sangat mudah dicegah, dengan sikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kurangi makanan manis, lengket, karena mengandung gula. Nah gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri dan berisiko membuat gigi berlubang. Selain itu, pastikan rajin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali,” jelasnya.

Meski begitu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan, karena menurut Drg. Mirah rongga mulut menjadi pintu gerbang masuknya beragam sumber penyakit. Jika hal ini sampai terjadi, maka bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

“Kalau sakit gigi sampai terjadi, berarti kalau sakit gigi terjadi: tanda masalahnya sudah cukup lanjut, gigi berlubang, kalau sudah terhubung ke saraf gigi sakit sudah luar biasa. Paling sering disebabkan karena gigi berlubang, penyakit gusi, kalau anak kecil giginya baru tumbuh. Cara pertama yang perlu dilakukan untuk menanganinya, hindari makanan dan minuman yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin. Coba berkumur air garam hangat, minum pereda rasa sakit, serta pastikan pergi ke dokter gigi,” tambahnya menjelaskan.

Nggak Hanya Talkshow, Tapi Juga Ada Workshop Seru

Selain menghadirkan talkshow edukatif menyambut Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, keseruan acara ini juga semakin bertambah dengan adanya virtual workshop membuat gelas kumur estetik. Dipandu Kak Dita, workshop ini mengadopsi teknik decoupage yang berasal dari Perancis lho.

Sebelum acara berakhir, Drg. Mirah nggak lupa menjelaskan pentingnya memilih pasta gigi yang tepat untuk melindungi kesehatan mulut dan gigi. “Pastikan memilih pasta gigi yang mengandung fluoride yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Akan lebih baik jika mengandung zinc, karena bisa membantu menjaga kesehatan gusi dan melindungi gigi dari plak,” ungkapnya.


 
Menariknya, manfaat menyeluruh untuk melindungi kesehatan gigi dan mulut ini dapat ditemukan pada produk Pasta Gigi Pepsodent Complete 8 Multi Protection. Seperti namanya, produk pasta gigi ini menghadirkan 8 manfaat sekaligus yang sudah terbukti secara ilmiah, yaitu mencegah gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, melindungi dari plak hingga 18 jam, melindungi email gigi, merawat gigi sensitif, mengurangi pertumbungan karang gigi, membuat gigi lebih putuih, serta membuat napas lebih segar.

Selain itu, pasta gigi ini mampu memberikan perlindungan seluruh gigi dan mulut pada gigi, lidah, pipi dan gusi, serta dapat mengurangi 99% bakteri. Lengkap banget, kan? Kamu bisa mendapatkan produknya di sini.

(adv/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI