Memahami Arti Being dalam Bahasa Inggris, Ketahui Juga Perbedaannya dengan Be dan Been

Diterbitkan:

Memahami Arti Being dalam Bahasa Inggris, Ketahui Juga Perbedaannya dengan Be dan Been
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Di Indonesia, bahasa Inggris sebenarnya sudah dipelajari siswa di bangku sekolah dasar. Meski begitu, faktanya menguasai bahasa Inggris memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang mungkin sulit dipahami. Seperti arti being yang sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian orang.

Arti being dalam bahasa Inggris tentu sangat penting untuk diketahui. Pasalnya being menjadi salah satu kata yang cukup sering digunakan. Terbukti, kata being sering muncul baik dalam bentuk tulisan maupun percakapan bahasa Inggris. Lantas, apa arti dari kata being yang sebenarnya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti being dan penjelasannya.

 

1. Arti Being Menurut Kamus

Being sebenarnya merupakan sebuah to be dalam bahasa Inggris. Namun di lain sisi, tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, being merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris yang cukup sering digunakan. Oleh karena itu, untuk mengetahui arti being langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengeceknya di kamus.

Menurut dictionary.cambridge.org, arti being ternyata mempunyai dua makna. Pertama, arti being jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa berarti makhluk, manusia, atau benda. Lebih tepatnya, being menjadi penanda dari keberadaan atau eksistensi suatu makhluk, manusia, maupun benda. Selain itu, being dalam bahasa Inggris juga bisa bermakna keterangan yang menyatakan proses menjadi.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Perbedaan Be, Being, dan Been

Sebagai salah satu to be, being sebenarnya merupakan bentuk lain dari be dan been. Dalam bahasa Inggris, memahami to be merupakan sebuah keharusan. Sebab, keberadaan to be berperan penting dalam pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai ketentuan.

Untuk itu selain arti being, kalian juga perlu tahu perbedaan be, being, dan been. Pasalnya antara be, being, dan been digunakan pada situasi tertentu. Berikut penjelasan singkat tentang perbedaan be, being, dan been.

1. Be

Di bahasa Inggris, be merupakan to be yang mempunyai dua kegunaan yaitu sebagai auxiliary verb dan sebagai common word. Sebagai auxiliary verb, be tidak mempunyai arti dan setara dengan to be (is, am, are, was, were. Tetapi, sebagai common word, be berarti 'menjadi' dan dipasangkan dengan kata sifat.

Berikut contoh penggunaan be:

- She should be the first person to speak (Dia harus menjadi orang pertama yang berbicara)

- I want to be the best man for you and our family in the future (Aku ingin menjadi pria terbaik untukmu dan keluarga kita di masa depan)

2. Being

Sementara itu, being merupakan bentuk present participle dari to be atau kata "be". Selain itu, being juga bisa berarti sebagai common word berbentuk -ing sama seperti kata kerja atau verb ing lainnya. Sehingga, being bisa dipahami sebagai be+ing.

Berikut contoh penggunaan being:

- I don't want to spend my time for strange beings like ghosts and wraiths (Saya tidak ingin menghabiskan waktu saya untuk makhluk aneh seperti hantu dan hantu)

- We need to believe in metaphysical beings even if we can't see it (Kita perlu percaya pada makhluk metafisik bahkan jika kita tidak bisa melihatnya)

3. Been

Sedangkan been, merupakan bentuk past participle dari "be". Sehingga, penggunaan dari been berbeda dengan be dan being.

Berikut contoh penggunaan been:

- I have been searching for you this whole time (Aku telah mencarimu selama ini)

- I have been a good boy for some minutes, and you need to pay me now (Saya sudah menjadi anak yang baik selama beberapa menit, dan Anda harus membayar saya sekarang)

 

3. Contoh Penggunaan Kata Being

Arti being mungkin tak jauh beda dengan be dan been. Namun dalam hal penggunaan, nyatanya cara penggunaan being berbeda dengan be dan been. Penting untuk tahu cara penggunaan being secara lebih luas. Sebab seperti yang telah disebutkan sebelumnya, being menjadi to be dan kata yang cukup sering dipakai dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasan dan contoh penggunaan being.

1. Being Diikuti Kata Sifat (Adjective)

Being + adjective bisa berarti menjadi. Dalam hal ini, bisa berkaitan dengan sifat, kelakuan atau tidakan. Sebagai contoh:

- You shouldn't do that, Dani. Why were you being so stupid? (Tidak seharusnya kamu melakukan itu Dani. Kenapa kamu menjadi sebegitu bodohnya?)

- She is totally being different after wearing red gown, high heels and put her make-up on. (Dia benar-benar menjadi berbeda setelah memakai gaun merah, sepatu hak tinggi dan merias wajahnya.)

2. Being Diikuti Past Participle

Being + Past Participle atau kata kerja bentuk ketiga digunakan sebagai penanda kalimat dengan Continuous Tense. Sebagai contoh:

- Her phone was being stolen yesterday. (HPnya dicuri kemarin.)

- These delicious dishes are being served by my mom. (Makanan-makanan enak ini disajikan oleh ibuku.)

3. Being in Participle Clauses

Penggunaan being ketiga dalam Participle Clauses. Kaitannya dengan hal ini, being digunakan untuk menggantikan posisi klausa because (karena), as (sebagaimana), ataupun since (sejak). Berikut contoh penggunaannya:

- Being a popular food blogger, I am often invited as a reviewer for delicious dishes in town. (Sebagaimana seorang penulis makanan yang populer, saya sering diundang sebagai penilai dan menulisnya di blog tentang makanan-makanan enak di kota ini.)

- Being funny, she has a lot of friends. (Karena lucu, dia punya banyak teman.)

Itulah di antaranya ulasan dan penjelasan arti being dalam bahasa Inggris beserta perbedaannya dengan be dan been, serta cara penggunaannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending