Memahami Arti Kitman dalam Sepak Bola, Ketahui Pula Tugas dan Perannya

Jum'at, 02 Desember 2022 12:11
Memahami Arti Kitman dalam Sepak Bola, Ketahui Pula Tugas dan Perannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sebagai penonton sepak bola, wajar jika kalian selalu memperhatikan performa pemain. Namun, di balik kesiapan setiap tim ternyata ada kitman yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Arti kitman dalam sepak bola mungkin memang besar bagi pemain dan pelatih, tapi perannya jarang tersorot.

Bahkan, orang yang cukup sering menonton sepak bola pun belum tentu mengetahui arti kitman. Padahal, kitman merupakan staf yang bertugas untuk memperhatikan para pemain, baik saat berlatih maupun bertanding. Mulai dari perlengkapan, jersey, ketersediaan konsumsi, hingga kebersihan ruang ganti merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh kitman.

Bukan tugas sembarangan, kitman pun harus memiliki sifat yang teliti. Pasalnya, jika kebutuhan pemain tak terpenuhi, hal itu bisa berdampak pada menurunnya performa pemain.

Karena sudah membantu banyak hal, tak jarang para kitman pun punya kedekatan dengan pemain. Oleh karena itu, selain penjelasan tentang arti kitman, informasi kali ini juga memuat cerita tentang kedekatan pemain timnas Italia dengan seorang kitman.

 

 

1. Arti Kitman dalam Sepak Bola

Arti kitman dalam sepak bola bisa dipahami sebagai orang yang menyiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan dasar pemain. Kitman juga bisa disebut sebagai staf yang diibaratkan sebagai asisten dalam rumah tangga. Staf ini tak hanya dibutuhkan oleh sepak bola, tapi juga tim olahraga beregu lain, seperti basket dan voli.

Meski secara harfiah arti kitman adalah orang yang mengurus jersey tim sepak bola, tapi sebenarnya ada banyak kebutuhan lain yang perlu disiapkan. Bahkan, kebutuhan latihan seperti bola, cone, air minum, handuk, hingga sepatu pun perlu diperhatikan.

Nah, jika kalian penasaran dengan tugas kitman secara lengkap, yuk simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

 

 

2. Tugas Kitman

Selain arti kitman, kalian mungkin juga penasaran dengan tugasnya secara lengkap. Secara singkat, tugas kitman memang menyiapkan dasar pemain sepak bola atau tim olahraga beregu lainnya. Tak hanya saat pertandingan, tapi juga selama latihan.

Wajar pula jika kalian penasaran dengan tugas para kitman karena hal ini tak bisa dilihat secara langsung. Hal yang bisa dilihat oleh suporter adalah kesiapan para pemain di lapangan. Tugas Kitman antara lain:

- Menyiapkan alat latihan, seperti bola, cone, ladder, dan alat penunjang lainnya.

- Sebelum pertandingan, kitman juga perlu memperhatikan kebutuhan setiap pemain. Misalnya, ada sepatu, kaos kaki, handuk, deker, sarung tangan, celana, hingga jersey baik untuk pemanasan maupun laga.

- Kitman perlu menyiapkan konsumsi yang biasanya berupa buah dan air mineral.

- Tak hanya selesai di laga, kitman masih harus bekerja setelah pertandingan selesai. Pasalnya, kebersihan peralatan dan ruang ganti pemain masih menjadi tugasnya.

- Harus selalu teliti dalam menjalankan pekerjaan agar kenyamanan pemain tidak terganggu. Jika ada hal penting yang ketinggalan, tak menutup kemungkinan jika hal itu bisa berdampak fatal pada performa.

 

 

3. Peran Penting Kitman dalam Sepak Bola

Setelah menyimak penjelasan tentang arti kitman dan tugasnya, mungkin kalian akan bertanya-tanya tentang peran penting kitman dalam sepak bola. Hal itu wajar terjadi karena peran staf ini tak tersorot. Pekerjaan yang sudah banyak dia lakukan bisa jadi tak diketahui orang awam.

Padahal peran penting kitman akan begitu terasa bagi para pemain dan pelatih dalam tim. Karena banyaknya tugas dan peralatan yang perlu disiapkan, bisa dibilang bahwa kitman merupakan orang yang datang lebih awal dan pulang paling akhir.

Kitman datang untuk menyiapkan segala kebutuhan dan membersihkan ruang ganti pemain sebelum pulang. Oleh karena itu, peran penting kitman begitu terasa bagi tim profesional. Dengan keberadaan para staf yang mempersiapkan kebutuhan, para pemain jadi lebih fokus saat berlatih dan bertanding.

 

 

4. Kisah Daniel De Rossi dan Kitman Italia

Seperti yang sudah disebutkan, kitman punya peran penting dalam kesuksesan sebuah tim sepak bola. Sudah sewajarnya kitman mendapatkan penghargaan tertinggi dari setiap jasanya.

Tampaknya, hal itu membuat Daniel De Rossi, mantan gelandang timnas Italia memberikan medali Piala Dunia 2006 kepada seorang kitman bernama Pietro Lombardi. Pada tahun 2016 silam, Daniel De Rossi menghadiri pemakaman Lombardi yang meninggal di usia 92 tahun.

Padahal, medali itu bisa disebut sebagai penghargaan paling prestisius. Medali yang dia raih bersama Azzurri di Berlin, Jerman pada tahun 2006 itu dia taruh di peti mati Lombardi sebagai bentuk penghargaan atas jasa kitman tersebut.

Melansir Bola.net, kitman bernama Lombardi itu memiliki julukan Spazzolino yang berarti sikat gigi. Julukan tersebut diberikan kepada Limbardi karena dia dikenal sebagai kitman yang selalu membersihkan sepatu para pemain dengan luar biasa. Dia menjadi kitman La Nazionale selama bertarung di Jerman tahun 2006.

Nah, KLovers, itulah arti kitman dalam sepak bola beserta penjelasan tentang tugas dan peran pentingnya.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI