Arti Surrender Beserta Tips Pantang Menyerah dan Kata-Kata Motivasi

Sabtu, 11 Juni 2022 11:33
Arti Surrender Beserta Tips Pantang Menyerah dan Kata-Kata Motivasi
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Surrender merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris yang cukup sering digunakan, terutama untuk slogan atau kalimat motivasi. Meski sering digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia, belum tentu semua orang sudah mengetahui arti surrender.

Terkadang, orang hanya familiar dengan istilah tanpa benar-benar tahu makna. Secara singkat, arti surrender bisa dipahami sebagai menyerah atau melepaskan.

Arti surrender juga bisa dibayangkan melalui sebuah situasi hidup yang amat sulit hingga orang yang menjalaninya sudah menyerah atau pasrah. Nah, agar rasa pasrah itu mengarah pada hal positif, seseorang juga membutuhkan motivasi agar bisa segera bangkit.

 

1. Arti Surrender

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti surrender memang bisa dipahami sebagai menyerah atau pasrah. Surrender merupakan kata kerja yang menggambarkan perilaku saat seseorang sudah tidak mampu memperjuangkan sesuatu dalam hidup. Pasrah tidak sama dengan putus asa. Hal ini yang harus benar-benar diperhatikan dalam menjalani hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyerah adalah memberikan dirinya kepada yang berwenang atau mengaku kalah; tunduk (tidak akan melawan lagi). Situasi ini berlaku pada sebuah pertandingan atau suatu cobaan dalam hidup. Orang yang menyerahkan diri sepenuhnya pada Sang Kuasa saat sudah tidak mampu menyelesaikan permasalahan biasanya merupakan orang yang sudah benar-benar memahami arti surrender.

Tidak hanya menyerah, orang tersebut juga akan mencari motivasi agar bisa segera bangkit dari keterpurukan. Nah, agar kalian juga tak mudah putus asa, informasi kali ini juga akan disertai dengan tips pantang menyerah dan kata-kata motivasi agar kalian bisa segera bangkit untuk kembali berjuang dalam bidang apa pun dalam hidup.

 

2. Tips Pantang Menyerah

Selain berusaha memahami arti surrender, kalian juga perlu mengetahui tips pantang menyerah. Agar tak mudah putus asa, kalian bisa menyimak beberapa keterangan berikut ini.

1. Ingat Tujuan yang Harus Dicapai

Pikirkan kembali alasan mengapa kalian memasukkan hal tersebut ke dalam tujuan hidup. Jika sudah tidak relevan, yakinkan diri untuk mulai melepaskan.

2. Pikirkan Orang-Orang yang Menginspirasi

Terkadang, cita-cita berasal dari orang-orang yang kalian cintai. Oleh karena itu, kalian perlu merenungkan, apa yang akan terjadi pada mereka jika kalian menyerah begitu saja?

3. Ingat Pengorbanan yang Sudah Dilakukan

Mengingat segala pengorbanan yang sudah kalian lakukan di masa lalu juga bisa menjadi jurus ampuh mengembalikan semangat saat kalian mulai lelah dan berpikir untuk menyerah.

4. Istirahat dan Berbagi Beban dengan Orang Terdekat

Kalian mungkin punya orang dekat, seperti teman, keluarga, atau pasangan yang bisa diajak berbagi beban. Minimal, kalian bisa mengeluh atau menceritakan kesulitan yang dimiliki. Hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk istirahat sejenak. Ingat, hal ini bukan berarti bahwa kalian harus mendapatkan bantuan ya, KLovers!

5. Pahami Bahwa Masalah Merupakan Bagian dari Hidup

Masalah adalah hal normal yang didapat manusia selama hidup. Kalian boleh merasa lelah, tapi pikirkan pula konsekuensi di masa depan jika memutuskan untuk berhenti sekarang.

 

3. Kata-Kata Motivasi Surrender

Tak hanya arti surrender dan tips yang sudah dijelaskan di atas. Terkadang, seseorang juga butuh motivasi. Hal itu bisa datang dari kata-kata motivasi seperti berikut ini.

1. "Sometimes, it's not the times you decide to fight, but the times you decide to surrender, that makes all the difference." Sissy Gavrilaki

(Terkadang, bukan saat Anda memutuskan untuk bertarung, tetapi saat Anda memutuskan untuk menyerah, itulah yang membuat semua perbedaan.)

2. "I am learning to live between effort and surrender. I do my best and hope for what I want but I do not resist the direction of the wind." Anonymous

(Saya belajar untuk hidup di antara usaha dan penyerahan. Saya melakukan yang terbaik dan berharap untuk apa yang saya inginkan tetapi saya tidak melawan arah angin.)

3. "To the mind that is still, the whole universe surrenders." Lao Tzu

(Untuk pikiran yang diam, seluruh alam semesta menyerah.)

4. "If you surrender completely to the moments as they pass, you live more richly those moments." Anne Morrow Lindbergh

(Jika Anda menyerah sepenuhnya pada saat-saat yang berlalu, Anda hidup lebih kaya saat-saat itu.)

5. "When total surrender happens, suffering is removed, duality is removed, too." Mohanji

(Ketika penyerahan total terjadi, penderitaan dihilangkan, dualitas juga dihilangkan.)

6. "Surrender means the surrender of your ego." Radhanath Swami

(Menyerah berarti penyerahan ego Anda.)

7. "The heart surrenders everything to the moment. The mind judges and holds back." Ram Dass

(Hati menyerahkan segalanya pada saat ini. Pikiran menilai dan menahan.)

8. "You need to trust. To surrender. To ask for guidance. Go within for the answers. They're within you. You have the answers. All you need to do is ask." Karen Hackel

(Anda perlu percaya. Untuk menyerah. Untuk meminta bimbingan. Masuklah ke dalam untuk mendapatkan jawaban. Mereka ada di dalam diri Anda. Anda memiliki jawabannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya.)

9. "Change is the essence of life; be willing to surrender what you are for what you could become." Reinhold Niebuhr

(Perubahan adalah esensi kehidupan; rela menyerahkan diri Anda apa adanya untuk menjadi apa Anda nantinya.)

10. "The moment you surrender to love and allow it to lead you to exactly where your soul wants to go, you will have no difficulty." Neale Donald Walsch

(Saat Anda menyerah pada cinta dan membiarkannya menuntun Anda ke tempat yang diinginkan jiwa Anda, Anda tidak akan mengalami kesulitan.)

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti surrender beserta tips pantang menyerah dan kata-kata motivasi yang bisa membantu kalian untuk segera bangkit.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI