Arti Impresif Adalah Sesuatu yang Mengesankan, Ketahui Penggunaan Sekaligus Contohnya

Diterbitkan:

Arti Impresif Adalah Sesuatu yang Mengesankan, Ketahui Penggunaan Sekaligus Contohnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Ada sejumlah kata serapan dari bahasa Inggris yang digunakan secara umum. Salah satunya, arti impresif yang berasal dari bahasa Inggris namun sudah jadi kata serapan bahasa Indonesia. Sudah tahukah kalian arti impresif?

Memahami setiap makna kata serapan tentunya sangatlah penting. Apalagi kata serapan adalah kata yang diambil dari bahasa asing kemudian diserap dalam suatu bahasa yang digunakan secara umum.

Contohnya saja kata impresif yang memiliki makna bahwa suatu hal tersebut meninggalkan kesan sangat mendalam. Sumbernya bisa berasal dari tindakan, aksi ataupun perkataan seseorang yang menurut kalian terasa begitu mengesankan.

Namun ketahui juga bagaimana penggunaan kata impresif yang penting dipahami. Karena itulah ini ulasan tentang arti impresif beserta penggunaannya yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Arti Impresif di KBBI

Fungsi utama Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah untuk memudahkan setiap orang mengetahui arti dan makna setiap kata bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kata impresif yang sebenarnya merupakan jenis kata serapan.

Jika dilihat dari asal katanya, arti impresif berasal dari bahasa Inggris. Sementara itu untuk arti impresif di KBBI dijelaskan dalam tiga poin utama. Pertama arti impresif di KBBI adalah sesuatu yang dapat meninggalkan kesan mendalam. Kedua, arti impresif dapat juga disebut dengan sesuatu hal yang mengharukan ataupun mengesankan. Ketiga, arti impresif di KBBI adalah sesuatu yang dapat memengaruhi perbuatan atau tindakan.

Dalam hal ini makna dari arti impresif adalah suatu tindakan, perilaku, ucapan seseorang yang sangat mengesankan hingga memengaruhi mereka melakukan hal yang sama sesuai perkataan mereka. Begitu arti impresif di KBBI yang perlu kalian ketahui.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Penggunaan Kata Impresif

Arti impresif berkaitan dengan sesuatu hal yang sangat mengesankan membuatmu kagum bahkan terpesona dengan tindakan atau perkataan seseorang. Penggunaan kata impresif ini bisa digunakan dalam berbagai konteks. Lalu kapan waktu yang tepat menggunakan kata impresif?

Setelah memahami arti impresif, ketahui juga waktu yang pas untuk menggunakan kata tersebut. Di mana penggunaan kata impresif biasanya dipakai pada sejumlah situasi seperti ketika kalian merasa kagum atau terpesona melihat sesuatu. Konteksnya bisa dalam bentuk tindakan ataupun ucapan seseorang yang mengesankan.

Itulah penjelasan mengenai penggunaan kata impresif yang perlu kalian pahami. Sehingga memudahkanmu tahu makna sekaligus penggunaan kata impresif.

 

 

 

3. Contoh Penggunaan Kata Impresif

Ada beragam contoh penggunaan kata impresif yang bisa berpengaruh pada seseorang merasa begitu berkesan atau terharu dengan sesuatu. Dalam hal ini sesuatu yang impresif dapat berupa kata-kata atau ucapan seseorang dengan bahasa impresif. Arti bahasa impresif adalah bahasa yang digunakan dapat membuat seseorang merasa terkesima. Untuk tahu bagaimana contoh penggunaan kata impresif dapat kalian simak dalam poin di bawah ini.

Contoh Penggunaan Kata Impresif dalam Dunia Olahraga

1. Nomor punggung 12 sangat impresif dalam pertandingan bola basket tingkat nasional kemarin.

2. Beni langsung jadi perhatian karena aksinya yang begitu impresif melawan rivalnya di musim lalu.

3. Andi tampil impresif bersama tim sepak bolanya pada pertandingan tadi sore.

Contoh Penggunaan Kata Impresif dalam Pidato atau Seminar

1. Pidato Sita sebagai entrepreneur muda dalam acara kemarin begitu impresif dengan gaya khasnya.

2. Seminar yang dipandu oleh Gio sangat impresif hingga membuat audience terkesima.

3. Pak Prabu menggunakan bahasa impresif dalam seminar tentang bisnis.

Itulah sederet arti impresif dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Sehingga dapat memudahkan kalian tahu contoh kalimat impresif dalam sejumlah situasi.

 

 

 

4. Kata-Kata Bijak yang Mengesankan

Ulasan di atas merupakan penjabaran mengenai arti impresif, penggunaan dan contohnya. Sementara itu, terdapat beberapa kata-kata bijak yang mengesankan bisa jadi tambahan referensi buat kalian mencari contoh kata impresif. Dengan kata-kata bijak tersebut mungkin saja bisa membuat seseorang merasa terkesan bahkan terkesima. Ini beberapa kata-kata bijak yang mengesankan.

1. Bermimpilah yang besar dan selalu berani untuk gagal.

2. Satu-satunya perjalanan yang tidak mungkin adalah perjalanan yang tidak pernah kamu mulai. - Tony Robbins

3. Cara paling baik untuk membayar momen-momen indah ialah dengan menikmatinya.

4. Kamu harus menempuh banyak jalan yang salah untuk menemukan jalan yang benar. - Bob Parsons

5. Tidak ada kata tidak mungkin, sebelum kamu sempat mencobanya.

6. Perjalanan panjang ribuan mil dapat dimulai dengan langkah pertama. - Lao Tzu

7. Jika cahaya ada di hatimu, kamu akan menemukan jalan pulang. - Rumi

8. Berani, berani, jadilah yang terbaik," - Gabrielle Giffords

9. Semua yang kamu inginkan adalah satu langkah di luar zona nyamanmu. - Robert G. Allen

10. Fokuslah untuk mencapai tujuanmu, meskipun banyak hal yang menarik dalam perjalanannya.

11. Jangan pergi ke mana jalan itu mengarah, pergilah ke tempat yang tidak ada jalan dan tinggalkan jejak. - Ralph Waldo Emerson

12. Terkadang pilihan yang baik ialah menerima. -Dewi Lestari.

13. Realitas kehidupan yang kamu miliki ialah deskripsi mengenai jiwa serta pikiran kamu.

14. Terkadang kamu harus melakukan perjalanan jauh untuk menemukan apa yang dekat. - Paulo Coelho

15. Kesulitan yang sebenarnya ialah mengatasi caramu berpikir tentang diri kamu sendiri.

Itulah sederet arti impresif yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti impresif, penggunaan, serta contohnya dalam kalimat.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending