Memahami Money Arti dalam Bahasa Indonesia, Tak Selamanya Berarti Uang Secara Fisik

Sabtu, 14 Mei 2022 11:33 Penulis: Puput Saputro
Memahami Money Arti dalam Bahasa Indonesia, Tak Selamanya Berarti Uang Secara Fisik
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pernah dengar pepatah berbahasa Inggris "Times is money"? Secara harfiah, times berarti waktu, sedangkan money arti dalam bahasa Indonesia adalah uang. Sehingga, pepatah ini bermakna bahwa waktu adalah hal yang sangat berharga. Pepatah ini biasa digunakan untuk membuat seseorang lebih semangat dalam bekerja, agar bisa menghasilkan banyak uang.

Money mungkin jadi salah satu kata dalam bahasa Inggris yang sudah cukup familiar. Secara umum kebanyakan dari kita pasti sudah tahu, bahwa money arti dalam bahasa Indonesia adalah uang. Namun ternyata, dalam kamus bahasa Inggris money punya arti yang lebih dalam dan penggunaan yang lebih luas. Seperti apa, penjelasannya?

Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan money arti dalam bahasa Indonesia dan contoh penggunaannya dalam kalimat, berikut ini.

 

1. Penjelasan Money Arti dalam Bahasa Indonesia

Money merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris yang cukup umum. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, money arti dalam bahasa Indonesia adalah uang. Namun dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.com, kata money ternyata punya dua makna yang lebih dalam dan beragam.

Pertama, money arti dalam kamus online dictionary.cambridge.com adalah koin atau uang kertas yang digunakan untuk membeli sesuatu, atau sejumlah uang yang dimiliki seseorang. Sementara, arti money yang kedua adalah penghasilan atau nilai dari apa yang dimiliki, disimpan di bank, diinvestasikan, atau dibelanjakan oleh seseorang atau organisasi. Sehingga, tak melulu berbentuk uang secara fisik.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa money arti dalam bahasa Indonesia belum tentu uang secara harfiah. Kata money bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berharga, yang bersifat materi dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Dalam suatu kalimat, arti money bisa dilihat secara utuh dengan memperhatikan konteks kalimat.

 

2. Contoh Penggunaan Kata Money

Sebagai salah satu kata yang cukup umum, kata money cukup sering digunakan di keseharian. Sehari-hari, kita bahkan mungkin juga telah menjumpai penggunaan kata money, seperti dalam dialog film, buku, lirik lagu, dan sebagainya. Meski begitu, penjelasan tentang money arti yang tidak melulu berbentuk uang mungkin tetap sedikit membingungkan.

Agar lebih mudah memahaminya, mungkin kita perlu mencermati contoh penggunaan kata money dalam kalimat yang sesuai konteksnya. Berikut beberapa contoh penggunaan kata money dalam kalimat.?

1. Contoh Penggunaan Money dalam Arti Barang Uang

- The school needs to raise money for new playground equipment. (Sekolah perlu mengumpulkan uang untuk peralatan bermain baru.)

- Try to save some money for your holiday. (Cobalah untuk menyimpan sejumlah uang untuk liburan Anda)

- He used to keep his money under the mattress. (Dia biasa menyimpan uangnya di bawah kasur.)

- Patrons threw money into the fountain. (Pelanggan melemparkan uang ke air mancur.)

- We're saving money by using volunteers. (Kami menghemat uang dengan menggunakan sukarelawan.)

2. Contoh Penggunaan Money dalam Arti Lain

- His estate is worth a lot of money (Harta miliknya bernilai banyak uang.)

- She makes more money than he does. (Dia menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada dia.)

- Publishers earn money from their content. (Penerbit mendapatkan uang dari konten mereka.)

- We invested the money in a high-interest bank account. (Kami menginvestasikan uang itu di rekening bank berbunga tinggi.)

- We spent so much money redecorating the house that we didn't have any left over for a holiday. (Kami menghabiskan begitu banyak uang untuk mendekorasi ulang rumah sehingga kami tidak punya sisa untuk liburan.)

 

3. Quotes tentang Money (Uang)

Selain "Times is money", masih ada beberapa pepatah dan quotes tentang uang dalam bahasa Inggris. Sama halnya quotes lainnya, quotes tentang uang atau money ini juga bisa membangkitkan motivasi, khususnya motivasi dalam bekerja. Sebab, seperti yang dijelaskan bahwa money arti dalam bahasa Indonesia bisa berarti uang atau penghasilan.

Berikut beberapa quotes tentang uang atau money dalam bahasa Inggris.

"Time is more valuable than money. You can get more money, but you cannot get more time." (Waktu lebih berharga daripada uang. Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang, tetapi Anda tidak bisa mendapatkan lebih banyak waktu.) - Jim Rohn

"Money is like love; it kills slowly and painfully the one who withholds it, and enlivens the other who turns it on his fellow man." (Uang itu seperti cinta; itu membunuh perlahan dan menyakitkan orang yang menahannya, dan menghidupkan orang lain yang menyalakannya pada sesamanya.) - Kahlil Gibran

"Money does not buy you happiness, but lack of money certainly buys you misery." (Uang tidak membelikanmu kebahagiaan, tapi kekurangan uang pasti membelikanmu kesengsaraan.) - Daniel Kahneman

"I don't pay good wages because I have a lot of money; I have a lot of money because I pay good wages." (Saya tidak membayar upah yang baik karena saya punya banyak uang; Saya punya banyak uang karena saya membayar upah yang baik) - Robert Bosch

"Money is only a tool. It will take you wherever you wish, but it will not replace you as the driver." (Money is only a tool. It will take you wherever you wish, but it will not replace you as the driver.) - Ayn Rand

"Only buy something that you'd be perfectly happy to hold if the market shuts down for ten years" (Belilah hanya sesuatu yang dengan senang hati Anda pegang jika pasar tutup selama sepuluh tahun) - Warren Buffett

"Making money is a common sense. It's not rocket science. But unfortunately, when it comes to money, common sense is uncommon." (Menghasilkan uang adalah akal sehat. Ini bukan ilmu roket. Tapi sayangnya, kalau soal uang, akal sehat itu tidak biasa) - Robert Kiyosaki

Itulah di antaranya penjelasan money arti dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI