Mengenal Fenomena Stunting, Masalah Gizi yang Wajib Diketahui Millennial

Kamis, 30 November 2017 14:18 Penulis: Ayu Miranti
Mengenal Fenomena Stunting, Masalah Gizi yang Wajib Diketahui Millennial
┬ęshutterstock

Kapanlagi Plus -

Millennial dikenal sebagai generasi yang update dengan segala hal yang berhubungan dengan perkembangan zaman. Tapi, jadi anak kekinian bukan hanya soal gaul demi eksistensi diri saja. Kamu juga harus up to date dengan masalah kesehatan yang ada, salah satunya adalah stunting. Yuk, jadi millennial yang #SadarStunting! Apa sih maksudnya?

Stunting: Masalah Millennial Nggak Bisa Tumbuh Optimal

Mungkin masih banyak di antara kamu yang belum mengenal stunting. Istilah ini sendiri sebenarnya adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, stunting adalah masalah pertumbuhan tubuh pendek yang terjadi akibat kekurangan gizi dalam waktu lama. Hal ini bisa terjadi pada masa janin sampai 2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Kalau berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2010 yang dikutip dari laman yang sama, ada sekitar 35,6% balita di Indonesia mengalami stunting.

Kelihatannya mungkin baik-baik saja, tapi asupan gizi yang kurang seimbang dalam waktu lama bisa bikin pertumbuhan tubuh millennial jadi nggak optimal. Nggak hanya berpengaruh pada pertumbuhan fisik saja, ternyata kekurangan gizi dalam jangka panjang bisa juga mengganggu perkembangan kecerdasan.

Menurut jurnal SITUASI BALITA PENDEK yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan RI, masalah gizi yang dialami dalam periode tersebut bisa mengganggu perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pertumbuhan fisik, hingga metabolisme tubuh. Selain itu, kamu juga berisiko mengalami dampak jangka panjang, mulai dari menurunnya kemampuan kognitif dan prestasi belajar, dan risiko terserang penyakit yang lebih meningkat. So, sekarang lebih paham kan kenapa memperhatikan asupan gizi seimbang itu penting, biar kamu bisa jadi millennial yang tumbuh optimal.

Perhatikan Asupan Gizi Sejak Janin dalam Kandungan Itu Penting!

Buat para millennial yang bakal jadi calon orang tua, wajib banget update dengan pengetahuan yang satu ini. Memperhatikan asupan gizi seimbang itu harus dilakukan sedini mungkin, yaitu sejak janin dalam kandungan. Dalam jurnal yang sama, Kementerian Kesehatan menyarankan agar ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi seimbang. Nggak hanya itu, buat mendukung kesehatannya, ibu hamil juga perlu asupan tablet tambah darah minimal 90 butir selama masa kehamilan.

Update Terus Perkembangan dan Gizi Setelah Anak Lahir

Setelah bayi lahir, perhatikan juga asupan gizinya lewat ASI eksklusif sampai usianya 6 bulan. Setelah itu, makanan pendamping ASI (MPASI) yang berkualitas juga penting buat masa tumbuh kembang anak. Menjadi orang tua millennial juga harus terus update dengan kondisi anak. Misalnya dengan memeriksakannya rutin ke posyandu. Jadi, kalau anak mengalami masalah pertumbuhan, kamu bisa mengetahuinya sedini mungkin.

Makan Enak, Belum Tentu Asupan Gizinya Seimbang

Millennial zaman sekarang memang sudah dimanjakan dengan banyaknya kehadiran makanan lezat yang biasa jadi camilan waktu hangout di kafe. Tapi, biarpun rasanya enak, belum tentu asupan gizinya seimbang. Sekarang waktunya jadi millennial yang nggak cuma mementingkan gaya saja, tapi juga gizi seimbang.

Jadi, makanan yang dikonsumsi harus bervariasi, nggak hanya satu jenis saja. Jangan terjebak pada tampilan makanan yang cantik, tapi perhatikan juga apakah sudah mengandung asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh? Lalu perhatikan juga porsinya, sudah memenuhi kebutuhan gizi harian kamu? Hayo ngaku deh, sudah sejauh mana nih konsumsi makanan bergizi seimbang yang kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Belum Sah Jadi Millennial Kalau Nggak Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gizi seimbang ternyata nggak hanya terbatas soal makanan. Biar menjadi millennial yang #SadarStunting, kamu juga wajib memperhatikan gaya hidup secara menyeluruh. Mulailah dari memperhatikan kebersihan lingkungan karena bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Nggak hanya itu, tumbuh kembang anak juga bisa terganggu karena anak usia di bawah dua tahun mudah terserang infeksi dan penyakit akibat lingkungan yang kurang bersih.

Jangan lupa, millennial yang sehat adalah mereka yang aktif bergerak dengan melakukan olahraga rutin. Kamu juga wajib peka dengan kesehatan diri sendiri. Lewat memperhatikan nutrisi seimbang dalam tubuh dan menerapkan kebiasaan hidup sehat, kamu bisa jadi millennial yang tinggi, cerdas, dan berprestasi yang mendukung kesuksesan di masa depan.

Yuk, terapkan gaya hidup#SadarStunting mulai sekarang, KLovers!

Artikel ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

(kpl/ayu)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI