Apa Itu Google Meet? Ketahui Juga Cara Menggunakannya Agar Hemat Kuota

Kamis, 19 Agustus 2021 12:11 Penulis: Puput Saputro
Apa Itu Google Meet? Ketahui Juga Cara Menggunakannya Agar Hemat Kuota
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Selama pandemi corona covid-19, berbagai aktivitas masyarakat banyak dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi dan jaringan internet. Alhasil, belakangan banyak aplikasi atau layanan berbasis video call yang mulai populer di masyarakat. Google meet adalah salah satunya. Google meet bisa menjadi satu alternatif untuk mengadakan pertemuan secara online atau daring.

Sama halnya dengan layanan video call lain, google meet memungkinkan seseorang untuk bisa bertatap muka secara online. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan penggunanya untuk mengadakan pertemuan seperti, meeting atau kelas untuk belajar. Namun tak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang, google meet mungkin masih jadi hal baru. Oleh karena itu, masih banyak yang belum paham cara kerja dan cara penggunaannya.

Jika kalian termasuk yang masih asing dengan google meet, kalian tak perlu khawatir atau bingung. Berikut ulasan mengenai cara penggunaan dan tips memakai google meet, yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengenal Apa Itu Google Meet

Google meet merupakan salah satu aplikasi atau layanan yang dikeluarkan google. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengadakan konferensi melalui video call secara berkelompok. Karenanya, aplikasi ini sangat cocok untuk dimanfaatkan di masa pandemi seperti ini, saat tidak dianjurkan mengadakan pertemuan langsung.

Dilansir dari apps.google.com dengan akun google pribadi, pengguna bisa mengadakan pertemuan atau rapat online di google meet dengan 100 peserta, dalam durasi 60 menit per pertemuan. Sementara untuk kebutuhan bisnis, sekolah dan organisasi lainnya, pertemuan di google meet bisa mencakup hingga 250 peserta, dan bisa dilakukan dengan metode live stream ke 100.000 audiens dalam satu domain.

 

2. Fitur dan Keunggulan Google Meet

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak kegiatan yang dialihkan dan diadakan secara online. Wajar jika kemudian belakangan, sejumlah aplikasi penyedia layanan video call mulai populer. Tentunya, berbagai jenis aplikasi video call menawarkan fitur dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Lantas, kira-kira apa saja fitur yang menjadi keunggulan dari google meet?

1) Bisa adakan rapat online secara gratis dengan menjangkau banyak peserta.

2) Terdapat fitur teks subtitle otomatis. Untuk mengaktifkannya, bisa dilakukan dengan cara klik tanda titik tiga, lalu pilih opsi yang tersedia (sementara hanya dalam bahasa Inggris).

3) Dapat digunakan di berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga smartphone, sehingga terbilang praktis dan mudah dioperasikan.

4) Terdapat fitur layar pratinjau untuk video dan audio, sehingga pengguna dapat mengatur kamera dan mikrofon sebelum mulai bergabung dalam pertemuan.

5) Punya tampilan yang mudah diatur dan disesuaikan.

6) Terdapat fitur kontrol bagi admin atau penyelenggara pertemuan online. Sehingga, hanya penyelenggara yang punya kendali untuk menyalakan atau mematikan audio peserta. Dengan demikian, rapat atau konferensi bisa berjalan kondusif.

7) Terdapat fitur berbagi layar. Fitur ini memungkinkan setiap peserta rapat atau pertemuan menyaksikan tampilan layar yang sama. Fitur ini sangat cocok untuk presentasi atau kerja kelompok jarak jauh.

8) Terdapat fitur bertukar pesan. Fitur ini memungkinkan setiap peserta saling bertukar pesan dan berbagi file lewat kolom chat. Dengan fitur ini, pertemuan online bisa berjalan lebih interaktif.

9) Aplikasi google meet terintegrasi langsung dengan google dan microsoft office. Sehingga, sangat memudahkan penggunaan lewat fitur gmail atau kalender pada google.

 

3. Cara Menggunakan Google Meet

Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu keunggulan dari google meet adalah pengoperasiannya yang mudah dilakukan. Untuk mengadakan rapat atau pertemuan online, seseorang hanya memerlukan akun google. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah cara menggunakan google meet:

1) Cara Menggunakan Google Meet di Laptop:

- Buka situs meet.google.com dengan browser.

- Lalu login menggunakan akun google terdaftar.

- Setelah muncul halaman atau tampilan awal, klik "start a meeting". Jangan lupa atur akses penggunaan mikrofon dan kamera.

- Selanjutnya, klik tombol "join now" untuk bergabung ke dalam pertemuan di google meet yang telah dibuat.

- Undang peserta rapat melalui akun google mereka, dengan cara mengirimkan pesan pesan undangan berisi link untuk bergabung.

2) Cara Menggunakan Google Meet di Handphone:

- Pertama, download aplikasi Meet terlebih dahulu.

- Setelah di-download, kalian bisa login menggunakan akun google.

- Ketika sudah masuk di halaman utama google meeting, pilih "new meeting".

- Setelah itu, akan muncul tiga menu tab, yaitu participant, message, dan information.

- Masing-masing kegunaan dari ketiga menu tersebut antara lain: 1) tab participant untuk melihat daftar peserta, 2) tab message untuk berbagi pesan teks sesama peserta, 3) tab information untuk melihat link atau tautan meeting. Sehingga, kalian bisa membagikan, link meeting dengan cara mengirimkan tautan tersebut ke peserta lainnya.

 

4. Tips Menggunakan Google Meet Agar Hemat Kuota

Meski terbilang mudah dioperasikan, tetap ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan saat menggunakan google meet. Dengan beberapa tips ini, google meet yang kalian jalani akan lebih nyaman dan berjalan lancar. Selain itu, tips-tips ini juga bisa kalian gunakan untuk lebih menghemat kuota. Berikut beberapa tips menggunakan google meet:

1) Pastikan koneksi jaringan yang digunakan penuh, sehingga google meet bisa berjalan lancar. Selain itu, koneksi jaringan yang lancar juga akan menghindari terjadinya lag yang bisa menyebabkan boros kuota.

2) Lakukan google meet di tempat yang sepi. Tempat yang sepi tentunya akan lebih kondusif, sehingga google meet bisa diikuti dengan lebih nyaman tanpa gangguan. Agar semakin kondusif kalian bisa menggunakan headset atau earphone.

3) Gunakan fitur teks pada google meet. Penggunaan fitur ini akan mempermudah kalian dalam menyimak pembicaraan dalam meeting atau konferensi yang sedang berjalan.

4) Gunakan fitur berbagi layar untuk menampilkan presentasi secara realtime. Penggunaan fitur ini akan memaksimalkan berjalannya, presentasi atau penyampaian materi. Sehingga, meeting yang dilakukan di google meet bisa lebih efektif.

Itulah ulasan mengenai google meet berikut fitur-fitur dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI