Kata Ganti Orang Ketiga Beserta Jenisnya, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Selasa, 31 Agustus 2021 13:11 Penulis: Puput Saputro
Kata Ganti Orang Ketiga Beserta Jenisnya, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Jika kalian orang yang gemar menulis cerita, penting untuk mengetahui macam-macam kata ganti orang. Pasalnya, penggunaan kata ganti bisa membuat suatu cerita jadi lebih variatif dan makin menarik. Dari berbagai macam jenisnya, kata ganti orang ketiga jadi salah satu yang paling sering digunakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kata ganti orang tersebut.

Pemakaian kata ganti orang yang jelas juga akan sangat bermanfaat bagi pembaca. Penggunaan kata ganti orang akan memudahkan pembaca memahami isi terkait subjek atau objek dalam suatu cerita atau teks. Sayangnya, terkadang orang masih menggunakan kata ganti orang secara asal-asalan. Sehingga, alih-alih membuat cerita jadi jelas, kesalahan penggunaan kata ganti justru malah membingungkan pembaca.

Agar lebih paham apa itu kata ganti orang ketiga berikut penggunaannya yang benar, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Kata Ganti Orang

Kata ganti orang dikenal juga dengan istilah pronomina. Pengertian kata ganti orang adalah salah satu jenis kata ganti dalam Bahasa Indonesia. Sesuai dengan namanya, kata ganti tersebut berfungsi untuk menggantikan penyebutan suatu benda atau orang tertentu. Sehingga, suatu objek atau subjek tersebut bisa disebutkan tidak secara langsung.

Secara umum, kata ganti ganti orang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya, untuk membuat suatu kalimat menjadi lebih efektif atau tidak bertele-tele. Selain itu, kata ganti orang juga bisa digunakan untuk membuat suatu kalimat atau paragraf jadi lebih veriatif dan menjadi lebih enak untuk dibaca.

Terdapat beberapa jenis ganti orang, seperti kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu, masing-masing kata ganti orang juga terbagi dalam dua bentuk, yaitu kata ganti orang tunggal dan jamak. Pemakaian kata ganti tersebut, tentu tergantung pada sudut pandang dan jumlah benda atau orang yang diwakilkan.

 

2. Mengenal Jenis-Jenis Kata Ganti Orang Ketiga

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, kata ganti orang ketiga jadi salah satu yang paling sering digunakan. Kata ganti orang ketiga tersebut biasa kita jumpai saat membaca sebuah teks atau cerita. Sesuai dengan nama istilahnya, kata ganti ini menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam menyebut suatu objek atau subjek.

Dalam bahasa Indonesia, kata ganti orang ketiga juga terbagi dalam bentuk tunggal dan jamak. Kata ganti orang ketiga tunggal bisa diwakili dengan kata dia atau beliau. Sementara pada kata ganti orang ketiga dalam bentuk jamak, kata ganti orang ketiga bisa diwakili dengan kata mereka.

 

3. Contoh Penggunaan Kata Ganti Orang Ketiga

Agar lebih memahami jenis-jenis kata ganti orang ketiga, kalian bisa simak beberapa contoh berikut ini.

1) Contoh penggunaan kata ganti orang ketiga tunggal:

- Beliau duduk termenung di sudut kantor sambil menangis.

- Beliau berhasil memenangkan pemilu dengan memperoleh dukungan suara yang fantastis.

- Dia berhasil menyelesaikan pertandingan dengan susah payah.

- Dia belajar dengan sangat giat, sehingga wajar jika dia jadi juara kelas.

2) Contoh Penggunaan kata ganti orang ketiga jamak:

- Mereka tak pernah menyerah dalam berjuang menggapai cita-cita.

- Mereka bisa menjalani hidup yang tenang karena saling menyayangi satu sama lain.

 

4. Mengenal Kata Ganti Orang Lainnya dan Contoh Penggunaannya

Setelah mengetahui apa itu kata ganti orang ketiga, tak ada salahnya untuk mengenal kata ganti orang lainnya. Pasalnya, selain kata ganti orang ketiga, masih ada kata ganti orang pertama dan kedua yang juga tak kalah penting untuk dipelajari. Untuk itu, silakan simak ulasan singkat mengenai kata ganti orang pertama dan kedua berikut ini.

1) Kata Ganti Orang Pertama

Kata ganti orang pertama merupakan pronomina yang digunakan untuk menyebut seseorang atau kelompok dari sudut pandang orang kesatu atau pertama. Contoh dari kata ganti orang pertama tunggal adalah saya dan aku. Sementara, contoh untuk kata ganti orang pertama dalam bentuk jamak yaitu kami dan kita.

Contoh penggunaan dalam kalimat:

- Aku akan bekerja keras untuk menggapai cita-cita.

- Saya selalu ketakutan ketika menonton film horor.

- Kami tidak pernah terlambat datang ke sekolah.

- Kita tidak bisa menyepelekan peran guru dalam pembentukan karakter

2) Kata Ganti Orang Kedua

Sementara itu, kata ganti orang kedua merupakan pronomina yang digunakan untuk menyebut seseorang atau kelompok dari sudut pandang orang kedua. Contoh dari kata ganti orang kedua tunggal adalah Anda, kau, dan kamu. Sementara, contoh untuk kata ganti orang pertama dalam bentuk jamak yaitu kalian.

Contoh penggunaan dalam kalimat:

- Anda diundang untuk menghadiri rapat komite siang nanti.

- Kau bisa melakukan apapun, asalkan tidak mengganggu orang lain.

- Kamu tidak perlu membeli semua barang yang sedang diskon.

- Kalian tidak boleh mengganggu murid baru itu.

Itulah di antaranya ulasan mengenai kata ganti orang ketiga, kedua, dan pertama. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI