Cara Membuat Kata Pengantar Proposal Usaha Beserta Contohnya

Senin, 30 Agustus 2021 18:33 Penulis: Anik Setiyaningrum
Cara Membuat Kata Pengantar Proposal Usaha Beserta Contohnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Meski tak panjang, menulis kata pengantar proposal usaha tak semudah yang dibayangkan. Mungkin, kalian sudah berhasil menyusun proposal untuk usaha yang akan kalian bangun. Namun, kini masih terhambat dengan kata pengantar.

Kalian tak perlu khawatir, masih ada cara membuat kata pengantar proposal usaha yang bisa kalian pelajari. Tak hanya itu, kalian juga bisa menyimak beberapa contoh agar semakin jelas.

Dalam membuat kata pengantar, kalian juga perlu memperhatikan isinya agar runtut, padu, dan menarik. Nah, untuk mempelajarinya langsung saja, simak cara membuat kata pengantar proposal usaha beserta contohnya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Pengertian Kata Pengantar Proposal Usaha

Kata pengantar proposal usaha merupakan pendahuluan dari kalian sebagai pelaku usaha yang sedang mengembangkan bisnis. Kata pengantar juga berfungsi untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu sekaligus permintaan maaf jika ditemukan kekurangan dalam proposal tersebut.

Namun sebaiknya, kalian tak hanya fokus pada kata pengantar proposal usaha saja. Perhatikan pula rencana bisnis yang benar-benar matang. Pasalnya, proposal usaha ini punya banyak fungsi bagi pemilik usaha dan calon investor. Fungsi tersebut antara lain, menguji kelayakan ide bisnis, merencanakan cara kerja yang efektif, dan mengatur pendanaan dengan aman.

Nah, jika kalian memahami fungsi di atas, kemungkinan proposal usaha yang kalian hasilkan akan menarik investor dan donatur. Tak hanya itu, jika gambaran bisnis sudah jelas, kalian juga tak akan kesulitan membuat kata pengantar proposal usaha yang memang perlu kalian letakkan di bagian paling depan.

 

2. Cara Membuat Kata Pengantar Proposal Usaha

Menulis kata pengantar proposal usaha terkadang menjadi pekerjaan yang sulit. Meski begitu, tetap saja ada jurus mudah menulis kata pengantar proposal usaha dengan mengikuti unsur-unsur berikut ini.

1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Penjelasan singkat tentang rencana usaha dan pelaksanaannya.
3. Uraian bantuan, bimbingan serta arahan dari pihak terkait yang dianggap sudah membantu.
4. Harapan penulis terhadap pembaca atas proposal tersebut.
5. Manfaat proposal bagi pembaca.
6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan dan tahun serta nama lengkap penulis tanpa adanya bubuhan tanda tangan.

Secara garis besar, unsur kata pengantar proposal usaha terdiri dari pembuka, isi, dan penutup.

1. Buka kata pengantar proposal usaha kalian dengan ucapan puji syukur.

2. Isi kata pengantar berupa penjelasan mengenai usaha yang akan kalian jalankan. Buat penjelasan semenarik mungkin hingga membuat pembaca penasaran.

3. Akhiri dengan permohonan maaf dan sampaikan harapan kalian tentang dukungan yang mungkin akan diberikan pembaca.

 

3. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

1. Kata Pengantar Proposal Usaha Makanan

Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena telah memberkati penyelesaian proposal usaha ini. Proposal usaha makanan dalam bentuk wisata kuliner angkringan ini dibuat berdasarkan kajian ulang mengenai peluang usaha yang amat besar di wilayah Yogyakarta. Berbagai macam aspek yang dapat menguntungkan bagi para wirausahawan untuk mendirikan usaha kuliner angkringan ini.

Kami sebagai pendiri dari Angkringan "Lik Joe" akan merasa bangga apabila dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah Yogyakarta dan tentunya semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap masakan khas wilayah setempat ini. Harapan saya selain sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta kiranya dapat dinobatkan sebagai kota kuliner di Indonesia.

Demikian proposal usaha dan bisnis Angkringan "Lik Joe" dapat terselesaikan dengan baik berkat ridho Allah SWT. Kami ucapkan terimakasih atas dorongan serta motivasi dari berbagai pihak yang terlibat khususnya keluarga dan rekan-rekan sekalian.

Tidak lupa kami mengharapkan saran serta kritik sehingga kami dapat menjalankan usaha Angkringan "Lik Joe" ini menjadi lebih maju dan berkembang.

Yogyakarta, 21 Agustus 2019

Penulis


2. Kata Pengantar Proposal Usaha Event Organizer

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat serta karunia-Nya yang masih bisa kami rasakan hingga saat ini, sehingga kami dimudahkan dalam setiap langkah terutama dalam penyusunan proposal perencanaan bisnis dan usaha kami ini.

Di dalam proposal perencanaan bisnis serta usaha ini, kami selaku pihak pengelola perusahaan akan menguraikan segala aspek utama serta aspek pendukung dalam pendirian perusahaan kami yakni "Birthday and Wedding Organizer" yang memberikan pelayanan kepada konsumen berupa jasa penyelenggara pesta ulang tahun, bridal shower, baby shower, pesta anniversary, acara lamaran dan lain-lain.

Segala hal yang menyangkut mulai dari aspek perencanaan keuangan, strategi, teknis, pemasaran serta partisipasi risiko bisnis dan usaha ini sangat kami pikirkan. Oleh karena itu hal tersebut, kami lampirkan dalam proposal perencanaan bisnis dan usaha ini. Semoga proposal perencanaan bisnis dan usaha ini dapat berguna bagi pembaca sekalian.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai inspirasi serta referensi bagi pembaca sekalian.

Yogyakarta, 21 Agustus 2019

Penulis


3. Kata Pengantar Proposal Usaha Pakaian

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME yang telah memberikan segala limpahan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha dan bisnis ini sebagai awal membangun kemandirian.

"Simple fashion" adalah usaha rintisan yang bergerak pada distribusi dan jasa desain pakaian pertama di Indonesia. Kami sebagai pemuda Solo, ingin mengangkat budaya kota Solo beserta ciri khasnya pada corak batik terhadap pakaian yang kami produksi.

Akan tetapi, kebutuhan modal yang cukup besar menjadi salah satu alasan menjadikan kami hendak mengajukan proposal usaha dan bisnis guna memperoleh modal dari para investor. Kami sadar bahwa di dalam pembuatan proposal usaha dan bisnis ini masih terdapat banyak kekurangan termasuk dalam penyusunan konsep kewirausahaan yang kami ajukan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran sebagai perbaikan pada masa yang akan datang.

Surakarta, 21 Agustus 2019

Penulis

KLovers, itulah cara membuat kata pengantar proposal usaha beserta contohnya yang bisa kalian pelajari.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI