Pengolah Kata Adalah Penemuan Fenomenal, Ketahui Sejarah dan Fungsinya Berikut Ini

Selasa, 31 Agustus 2021 10:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
Pengolah Kata Adalah Penemuan Fenomenal, Ketahui Sejarah dan Fungsinya Berikut Ini
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Pengolah kata adalah salah satu penemuan fenomenal yang cukup berpengaruh bagi kehidupan manusia. Jika tak ada penemuan ini, mungkin kalian masih menggunakan tik manual untuk bisa mengolah tulisan agar rapi dan sesuai suatu standar hingga kini. Padahal, penggunaan mesin tik manual cukup merepotkan jika kalian melakukan kesalahan karena tak bisa mengedit seperti pada pengolah kata.

Nah, fungsi pengolah kata adalah mempermudah kalian melakukan pembuatan dokumen untuk keperluan pribadi hingga bisnis. Misalnya, bisa berguna saat kalian ingin membuat surat atau undangan, dokumen kantor, hingga tugas sekolah.

Mungkin, kalian sudah sering menggunakan beberapa program pengolah kata, tapi apa kalian tahu mengenai sejarah dan seluk-beluk lainnya? Nah, seluk-beluk pengolah kata adalah hal yang cukup menarik untuk diikuti. Oleh karena itu, silakan simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Pengertian Pengolah Kata Adalah

Pengolah kata adalah program komputer yang memberi fasilitas berupa input, edit, format, dan output naskah. Salah satu program pengolah kata yang cukup populer, yaitu Microsoft Word. Microsoft Word digunakan oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Tak heran jika Indonesia juga punya modul pengoperasian perangkat lunak pengolah kata untuk proses pendidikan.

Dalam modul yang diterbitkan oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) Sumatera Barat, definisi pengolah kata adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Modul ini mengambil Microsoft Word sebagai contoh perangkat lunak yang dioperasikan.

Hal tersebut tak aneh mengingat karena perangkat ini menawarkan kemudahan dalam programnya. Selain itu, Microsoft Word tak hanya bisa dinikmati pada sistem operasi windows saja, tapi juga Mac.

 

2. Sejarah Pengolah Kata

Pengolah kata adalah penemuan yang bukan berkembang dari teknologi komputer. Sebaliknya, penemuan ini berevolusi dari mesin mekanik dan baru bergabung dengan bidang komputer. Sejarah pengolah kata merupakan cerita bertahap dari aspek fisik penulisan dan pengeditan. Baru kemudian ke penyempurnaan teknologi agar bisa digunakan di perusahaan dan individu.

Sejarah istilah pengolah kata pun menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Pada awal 1970-an muncul istilah "word processing" di kantor-kantor Amerika. Hal tersebut berpusat pada gagasan merampingkan pekerjaan ke juru ketik, tapi maknanya kemudian bergeser ke arah otomatisasi seluruh siklus pengeditan.

Konsep pengolah kata muncul dari pengolahan data yang lebih umum, yang sejak 1950-an telah menjadi aplikasi komputer untuk administrasi bisnis. Sepanjang sejarah, ada tiga jenis pengolah kata: mekanik, elektronik dan perangkat lunak. Simak penjelasan tentang jenis pengolah kata berikut ini.

Mekanik

Perangkat pengolah kata pertama dipatenkan oleh Henry Mill. Perangkat yang dikatakan sebagai mesin yang bisa menulis dengan sangat jelas dan akurat sehingga kalian tak bisa membedakannya dengan mesin cetak itu baru diungguli paten lain pada satu abad kemudian. Paten tersebut muncul atas nama William Austin Burt untuk tipografer.

Nah, pada abad ke-19, Christopher Latham Sholes menciptakan mesin tik pertama yang sangat besar dengan sebutan atau deskripsi sebagai "piano sastra". Beberapa dekade kemudian, terdapat pengenalan listrik dan elektronik ke dalam mesin tik yang membantu penulis dan mekanik.

Elektronik

Pada awal 1970-an, pengolah kata mulai bergeser dari mesin tik yang awalnya diagungkan ditambah dengan fitur elektronik menjadi sepenuhnya berbasis komputer (walaupun hanya dengan perangkat keras tujuan tunggal) dengan pengembangan beberapa inovasi. Tepat sebelum kedatangan komputer pribadi (PC), IBM mengembangkan floppy disk.

Pada awal 1970-an, sistem pengolah kata pertama muncul yang memungkinkan tampilan dan pengeditan dokumen pada layar CRT. Seiring berjalannya waktu, ungkapan "pengolah kata" dipahami sebagai mesin berbasis CRT. Banyak muncul dan dipasarkan oleh berbagai perusahaan peralatan kantor tradisional.

Perangkat Lunak

Langkah terakhir dalam pengolah kata ditandai dengan munculnya komputer pribadi pada akhir 1970-an dan 1980-an, serta berlanjut dengan penciptaan perangkat lunak pengolah kata berikutnya. Perangkat lunak pengolah kata berikutnya akan menghasilkan keluaran yang jauh lebih kompleks dan mampu dikembangkan. Dengan begitu, harga bisa jadi lebih murah dan bisa dijangkau oleh publik.

Pada akhir 1970-an, pengolah kata terkomputerisasi kebanyakan masih digunakan oleh karyawan yang menyusun dokumen untuk bisnis besar dan menengah (misalnya, firma hukum dan surat kabar). Dalam beberapa tahun kemudian, penurunan harga PC memungkinkan bagi setiap orang memilikinya secara pribadi untuk mempermudah segala pekerjaan mereka.

 

3. Fungsi Pengolah Kota Adalah

Secara umum, ciri khas pengolah kata adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, kemudian paragraf. Sekumpulan paragraf membentuk sebuah naskah yang bisa disebut file atau dokumen. Kemudahan semacam itu bisa kalian gunakan untuk berbagai keperluan kalian, antara lain:

1. Fungsi Bisnis

Pengolah kata sangat mungkin menjalankan fungsinya untuk keperluan bisnis. Selain itu, ada fasilitas berupa template yang disediakan oleh beberapa perangkat pengolah kata, Microsoft Word salah satunya.

Oleh karena itu, kalian bisa dengan mudah membuat proposal, surat, laporan, hingga resume dengan perangkat ini. Proses cetak pun bisa ditempuh dengan perangkat tersebut.

2. Fungsi Pendidikan

Fungsi pengolah kata juga sangat terasa dalam bidang pendidikan. Dalam proses persiapan materi pelajaran oleh guru atau pengerjaan tugas siswa, perangkat pengolah kata jelas sangat berguna.

3. Fungsi Secara Umum

Pembuatan dan pengeditan dokumen merupakan kemudahan yang bisa kalian rasakan ketika menggunakan perangkat pengolah kata tersebut. Pembuatan format seperti header, footer, juga pemberian nomor halaman juga akan mempermudah pekerjaan kalian.

Kini, semakin banyak profesi yang bisa terbantu oleh kehadiran perangkat pengolah kata. Sejak penemuan pertama kali berabad yang lalu, perkembangan pengolah kata hingga kini bisa dikatakan sebagai kecanggihan yang fenomenal.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI