Mengheningkan Cipta Bersama, Pemerintah Ajak Doakan Korban Wafat Akibat Pandemi Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 08:00 Penulis: Iwan Tantomi
Mengheningkan Cipta Bersama, Pemerintah Ajak Doakan Korban Wafat Akibat Pandemi Covid-19
credit via shutterstock

Kapanlagi Plus - Berbagai bentuk perjuangan pemerintah dalam melawan pandemi Covid-19, terus diwujudkan dalam beragam langkah. Paling baru, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mendoakan bagi yang wafat karena pandemi Covid-19. Ajakan ini dikemas dalam momentum Hening Cipta Indonesia yang akan digelar serentak pada Sabtu, 10 Juli 2021 pukul 10.07 WIB.

Bentuk Solidaritas dan Soliditas Nasional

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Menurut Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN Arya Sinulingga, mengheningkan cipta tidak hanya bentuk menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggal dunia orang tua, saudara, teman, serta kerabat akibat Covid-19. Tetapi ajakan ini merupakan sebuah bentuk solidaritas sekaligus soliditas seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita harus tetap harus menguatkan solidaritas dan juga soliditas sebagai elemen bangsa dalam menghadapi pandemi," ujar Arya, Sabtu (10/7).

Arya yakin, seberat apapun tantangan yang dihadapi bangsa ini akan bisa dihadapi juga seluruh elemennya memiliki solidaritas dan soliditas. "Kita pernah mengalami tantangan yang lebih sulit, tapi kita bisa melaluinya," kata Arya.

Penghargaan Kepada Garda Terdepan Melawan Covid-19

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Terpisah, Lazada Indonesia turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam ajakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk ikut dalam momentum Hening Cipta hari ini. Ajakan ini untuk mengenang mereka yang wafat dalam perjuangan melawan pandemi Covid-19.

"Momentum Hening Cipta ini adalah bentuk penghormatan kepada para garda depan dalam upaya menjaga Indonesia, tenaga kesehatan, relawan, pekerja sektor kritikal dan esensial, pemuka agama, serta masyarakat umum," ujar Head of Public Policy and Government Affairs Lazada Indonesia Waizly Darwin, Sabtu (10/7/2021).

Dia yakin, semua bisa melalui ini jika bersama-sama berkontribusi dalam menghadapi pandemi. Cukup dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu taat protokol kesehatan secara ketat.

"Tetap tinggal di rumah dan menunda bepergian, itu sudah merupakan wujud sumbangsih perjuangan kita dalam mengatasi pandemi," kata Waizly.

Penghormatan Buat Korban Covid-19 yang Telah Wafat

credit via shutterstockcredit via shutterstock

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mendoakan hal terbaik bagi yang wafat karena pandemi COVID-19. Ajakan ini dikemas dalam momentum Hening Cipta Indonesia yang digelar serentak pada Sabtu, 10 Juli 2021 pukul 10.07 WIB selama 60 detik.

“Hentikan sejenak segala aktivitas, mendoakan yang terbaik untuk para nakes, relawan, masyarakat dan semua yang telah mendahului kita,” ajak Menag di Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Mengheningkan cipta dilakukan dengan berdiam diri, merenung, berdoa, mengenang mereka yang telah gugur. Mengheningkan cipta juga menjadi bentuk penghormatan kepada mereka yang telah wafat.

Menag berharap Hening Cipta Indonesia ini dapat menumbuhkan kekuatan solidaritas bersama untuk bersinergi dan gotong royong dalam menghadapi pandemi. Hening Cipta Indonesia juga diharapkan memberikan kesadaran tentang betapa pentingnya nikmat kesehatan sehingga harus dijaga dengan baik.

Selain mendoakan mereka yang telah meninggal karena pandemi, Menag juga mengajak umat berdoa bagi keselamatan bangsa.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI