Menkominfo Rudiantara Sebut Jika Facebook Diblokir di Indonesia

Kamis, 12 April 2018 15:01 Penulis: Ferry Sanjaya
Menkominfo Rudiantara Sebut Jika Facebook Diblokir di Indonesia
Facebook © Trustedreviews

Kapanlagi Plus - Facebook akan diblokir? Ya, startup bikinan Mark Zuckerberg ini bisa jadi akan mendapatkan ending yang buruk di tanah air. Pemerintah saat ini telah memberikan teguran dalam bentuk lisan dan tertulis kepada Facebook perihal bocornya data sekitar sejuta pengguna Facebook di Indonesia. Kemungkinan paling buruk? Facebook diblokir.

Dilansir Liputan 6, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan bahwa Facebook terancam diblokir sementara di Indonesia. Saat ini dirinya juga masih menunggu Polri untuk mencari tahu apakah ada dugaan tindak pidana atas kebocoran data tersebut.

"Dari peraturan Menteri sudah ditegur dan paling akhir adalah pemutusan sementara. Tentunya nanti kami koordinasi dengan semua pihak terkait," ungkapnya. Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais juga menyatakan dukungan dari Komisi I DPR untuk mengambil tindakan tegas kepada Facebook.

Facebook © The IndependentFacebook © The Independent

"Selain bentuk sanksi dalam undang-undang, alternatif lain seperti suspend Facebook di Indonesia itu juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah," ujarnya.

Seperti diberitakan, ada 1 juta data pengguna Facebook yang bocor ke Cambridge Analytica. Beberapa data juga dikabarkan bocor ke situs customer insights CubeYou.

Facebook memang diakui memiliki data detil tentang penggunanya, mulai dari alamat hingga hobi. Data tersebut digunakan untuk para pebisnis yang akan mencari potensi customer dalam fitur Facebook Ads.

(kpl/lip/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya



MORE STORIES




REKOMENDASI