Mitos Primbon Jawa Kejatuhan Tokek yang Jadi Pertanda Kebaikan

Diterbitkan:

Mitos Primbon Jawa Kejatuhan Tokek yang Jadi Pertanda Kebaikan
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Tokek merupakan cecak besar atau jenis-jenis kadal dari suku Gekkonidae. Namun, di Indonesia sendiri ternyata ada loh mitos primbon Jawa kejatuhan tokek. Nah, ini ternyata menjadi sebuah mitos yang baik loh KLovers.

Walaupun belum ada kejelasan lebih pasti mitos primbon Jawa kejatuhan tokek, namun kedatangan tokek di rumah bisa menjadi sebuah pertanda baik untuk kalian. Selain itu, ada pula mitos suara tokek dan mitos lainnya pada tokek.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mendatangkan Kebaikan

Nah, untuk mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang pertama yaitu, ada mitos yang mendatangkan kebaikan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, kejatuhan tokek belum ada penjelasannya apakah itu baik atau buruk.

Namun, adanya tokek di rumah atau di dekat kita memberikan sebuah kebaikan yang positif. Dan berikut ini beberapa mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang mendatangkan kebaikan berikut ini:

1. Pembawa Keberuntungan

Mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang pertama yaitu, tokek menjadi hewan yang dapat memberikan keberuntungan. Keberuntungan itu ada berbagai macam ya KLovers, ada keberuntungan dalam keuangan hingga kesehatan.

2. Membawa Rejeki

Mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang kedua yaitu, tokek bisa mendatangkan rejeki. Ya, mungkin ini menjadi sebuah kebaikan dengan adanya rejeki dalam bentuk apapun. Tokek merupakan hewan yang unik, dan dipercaya memberikan kebaikan dan rejeki bagi mereka yang berada di sekelilingnya.

3. Mengundang Tamu

Selain dapat mengundang rezeki, mitos primbon Jawa kejatuhan tokek ternyata dapat mengundang tamu. Tamu ini adalah membawa banyak rezeki yang berkah. Oleh karena itu, bagi sebagian orang yang mempercayai mitos ini maka akan membiarkan tokek yang ada di rumah. Bahkan beberapa di antara orang yang percaya dengan mitos primbon Jawa kejatuhan tokek ini akan membiarkan tokek tersebut untuk berkembang biak.

4. Harta yang Berkah

Dan mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang terakhir yaitu, bisa menjadi sebuah wujud harta yang bisa membawa berkah. Ya, masih banyak yang percaya pada mitos tokek bahwa, hewan ini bisa memberikan sebuah harta yang penuh keberkahan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mitos Suara Tokek

Selain itu, ada yang percaya bahwa suara tokek memberikan sebuah pertanda. Ya, bukan hanya mitos primbon Jawa kejatuhan tokek saja, namun mitos suara tokek bisa menjadi menjadi pertanda yang bisa dijelaskan berikut ini:

1. Pertanda Baik dan Buruk

Kalian pasti tahu banget dengan suara khas dari tokek. Namun, suara ini ternyata memiliki banyak mitos di kalangan masyarakat Indonesia loh, terutama jadi pertanda baik dan buruk. Mengutip buku Dongeng Eyang karya Dian Suluh (2021), bunyi tokek yang ganjil adalah pertanda baik, sedangkan yang genap adalah pertanda buruk.

Saat tokek berbunyi, mereka akan menghitung jumlahnya. Kemudian, bunyi tokek tersebut akan dikaitkan dengan berbagai hal termasuk nasib rezeki, jodoh, keturunan, kesuksesan, dan lain-lain. Jika berjumlah ganjil, maka menandakan kesuksesan. Namun jika genap, menandakan kegagalan.

2. Pertanda Roh Halus

Selain itu, suara tokek ini juga dipercaya memberikan sebuah pertanda adanya roh halus loh KLovers. Sejak dulu, tokek dipercaya mampu memberikan petunjuk tentang adanya roh halus. Jika tokek berada di suatu tempat, maka tempat tersebut bisa dibilang sebagai hunian yang buruk. Tokek juga merupakan hewan penjelmaan jin atau setan yang mampu berkomunikasi dengan roh halus.

3. Suara yang Dekat dan Jauh

Ya, masih dengan mitos roh halus. Dipercaya juga suara tokek ini bisa mengetahui roh halus tersebut. Dari sudut pandang Primbon Jawa, mitos suara Tokek yang paling populer adalah tanda datangnya makhluk halus. Jika suara Tokek dekat, maka makhluk halus tersebut jauh dari rumah, jika suara jauh makhluk halus tersebut dekat atau berada di rumah.

 

3. Mitos Tokek Lainnya

Nah, selain itu, ada pula mitos tokek lainnya yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Berikut ini beberapa penjelasan tentang mitos tokek selain mitos primbon Jawa kejatuhan tokek. Berikut ini penjelasannya:

1. Tokek Keturunan Naga

Ternyata, ada mitos dari masyarakat Tionghoa yang mengatakan bahwa tokek ini keturunan naga. Bagi mereka, naga merupakan simbol keberuntungan, kemakmuran, kesehatan, dan kekayaan di sana. Sehingga, bisa dikatakan bahwa adanya tokek bisa memberikan sebuah keberuntungan, sama seperti mitos primbon Jawa kejatuhan tokek.

2. Gigitan Tokek Tidak Mudah Lepas

Ternyata, ada mitos yang mengatakan bahwa, kalau kita digigit oleh tokek, maka tidak akan bisa dengan mudah lepas loh KLovers. Namun, hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Hanya saja, saat digigit tokek, kulit kita akan bengkak dan juga terasa sangat gatal. Jadi, hati-hati ya KLovers.

3. Tokek Peliharaan Dukun

Dan mitos yang terakhir yaitu, bahwa tokek ukuran besar adalah peliharaan dukun atau orang sakti. Sebagian masyarakat percaya bahwa, mitos tokek dengan panjang lebih dari 15 cm, tandanya tokek itu adalah peliharaan orang sakti atau dukun. Dipercaya juga bahwa, tokek itu tidak sendiri. Tapi, ia sedang ditemani oleh makhluk halus.

Itulah penjelasan dari mitos primbon Jawa kejatuhan tokek yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya memberikan kebaikan saja, namun mitos lainnya juga bisa menjadi sebuah pertanda yang negatif.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending