MUI Bakal Keluarkan Fatwa Haram Jika Netflix Terbukti Miliki Konten Negatif

Kamis, 23 Januari 2020 10:30 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini
MUI Bakal Keluarkan Fatwa Haram Jika Netflix Terbukti Miliki Konten Negatif
NETFLIX © gritdaily.com


Kapanlagi Plus - Badai yang menyerang Netflix di Indonesia belum berakhir. Masalah dengan Kominfo dan perizinan belum selesai, sekarang muncul peringatan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Mereka siap mengeluarkan fatwa haram untuk Netflix kalau nantinya menemukan adanya konten negatif di platform ini. Konten negatif di sini adalah yang tak sesuai dengan norma hukum dan agama di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Fatwa MUI, Hasanuddin kemarin, Rabu, (22/1). Dilansir dari Tempo.co, Hasanuddin mengungkap bahwa belakangan ini platform digital dan media sosial sangat mudah dimasuki konten yang negatif, termasuk Netflix di dalamnya.

1. Fatwakan Haram Jika...

Hasanuddin mengungkap bahwa MUI siap mengeluarkan fatwa haram untuk melindungi masyarakat dari serbuan konten negatif. Jika mereka nantinya menemukan hal itu di Netflix, maka fatwa haram bisa dikeluarkan.

"Namun jika ada komponen masyarakat yang merasa keberatan dengan layanan Netflix dan membutuhkan fatwa, MUI akan segera pelajari dan akan kami putuskan dalam sidang pleno fatwa MUI. Mengeluarkan fatwa terhadap konten negatif di Netflix, MUI tak membutuhkan waktu yang lama," ujarnya.

2. Perlu Laporan Masyarakat

Untuk mengeluarkan fatwa haram, MUI memerlukan laporan dari masyarakat. Jika ada yang melapor, menemukan adanya konten negatif seperti adanya tayangan dari perilaku seks menyimpang, kekerasan, pornografi dan terorisme dari platform ini, MUI bisa langsung mengeluarkan fatwa.

Tetapi sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat yang diterima MUI mengenai Netflix. Namun dengan fatwa yang sudah dimiliki mengenai konten-konten negatif yang dilarang, MUI bisa langsung mengeluarkan fatwa setelah laporan masuk.

(tem/phi)



MORE STORIES




REKOMENDASI