Mulai Kejar Passion di Usia 20an, 3 Modal Penting Ini Wajib Dimiliki

Selasa, 10 Mei 2022 15:29 Penulis: Wuri Anggarini
Mulai Kejar Passion di Usia 20an, 3 Modal Penting Ini Wajib Dimiliki
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sukses di usia muda mungkin jadi salah satu motivasi para generasi zaman now. Bukan tanpa alasan, banyaknya influencer yang berhasil meraih kesuksesan di usia muda jelas jadi hal yang memotivasi. Tapi, kesuksesan nggak bisa diraih secara instan. Perlu step by step yang harus dilakukan sedini mungkin demi meraihnya sesuai target.

Bagi yang mulai mengejar passion di usia 20an, ternyata 3 modal penting ini wajib kamu bangun mulai sekarang. Apa saja sih?

1. Skill

Modal awal yang merupakan pondasi dasar dari kesuksesan adalah skill. Kemampuan inilah yang akan membuatmu bertahan saat bersaing dengan individu lainnya, terutama di era digital seperti sekarang ini di mana kesempatan sekaligus persaingan terbuka lebar.

Jadi, penting untuk mulai membekali diri dengan skill yang sesuai dengan passion. Bagi kamu yang suka berkreasi dengan konten, skill tambahan seperti kemampuan fotografi hingga editing video sangat diperlukan sebagai nilai tambah. Pelajari juga skill komunikasi seperti kemampuan bahasa asing yang bisa membuka peluang lebih lebar bersaing secara global.

Ingatlah kalau terus menambah kemampuan diri, artinya kamu berinvestasi pada diri sendiri yang tentunya bakal bermanfaat di masa depan. Apalagi sekarang belajar hal baru semakin mudah, cukup berbekal smartphone dalam genggaman saja kamu bisa menyaksikan video tutorial yang bisa menambah skillmu.

2. Kredibilitas

Setelah satu per satu skill penting dikuasai, langkah selanjutnya adalah membangun kredibilitas diri. Hal ini penting, karena kredibilitas adalah nilai plus yang membuatmu dipercaya oleh orang lain.

Membangun kredibilitas bisa dimulai dengan membuat portofolio berbagai karya yang sudah kamu buat. Namun, jangan lupa tekankan pada diri bahwa karya yang kreatif dan orisinal sangat penting untuk membuat personal branding yang kredibel. Jadi, hindari mencuri ide dari orang lain karena hanya akan memberikan efek buruk buatmu.

3. Networking

Langkah selanjutnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Saat ingin mencapai sebuah tujuan yaitu mengejar passion yang diinginkan, pastikan kamu berada dalam circle yang tepat. Yaitu orang-orang yang memiliki latar belakang dalam bidang yang ingin kamu geluti, memiliki tujuan yang sama, dan saling mendukung.

Misalnya saja dari sebuah komunitas fotografi yang menjadi tempat sharing dan berbagi ilmu, kamu bisa mulai membangun networking dengan orang-orang yang ada di sana. Manfaatkan networking ini dengan sebaik-baiknya, karena dari sinilah kamu akan bertemu dengan orang-orang tepat yang memberikan peluang untuk pengembangan kariermu.

Belum terlambat untuk mulai membangun 3 modal di atas yang penting dalam proses mengejar passion. Selamat mencoba!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI