Naik 100 Persen, Ini Penghematan yang Bisa Dilakukan Demi Rutin Bayar Iuran BPJS

Rabu, 22 Januari 2020 18:04 Penulis: Iwan Tantomi
Naik 100 Persen, Ini Penghematan yang Bisa Dilakukan Demi Rutin Bayar Iuran BPJS
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Memasuki tahun 2020, jangan kaget saat melihat tagihan iuran BPJS yang naik 100 persen. Walau terasa berat, tapi membayar kewajiban setiap bulannya ini juga bakal membantumu mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai. Yuk, mulai ketatkan ikat pinggang dan lakukan beberapa penghematan mudah ini.

Belanja Bulanan Cukup Sekali Saja

Cara menghemat uang itu bisa dibilang susah-susah gampang, apalagi kalau berurusan dengan pengeluaran bulanan. Bujet untuk membeli kebutuhan pokok mungkin sulit untuk dikurangi, tapi bukan berarti nggak bisa dihemat.

Mulai saja dengan membuat rencana belanja, terutama bahan pokok dalam jumlah besar. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, kamu tak perlu bolak-balik membelinya setiap kehabisan. Lumayan bisa menghemat biaya transportasi, tenaga dan waktu yang diperlukan untuk berbelanja setiap bulannya.

Cemilan? Kalau Bisa Ditahan, Tidak Usah Beli Dulu Ya

©Shutterstock

Sepertinya jarang belanja, tapi duit kok cepet banget habisnya? Ternyata kebiasaan mengudap, kapan dan di mana pun dapat menyita budget besar buat beli makanan. Disukai anak-anak hingga dewasa, kini makin banyak jenis kudapan yang dengan mudah dapat ditemukan, apalagi yang lagi kekinian dan ditambah dengan jasa ojol yang mengantarkannya langsung ke tempat tujuan.

Biar uang nggak gampang habis karena bolak-balik beli camilan, ada baiknya menyusun bujet tersendiri untuk membeli kudapan. Bisa juga menghemat uang belanja dengan membuat jajanan sendiri atau menjadikannya sebagai reward spesial usai mencapai tujuan tertentu.

Hei, Ada Promo!

©Shutterstock

Dilabeli pemburu diskon? Justru wajib bangga karena nggak mudah untuk mendapatkan berbagai kebutuhan dengan harga miring. Untungnya, kini makin mudah untuk informasi promo, diskon maupun penawaran menarik lainnya dengan adanya DANA. Aplikasi dompet digital ini bukan hanya memudahkan berbagai transaksi online maupun offline, tapi juga sering menggelar promo maupun cashback yang dapat menghemat pengeluaranmu. Apa saja? Selalu update daftar promo DANA di sini ya.

Hobi Nongkrong? Pastikan Kamu Harus Smart!

©Shutterstock

Kegiatan nongkrong di cafe atau resto sering jadi cara cepat dan mudah untuk refreshing. Mulai dari ngobrol bareng sahabat, selfie-selfie cantik di berbagai sudutnya, hingga menikmati makanan dan minuman lezat. Walau menyenangkan, wajib diakui kalau aktivitas ini bisa bikin pengeluaran makin membesar.

Hobi nongkrong sebenarnya nggak ada masalah kalau kamu lebih smart! Misalnya dengan cermat memilih promo apa saja yang bisa dinikmati bareng teman atau mengintip tawaran cashback yang bisa didapatkan di merchant tertentu. Di sinilah kemampuanmu mendapatkan update promo diuji, kalau berhasil menemukan yang bikin hemat tandanya kamu sah jadi sobat promo sejati!

Sekarang nggak perlu bingung lagi buat mendapatkan update promo dan cashback. Kalau menggunakan DANA, bakal ada notifikasi yang masuk langsung ke smartphone kamu. Dompet digital yang satu ini memang menawarkan banyak promo menarik yang bisa bikin nongkrong jadi lebih hemat. Saatnya menikmati cashback 30% hingga 40% di berbagai gerai makanan ternama di kotamu, daftar lengkapnya ada di sini. Wah, asyik banget kan?

(kly/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI