Nggak Hanya Bikin Deg-Degan, Ini 5 Hal Unik yang Terjadi pada Tubuh saat Sedang Kasmaran

Senin, 20 Juni 2022 09:00 Penulis: Wuri Anggarini
Nggak Hanya Bikin Deg-Degan, Ini 5 Hal Unik yang Terjadi pada Tubuh saat Sedang Kasmaran
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Jatuh cinta berjuta rasanya, sepertinya ungkapan tersebut memang tepat menggambarkan perasaan yang sedang kamu alami. Dunia mendadak jadi lebih indah hanya dengan melihat senyuman si dia saja. Tapi, tahu nggak sih kalau nggak hanya bikin deg-degan saja. Jatuh cinta juga membuat tubuh mengalami 5 hal unik ini. Apa saja, sih?

1. Otak Merasakan Sensasi Kecanduan

Pernah mendengar ungkapan kalau cinta itu candu? Ternyata secara ilmiah, jatuh cinta memang bisa bikin kecanduan, lho. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2010 oleh Syracuse University menemukan bahwa ketika melihat foto pasangan, otak manusia cenderung melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan euforia.

Bagian otak yang aktif ini ternyata juga merupakan area yang sama ketika kamu kecanduan obat-obatan tertentu. Inilah yang membuat jatuh cinta terasa begitu membahagiakan, bahkan sampai bikin kamu rela melakukan apa saja untuk orang-orang tercinta. Termasuk memberikan hadiah istimewa seperti perhiasan berlian terbaru juga!

2. ‘Love Drugs’ yang Menghilangkan Rasa Cemas

Percaya nggak sih kalau jatuh cinta ternyata bisa meredakan kecemasan? Hal unik ini benar-benar terjadi pada tubuh ketika kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, lho. Hal ini karena pengaruh hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon cinta bekerja ibarat 'love drug'.

Oksitosin sendiri muncul ketika terjadi kontak fisik dengan orang yang kamu cintai. Dalam penelitian terbaru yang dipublikasi dalam Neuroscience and Biobehavioral Reviews, peneliti menemukan bahwa efek jatuh cinta dapat meredakan kecemasan dan membuatmu lebih percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

3. Jatuh Cinta Bisa Meredakan Stres

Fakta unik lainnya yang terjadi pada tubuh saat sedang jatuh cinta adalah bisa meredakan stres, lho. Hal ini berkat hormon oksitosin dan dopamin yang diproduksi tubuh ketika sedang jatuh cinta. Kedua hormon kebahagiaan tersebut bisa membantu membuat mood lebih baik.

Nggak heran jika jatuh cinta bisa meredakan stres, karena kejutan-kejutan kecil yang diberikan pasangan sukses membuat perasaan jadi lebih happy. Misalnya saja saat ia tiba-tiba memberikan hadiah berupa cincin emas model terbaru yang tentu saja membuat kamu merasa jadi sosok yang paling dicintai dalam hidupnya.

4. \'Butterfly in Stomach\' Benar-Benar Terjadi

Pernah nggak sih mendengar ungkapan butterfly in stomach yang sering dialami oleh mereka yang sedang jatuh cinta? Sensasi perut yang terasa mulas tersebut ternyata bukan dibuat-buat, lho. Tubuh benar-benar bereaksi atas perasaan yang kamu rasakan tersebut!

Perasaan deg-degan yang terjadi saat sedang jatuh cinta ternyata bisa membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan stres. Nah, kenaikan produksi hormon kortisol di dalam tubuh ini ternyata memberikan pengaruh pada kondisi fisik, salah satunya adalah perut yang terasa mulas.

5. Sinkronisasi Detak Jantung dan Napas dengan Pasangan

Ini dia salah satu hal unik yang luar biasa. Pada dua orang yang saling jatuh cinta, ternyata tubuh mereka bisa melakukan sinkronisasi secara alami yang bisa dilihat dari detak jantung dan napas yang seirama. Kondisi unik ini bisa terjadi saat kalian sedang duduk bersama atau berada dalam jarak yang dekat.

Ternyata, banyak hal unik yang dialami oleh tubuh saat sedang kasmaran kan! Jatuh cinta akan terasa lebih menyenangkan jika cintamu nggak bertepuk sebelah tangan. Jadi, sekarang waktunya berusaha meluluhkan hati si dia dengan hadiah istimewa untuk membuktikan ketulusanmu padanya. Misalnya saja perhiasan model terbaru seperti Seri Kasmaran terbaru yang dirilis pada bulan Juni dan berkolaborasi dengan desainer ternama Anne Avantie.

Seri Kasmaran dari The Palace JewelerSeri Kasmaran dari The Palace Jeweler

Tahun ini, The Palace Jeweler kembali menghadirkan seri terbaru Kasmaran rilisan bulan Juni yang berupa 4 set perhiasan berlian terbaru dengan 4 desain yang dikembangkan dari koleksi sebelumnya yang telah dirilis di bulan Februari. Perhiasan berlian istimewa ini hadir dengan tema penuh cinta dan sarat akan kearifan lokal yang terdiri dari cincin emas model terbaru, anting berlian wanita, dan liontin berlian berkualitas.

Sebagai salah satu brand perhiasan lokal Indonesia, The Palace Jeweler mengusung tagline Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin. Koleksi The Palace Jeweler menjadi yang #Therlengkap karena menawarkan pengalaman belanja unik dan beda yaitu one stop shopping destination. Selain itu, perhiasan berlian The Palace Jeweler juga #Therjangkau dari segi harga sehingga bisa dimiliki seluruh pencinta perhiasan berlian di Indonesia. The Palace Jeweler juga memiliki koleksi yang #Therjamin untuk ragam kualitas berlian dan ketepatan kadar emas di setiap produknya.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perhiasan emas terjangkau itu ada, The Palace Jeweler akan segera meluncurkan 2 seri TVC terbaru, lho. Penasaran dengan konsep menarik yang akan mereka bawa dalam TVC tersebut? Tungguin langsung aja!

Kepoin lebih jauh tentang koleksi model liontin terbaru atau perhiasan berlian istimewa lainnya dengan mengunjungi website The Palace Jeweler, follow Instagram @thepalace_id dan jangan lupa seru-seruan bareng konten menarik di TikTok The Palace Jeweler!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI