Nursaka Bocah Pelintas Batas Negara Untuk Sekolah Ini Dapat Hadiah Dari Jokowi

Kamis, 13 September 2018 21:30 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Nursaka Bocah Pelintas Batas Negara Untuk Sekolah Ini Dapat Hadiah Dari Jokowi
Nursaka (credit: @ditjen_imigrasi)

Kapanlagi Plus - Begitu mengharukan sebuah kisah dari bocah SD bernama Nursaka ini. Ia harus melewati perbatasan antara Indonesia - Malaysia untuk bersekolah. Ya, Nursaka bersama orang tuanya tinggal di Tebedu, Serawak, Malaysia.

Bocah kelas 3 SD ini merupakan siswa di SDN 3 Sontas, Entikong, Kalimantan Barat, Indonesia. Setiap harinya ia menggunakan jasa ojek untuk berangkat setiap pukul 06.00 pagi.

Ia pun melewati Polisi Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kalimantan Barat sebelum sampai ke sekolah. Sekitar jam 06.30 Nursaka sampai ke sekolah.

Nursaka tiap harinya melewati Polisi Lintas Batas Negara (PLBN) untuk sekolah (credit: vidio.com)Nursaka tiap harinya melewati Polisi Lintas Batas Negara (PLBN) untuk sekolah (credit: vidio.com)

Kisahnya ini tentu saja menjadi sorotan publik bagaimana perjuangan bocah ini untuk menuntut ilmu. Hal ini juga menarik simpati dari Presiden Joko Widodo. Nursaka pun mendapat hadiah sepeda dari Presiden.

Seperti yang terlihat dalam unggahan akun Instagram @ditjen_imigrasi, ia diberi sepeda di depan sekolah dan dilihat teman-temannya. Tentu saja perasaan senang yang dirasakan oleh Nursaka.

"Terimakasih Pak Jokowi," ucapnya.

Nursaka adalah salah satu gambaran kisah hidup anak-anak yang berada diperbatasan. Ia terpaksa melintasi perbatasan dua negara untuk bersekolah. Nursaka bisa masuk ke wilayah Indonesia karena ia memiliki Pas Lintas Batas (PLB).

PLB sendiri adalah dokumen perjalanan yang dimiliki warga perbatasan. Ini dokumen tersebut adalah dokumen resmi. Maka dari itu Nursaka bisa masuk ke wilayah Indonesia.

Semangat terus Nursaka. Belajarlah selalu dan tuntutlah ilmu setinggi-tingganya. Hingga dapat meraih cita-cita yang diinginkan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI