Padanan Kata Adalah Sinonim, Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Selasa, 21 September 2021 13:44
Padanan Kata Adalah Sinonim, Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Setiap kata dalam bahasa Indonesia, mempunyai arti dan makna tersendiri. Namun, ada beberapa kata yang memang mempunyai arti dan makna mirip bahkan sama persis. Kesamaan arti dan makna kata inilah yang kemudian disebut dengan istilah padanan kata. Secara umum, nama lain padanan kata adalah sinonim.

Tak saja dalam bahasa Indonesia, sinonim atau padanan kata juga dapat ditemukan dalam kosa kata bahasa lainnya. Dalam bahasa Indonesia sendiri, ada banyak sekali kata-kata yang bersinonim. Sehingga, dalam satu percakapan maupun penulisan seseorang bisa mengungkapkan satu arti atau maksdu dalam kata-kata yang berbeda. Itulah salah satu alasan, pentingnya belajar tentang padanan kata berikut contoh-contoh kata yang bersinonim.

Menguasai kosa kata bersinonim, akan menambah keterampilan seseorang dalam berkomunikasi. Seseorang yang memahami dan menguasai kata-kata bersinonim, akan mampu berkomunikasi dengan bahasa yang lebih variatif dan menarik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai padanan kata adalah persamaan kata atau sinonim, beserta contoh-contohnya.

 

1. Memahami Pengertian Padanan Kata

Sebelum mengetahui apa saja kata yang bersinonim dalam bahasa Indonesia, terlebih dahulu penting untuk memahami pengertian dan konsep dari padanan kata. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sinonim diartikan sebagai bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain.

Sementara dalam Kamus Linguistik, Kridalaksana menyebut padanan kata adalah kondisi di mana suatu kata dapat disubstitusi (diganti) dengan kata lain dalam konteks yang sama dan makna konteks tidak berubah. Dengan kata lain, kedua kata itu dapat dikatakan bersinonim. Pendapat lain yang tak jauh beda diungkaplan Soedjito. Menurutnya, sinonimi adalah persamaan arti atau makna, dua kata atau lebih yang memiliki makna sama.

 

2. Fungsi Padanan Kata

Padanan kata adalah hal yang penting dan menarik untuk dipelajari. Pasalnya, padanan kata mempunyai fungsi tersendiri dalam suatu bahasa. Seperti yang disinggung di awal, dalam bahasa Indonesia, sinonim atau padanan kata memberikan keleluasaan seseorang untuk menggunakan kata-kata yang variatif. Sehingga, bahasa dalam komunikasi bisa lebih menarik dan tidak monoton.

Dalam bahasa Indonesia ada banyak sekali kata yang bersinonim. Meski demikian, perlu dipahami bahwa ada juga kata-kata yang tidak mempunyai padanan kata, misalnya: beras, salju, batu, hijau, dan sebagainya. Selain itu, ada kata-kata yang tidak memiliki sinonim pada bentuk dasar, tapi bersinonim pada bentuk jadian. Misalnya, kata "jemur" tidak punya sinonim, tapi kata menjemur mempunyai sinonim, yaitu mengeringkan.

Di samping itu, masih ada pula kata yang dalam arti sebenarnya justru tidak mempunyai sinonim, tapi punya dalam arti kiasan. Misalnya, kata "hitam" dalam makna sebenarnya tidak ada sinonimnya, tapi punya sinonim "gelap" dalam arti kiasan.

Hal ini menunjukkan, keleluasaan yang dihadirkan kata-kata bersinonim, juga memberikan kebebasan bagi seseorang untuk memilih kata-kata yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Sehingga, secara tak langsung hal ini juga membantu efektivitas dan efisiensi dalam komunikasi sesuai dengan fungsinya.

 

3. Jenis-Jenis Padanan Kata

Padanan kata adalah sinonim yang sebenarnya terdiri atas beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis sinonim atau padanan kata khususnya dalam bahasa Indonesia.

1) Sinonim Mutlak

Sinonim mutlak merupakan bentuk padanan kata yang memiliki kemiripan semantik antara satu kata dengan kata lainnya. Pasangan kata bisa dapat dikatakan sinonim mutlak memiliki makna yang benar-benar sama dalam segala konteks.

Sebagai contoh:

- Surat kabar : koran

- Wanita : perempuan

2) Sinonim Selaras

Pedananan kata adalah sinonim selaras apabila beberapa kata yang bersinonim memiliki komponen makna sama, tapi satu di antaranya memiliki komponen makna yang agak luas (berkaitan dengan luas dan sempitnya makna). Namun, adakalanya satu kata menjadi atasan, sedangkan dua kata atau lebihnya sebagai hiponim dalam satu kelompok yang bersinonim dengan satu kelompok unsur.

Sebagai contoh:

- Alat tulis dan pensil

Penjelasan:

Kata alat tulis memiliki acuan yang lebih luas daripada kata pensil. Makna senjata lebih luas dan mencakup makna pensil atau bolpoin, atau dengan kata lain senjata tidak hanya terdiri atas dua jenis benda yang disebutkan tersebut. Sebaliknya, pensil pasti termasuk jenis alat tulis dan begitu pula dengan bolpoin.

3) Sinonim Kognitif

Yang dimaksud padanan kata adalah sinonim kognitif yaitu pasangan kata yang memiliki fungsi sintaksis yang sama, seperti nomina atau verba. Dalam hal ini, kesamaan makna tak saja terjadi dalam satu konteks kalimat, melainkan juga bisa terjadi pada yang tidak sama konteksnya.

Sebagai contoh:

- Meninggal dan mati

Penjelasan:

Pada kalimat "Nenekku meninggal kemarin" dan "Nenekku mati kemarin" mengandung sinonim kognitif. Kata "mati" dan "meninggal" sebenarnya punya makna yang sama, tapi terdapat perbedaan pada kondisinya. Kata "meninggal" lebih halus daripada kata "mati".

 

4. Contoh Padanan Kata-Kata dalam Bahasa Indonesia

Untuk memahami lebih lanjut pengertian padanan kata adalah sinonim, berikut jenis-jenisnya, berikut contoh kata bersinonim dalam bahasa Indonesia, yang biasa digunakan di keseharian.

1) Ahli = Pakar

2) Akselerasi = Percepatan

3) Akurat = Seksama

4) Ambigu = Bermakna ganda

5) Bhineka = Berbeda-beda

6) Bisa = Dapat

7) Boga = Makanan kenikmatan

8) Citra = Gambaran

9) Copyright = Hak cipta

10) Dampak = Akibat

11) Daur = Siklus

12) Deduksi = Konklusi

13) Dehidrasi = Kehilangan cairan tubuh

14) Dekade = Dasa warsa

15) Eksklusif = Tertentu

16) Ekspansi = Perluasan

17) Eksploitasi = Pendayagunaan

18) Ekspresi = Aktualisasi diri

19) Ekstensi = Perluasan

20) Frustasi = Putus Harapan

21) Fundamental = Mendasar

22) Fungi = Jamur

23) Futuristis = Menuju masa depan

24) Gemar = Getol

25) Generik = Umum

26) Genre = Aliran

27) Harmonis = Serasi

28) Hayati = Hidup

29) Hedonisme = Hura-hura

30) Injeksi = Suntik

31) Inovasi = Penemuan

32) Insentif = Bonus

33) Insomnia = Tidak bisa tidur

34) Jajak = Telaah

35) Jargon = Slogan

36) Jeda = Jarak

37) Kaldera = Kawah

38) Kampiun = Juara

39) Kapital = Modal

40) Karakteristik = Ciri

41) Kuliner = Masakan

42) Kuno = Antik

43) Legal = Sah

44) Liga = Perserikatan

45) Mediator = Perantara

46) Mekar = Mengembang

47) Mengecoh = Mengakali

48) Militan = Agresif

49) Misteri = Rahasia

50) Mistik = Gaib

Itulah di antaranya ulasan mengenai padanan kata adalah sinonim, beserta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI